Bunga Melati : Karakteristik, Jenis Jenis, Gambar, Cara Menanam Dan Perawatannya

Bunga melati merupakan tanaman hias yang tumbuh perdu yang ketinggiannya bisa mencapai 4,5 meter, namunun melati yang merambat panjangnya bisa mencapai 9 meter. 

Tanaman ini masih satu jenis dengan Oleaceae yang masih satu famili dengan zaitun. Di Indonesia sendiri salah satu jenis melati menjadi puspa bangsa yaitu melati putih.

Bunga melati dapat tumbuh baik di tempat yang beriklim tropis, seperti malaysia, india, indonesia dll. makadari itu, bunga ini terkenal di indoneia sampai-sampai dijadikan puspa bangsa.
Baca juga : Gambar bunga mawar dengan berbagai warna dan penjelasannya
Di Indonesia sendiri bunga ini sering di kaitkan dengan hal-hal mistis, namun di beberapa daerah buga mawar dijadikan sebagai pelengkap dalam acara-acara tradisional.




Ciri Ciri Bunga Melati

Gambar bunga Melati dan jenis-jenisnya
Gambar bunga Melati
Selain daunnya yang berbentuk majemuk, ada juga ciri-ciri dan klasifikasi lainnya untuk mengetahui ciri-ciri  dari family bunga melati ini antara lain sebagai berikut :


Ciri pada batang

Seperti yang sudah dijelaskan di atas. batang tanaman ini dapat digolongkan sebagai tanaman perdi atau semak, batangnya panjang bisa mencapai 4-5 meter.


Ciri pada daun

Melati memiliki bentuk daun yang  majemuk, dan mentirip. Dalam artian, daun dan tunas daunnya tumbuh berada disisi kanan dan sisi kiri batangnya, dan bentuknya menyirip tersusun seperti sisik pada ikan.

Pinggiran bunga ini tidak rata agak sedikit bergelombang dengan permukaan yang keriput, tulang daun yang mengikuti alur bentuk daun sehingga membentuk seperti oval, namun daunnya terkesan agak sedikit melengkung.


Ciri pada bunga

Memiliki Bunga yang mayoritas berwarna putih da  ukurannya yang tergolong kecil. Meski ukurannya kecil, bunga melati memiliki aroma yang khas dan dapat di manfaatkan sebagai terapi, relaxasi, dan menghilangkan stres.

Melati merupakan bunga majemuk, memiliki tunas batang bunga yang keluar dari ketiak daun, pada melati putih terdapat susunan bungan yang menyirip dan berhadapan, saat bunga ini mekar.

Tanaman hias perdu ini akan memperlihatkan 7 mahkota bunganya yang indah namun berbentuk datar, sehingga tidak ditemukan adanya kelopak bunga.

    Jenis Jenis Bunga Melati

    Bunga melati juga memiliki banyak jenis loh, berikut telah saya rangkumkan beberapa jenis jenis bunga melati.
    Baca juga : 10 gambar bunga melati putih yang cantik

    Melati putih

    gambar bunga Melati  putih
    Melati putih 
    Melati putih atau yang memiliki nama latin Jasminum sambac ini berasal dari negara negara asia selatan seperti Inda, myanmar, populasinya menyebar hinga Indonesia. Bunga ini menjadi salah satu dari 3 bunga nasiaonal indonesia atau "Puspa bangsa".

    Melati jepang

    Gambar Bunga Melati jepang
    Melati jepang
    Secara fisik, melati jepang tidak jauh berbeda dengan melati putih dari segi ukuran bunganya, namun pohon bunga ini dominan lebih kecil dari jenis lainnya.Berbeda dengan melati lain, bunga ini memiliki warna putih dengan gradasi warna ungu pada bangian tengahnya.

    Meski memiliki warna yang cantik, namun saat mekar sempurna bunga ini tidak terlalu memunculkan wangi khasnya, ini menjadikan bunga melati jenis ini berbeda dengan jenis lainnya. karna ukurannya yang kecil, biasanya melati jepang ditanam di pot atau vas bunga.

    Melati gambir

    Gambar bunga Melati gambir
    Melati gambir
    Bunga ini memiliki bentuk pohon yang lebat dan bau yang begitu harum, berbeda dengan melati jepang melati jenis ini justru kebalikannya, jarang sekali ditanam di pot atau vas bunga. Biasanya sering di tanam di Pekarangan rumah atau taman.

    Melati casablanca

    Gambar bunga Melati Casablanca
    Melati Casablanca
    Memiliki nama latin Jasminum officinale. Jenis ini juga sering di sebut dengan nama Melati putih, Melati Musim kemarau atau hanya di sebut melati saja.

    Melati ini berbunga dan mekar pada musim kemarau dan mengeluarkan bau yang pekat namun sedap di hirup.melati ini tumbuh diIndia, Nepal, Cina barat, Pakistan, Afganistan dll.bahkan di negara Pakistan bunga ini dijadkan bunga nasional.


    Melati primrose

    Gambar bunga Melati ptomrose
    Melati primrose
    Melati ini dapat tumbuh dengan ketinggian hingga 3 meter. lebarnya berdiameret 1-2m. berbeda dengan melati lainnya yang bunganya putih, melati primrose memiliki bunga yang berwarna kuning, dan saat mekar akan menunjukan wanginya yang khas.

    Memiliki nama latin Jasminum mensyi, merupakan melati yang habitatnya tumbuh subur di kawasan Vietnam dan, dan Cina.


    Melati raja

    Gambar bunga melati raja
    Gambar bunga melati raja
    Sama seperti jenis yang lein, bunga ini memiliki warna yang harum dan bentuk bunga yang indah. namun, pohon bunga melati raja dapat tumbuh tinggi dan berimbun, sehingga cocok untuk ditanam di kebun atau halaman yang luas untuk dijadikan pagar.

    melati jenis ini merupakan jenis tebesar jika dibandingkan dengan melati lainnya. Bunganya sendiri dapat tumbuh lebih besar dari melati yang lainnya dengan ditumbuhi banyak mehkota bunga. karna itulah melati jenis ini dinamai melati raja.

    Melati bintang

    Gambar bunga Melati bintang
    Melati bintang
    Disebut bunga bintang karna memiliki 5 mahkota bunga yang sama seperti bentuk bintan.

    Bukan hanya itu, warnanya yang putih seperti bintang yang bergemintang, semakin mempetegas bahwa jenis ini memiliki nama Melati Bintang.

    Melati bintang memiliki tekstur pohon yang kuat dan dapat tumbuh membesar, maka tidak jarang ada yne menjadikan pohon ini sebagai tanaman hias bonsai.


    Cara Menanam Bunga Melati

    Bunga melati juga tergolong mudah dalam penanamannya. Pasalnya tanaman melati dapat diperbanyak dengan cara stek batang.

    Tertarik untuk menanam bunga melati ?

    Bagi kalian yang tertarik untuk menanam bunga melati. Berikut ini kami rangkum beberapa langkah efektif untuk menanam bunga melati dalam pot. 


    Bahan bahan yang perlu dipersiapkan

    Sebelum melakukan penanaman bunga melati, tentunya kita harus mengumpulkan bahan bahan yang perlu dipersiapkan. Beberapa bahan tersebut antara lain :

    1. Bibit Bunga Melati
    2. Wadah yang akan digunakan (Pot atau Polybag yang berukurang sedang)
    3. Pecahan bata merah/kenteng, pasir dan tanah
    4. Pupuk Organik {Pupuk kompos}
    5. Air secukupnya

    Langkah langkah menanam bunga melati


    Jika beberapa bahan yang telah disebutkan diatas telah dipersiapkan, maka kita sudah siap untuk melakukan penanaman, Berikut langkah langkah penaman bunga melati yang dapat kamu lakukan dirumah.

    1. Siapkan wadah tanam berupa pot atau polybag, lalu masukan pecahan bata merah atau genteng sebagai dasar pondasi wadah pot. Kemudian masukan media tanam di atasnya yang berupa campuran pasir + pupuk kompos + tanah dengan perbandingan rasio 1 : 1 : 1.
    2. Pastikan bahwa pot aau polibag yang digunakan adalah wadah yang memiliki lubang dibagian bawah denga ukuran yang tidak terlalu besar demi menunjang drainase dalam pot agar bekerja dengan maksimal.
    3. Tempatkan bibit bunga melati tanaman bunga melati kedalam pot kemudian tambahkan sedikit media tanam sebagai penutupnya lalu Siram secukupnya.
    4. Untuk bibit bunga melati, tempatkan pot di tempat yang teduh pada awal-awal penanaman sampai bibit bunga melati tumbuh dan mengeluarkan daun.
    Itulah langkah langkah menanam bunga melati dalam pot, "Cukup mudah bukan". Untuk perawatan bunga melati, sama saja seperti tanaman hias lainnya karena tanaman melati ini tergolong mudah dalam perawatan dan tidak merepotkan kita sama sekali.

    Anda bisa melakukan perawatan dengan cara memangkas batang yang tidak diperlukan, menyiram tanaman dengan porsi air yang tepa "tidak banyak dan tidak sediki, yang sedang sedang saja".

    Manfaat Bunga Melati

    Dari sekian banya jenisnya, melati juga memiliki manfaat yang cukup berguna bagi kehidupan manusia,
    1. Menyembuhkan radang usus.
    2. Meningkatkan fungsi pencernaan.
    3. Mengatasi sakit kepala.
    4. Bisa digunakan sebagai campuran teh
    5. Dapat mengobati sakit mata
    6. Dapat menurunkan berat badan
    7. Dapat memperkuat rambut
    8. Dapat menetralisir gula darah
    9. Bisa membantu mengatasi jerawat, dan lain lain
      Baca juga : Apa manfaat bunga melati. ? ini penjelasannya
      Tanaman perdu yang satu ini memiliki kandungan yang sangat bermanfaat diantaranya Minyak eteris "Zar berbau",Indole, Jasmon, Livalillacetaat, Alcohol benzilik, dan Asetat benzilic. bunga melati juga bisa mengatasi nyeri otot, nyeri sendi, dan juga sakit kepala.

      Demikianlah ulasan lengkap terkait bunga melati yang dapat saya paparkan disini. Semoga artikel ini dapat membantu anda untuk mengenal lebih dekat dengan bunga melati.


      Terimakasih dan semoga bermanfaat

      0 Comments

      Post a Comment