Cara Efektif Menanam Bunga Kertas

Bunga Kertas atau Bougenville ini biasanya tumbuh di daerah tropis termasuk di Indonesia, jenis- jenisnya pun sudah tersebar luar di berbagai daerah di indonesia.

Bougenville sendiri diambil dari nama seorang perajut berkebangsaan  perancis yang bernama Sir louis antonine de Bougenville.  Bunga ini berasal dari Amerika selatan, namun seiring dengan berjalannya waktu, Bunga ini tersebar luas di berbagai negara.

Dinamai bunga kertas karena tekstur dari tanaman ini mirip dengan kertas yang tipis dan ringan.

Bunga ini memiliki keindahan yang terletak pada Seludangnya yang berwarna cerah dan memiliki warna yang beraneka ragam.

Bunga kertas terletak dibagian tengah seludan dan berukuran kecil, namun banyak orang yang meranggapan bahwa, seludang merupakan bunga dari tanaman kertas.

Bunga kertas memiliki tekstur pohon yang tumbuh tegak, dan sukar berukuran kecil, daun yang berbentuk oval dengan sudut yang lancip berwarna hijau tua, serta dapat tumbuh rimbun sehingga cocok untuk dijadikan Tanaman hias bonsai.

Perlu diketahui bahwa sebelum Berbunga, bougenville ini biasanya akan merontokan sebagian daunnya dan diganti oleh seludang bunga.

Cara Menanam Bunga Bougenville

cara menanam bunga bougenville
Gambar bunga bougenville
Penanaman bunga kertas dapat dilakukan dengan cara stek batang, berikut langkah langkah penanaman Bunga kertas dengan cara stek batang.


Cara menanam bunga kertas dengan stek batang

  1. Pilihlah batang yang tua atau sudah terlihat dewasa dan siap menumbuhkan akar.
  2. Potonglah batang yang dipilih dengan bentuk yang runcing.
  3. Siapkan media tanam dengan komposisi pupuk kandang dan tanah gembur dengan perbandingan 1:1 lalu masukkan komposisi tanah tersebut kedalam pot yang berukuran sedang.
  4. Oleskan batang yang akan ditumbuhi akar dengan cairan Perangsang akar. Jika tidak punya, bisa menggunakan Bawang merah Untuk perangsang akar.
  5. Tancapkan batang tanaman bunga kertas kedalam pot yang telah di isi setengah penuh dengan media tanam, lalu timbun kembali dengan media tanam secukupnya.
  6.  Letakkan pot di tempat yang teduh dan kering, usahakan tempatnya tidak terlalu lembab dan tidak terlalu kering
  7. Setelah 20 hari biasanya batang bougenville sudah menumbuhkan tunas mudanya.
 Jika langkah langkah diatas sudah di lakukan, langkah selanjutnya yaitu merawat tanaman bunga kertas.
Artikel terkait
Demikian pembahasan mengenai Cara menanam bunga kertas dengan stek batang. Terimakasih atas perhatiannya dan semoga bermanfaat, 

0 Comments

Post a comment