Cara Merawat Bunga Anggrek Agar Cepat Berbunga

Bunga anggrek merupakan tanaman hias yang banyak jenisnya,memiliki nama latin Orchidaceae yang merupakan salah satu suku tanaman hias yang jenisnya tersebar diberbagai belahan dunia.

habitatnya sendiri tersebar luas di wilayah tropika besar. Perlu anda ketahui keseluruhan jenis tanaman anggrek diseluruh dunia mencapai lebih dari 25.000 dan tersebar luas di penjuru dunia dengan mayoritas iklim tropik.

Indonesia sendiri terkenal kaya akan jenis jenis tanaman anggrek dengan ditumbuhi lebih dari 4000 jenis anggrek, dan tersebar diberbagai pulau seperti Kalimantan, pulau Sulawesi, Papua, Jawa, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Cara merawat bunga anggrek

Gambar bunga anggrek
Gambar bunga anggrek
Merawat tanaman hias ini memang memiliki tahapan-tahapan yang berbeda bagi masing masing pecinta tanaman hias ini.
berikut merupakan rangkuman pembahasan mengenai cara perawatan bunga anggrek.
Lihat juga : 15+ gambar bunga anggrek yang cantik dan indah
cahaya matahari
cahaya matahari merupakan sumber energi bagi bunga anggrek, cahaya matahari juga sangatlah penting bagi pertumbuhan ini. Terlebih lagi cahaya matahari juga berfungsi dalam pembentukan atau memperbaiki bagian tanaman yang rusak. 

Ketinggian tempat

Memperhatikan ketinggian tempat juga berperan penting dalam perawatan bunga anggrek, tanaman ini dapat tumbuh baik di daerah tropis, walaupun demikian ketinggian media tanamnya dibagi menjadi tiga yaitu :

  1. Di dataran tinggi dengan ketinggian 1.001 m dpl   dengan suhu disisang hari mencapai 18-21° c anggrek dapat tumbuh baik di dataran tersebut.jenis jenis anggrek yang tumbuh baik di dataran tersebut ialah Cimbidium, Miltonia, Paphiopedium.
  2. Anggrek yang tumbuh baik di dataran sedang dengan ketinggian tempat mencapai 501-1000 m dpl dengan kelembapan suhu 29-32° cpada siang hari, dan 19-21° c. Jenis anggrek yag tumbu baik di dataran ini ialah Dendrobium, Onchidium, Phalaenopsis, dan Cattleya.
  3. Dan yang ketiga marupakan anggrek yang tumbuh di dataran rendah dengan ketinggian mencapai 500m dpl dengan kelembapan suhu pada siang hari mencapai 34-38°c. dan jenis anggrek yang tumbuh di dataran tersebut ialah Arachnis, Renanthera, dan Vanda

Kelembaban udara

kelembaban udara sangatlah penting bagi keberlangsungan hidup tanaman anggrek, tingkat kelembaban yang diperlukakan oleh tanaman anggrek tidak lebih dari 70%. pada kelembaban udara sekitar 50% bunga anggrek dapat tumbuh dengan baik.

Pada kelembaban udara mencapai 50% memang akan membuat bunga ini tumbuh dengan baik, namun tidak sebaik pada suhu kelembaban 70%.
Baca juga :  Cabe Rawit : Manfaat, Cara Menanam, Perawatan, Hama Tanaman.
di alam liar sendiri anggrek tekena air hujan dan membuat tanaman anggrek menjadi basah, dan media tanam tekena kelembaban tinggi.

naum 1-2 jam kemudian kembali mengering, ini membuktikan bahwa tanaman anggrek tidak menyukai area media tanam yang tingkat kelembabannya tinggi atau becek.

Sirkulasi udara

Sirkulasi udara merupakan salah satu hal penting dalam perawatan anggrek. sirkulasi udara yang baik bagi tanaman ini ialah angin yang berhembuss secara halus dan berkala, sirkulasi udara yang berhembus secara berkala ini bertujuan untuk pergantian udara pada daun dan akar.

Namun sebaliknya.

Jika sirkulasi udara terlalu kencang,maka  akan berakibat buruk bagi tanaman, karna bisa menyebabkan tanaman bunga anggrek menjadi dehidrasi karna air pada daun dan akar mudah terhembus angin.

Hembusan angin yang terlalu kencang juga bisa berefek buruk pada perkembangan bunga, bisa jadi karna angin yang terlalu kencang, tunas bunga akan putus dan perkembanganpun menjadi terganggu.

Namun jika udara tdk berhembus, proses photosintesis akan terganggu, karna tidak berjalan dengan optimal.

Faktor genetis

Faktor genetika juga berpengaruh bagi kehidupan tanaman anggrek, salah satu cara antisipasinya dengan memilih bunga angggrek dengan faktor genetik yang baik.

Pemiilihan anggrek dengan genetika yang baik, akan berpengaruh pada pertumbuhan bunga naggrek, namun jika faktor genetik bunga anggrek kurang baik, bisa diperbaiki dengan cara kawin silang anter jenis.

Demikianlah rangkuman pembahasan mengenai  Cara Merawat Bunga Anggrek Agar Cepat Berbunga.

Terimakasih dan semoga bermanfaat

0 Comments

Post a comment