Cara Efektif Merawat Bunga Kertas Agar Berbunga Lebat

Bougenville atau yang biasa disebut Bunga kertas ini diambil dari nama seorang perajut yang berkebangsaan perancis yang sekaligus Penemu tanaman Indah yang satu ini. Memiliki julukan bunga kertas karena Bunganya memiliki tekstur seperti kertas yang tipis.

Pada dasarnya, semua jenis bunga kertas dapat mekar hampir di setiap musim yaitu dari awal musim panas hingga akhir musim semi, bahkan bunga kertas bisa berbunga di musim gugur.

Sebelum bunganya mekar, bunga kertas punya kebiasaan menggugurkan sebagian daunnya untuk ditumbuhi seludang dan bunganya.

Perlu di ketahui bahwa bougenville memiliki ukuran yang kecil yang letaknya berada di tengah seludang, namun banyak orang yang beranggapan bahwa seludang bunga kertas adalah bagian dari bunganya.

Mungkin karena seludangnya memiliki banyak varian warna jadi masyarakat menganggap bahwa itu merupakan bunga.

Tak heran memang, mengingat warnanya yang indah dan daunnya yang berwarna hijau tua, seolah menjadi  perbedaan yang menyatu dalam satu harmony.

Terlebih saat bunga ini dijadikan tanaman hias bonsai karena bunga ini juga menjadi buruan para tanamania untuk dijadikan bonsai.

Cara merawat bunga kertas

Cara merawat bougenville
Gambar bunga bougenville
Sebenarnya merawatan bunga kertas cukuplah mudah, bahkan tanaman ini bisa tumbuh dengan subur di alam bebas terlebih di habitat aslinya.

Namun jika kita menginginkan kualitasnya terbaik, bunga tumbuh dengan lebat, dan bentuk pohonnya yang terawat, tentu kita harus melakukan Perawatan, Berikut admin rangkum kan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam cara perawatan bunga kertas.

Pilih media tanam yang tepat

Media tanam sangat berpengaruh terhadap Keberlangsungan hidup tanaman hias bunga kertas.

Pada dasarnya bougenville menyukai media tanam yang berpasir, media yang berpasir bisa mengotrol sirkulasi air dan udara. Namun tetap harus memperhatikan perbandingan komposisi media tanam.

Penyiraman tanaman

Penyiraman dilakukan dengan teratur dan berkala, bisa dilakukan dua kali sehari pada pagi dan sore hari.

Namun ada kalanya dimana tanaman ini tidak membutuhkan asupan air sama sekali atau yang disebut dengan masa kering. Masa kering ini berlangsung saat tanaman ini menggugurkan daunnya atau pasca berbunga.

Hal tersebut bertujuan untuk men stimulasi pertumbuhan tunas kuncup bunga, pada masa inilah bougenville tidak usaha disiram.

Intensitas cahaya matahari

Bunga kertas menyukai sinar matahari yang terik. Jadi, tanamlah bunga kertas di area out door yang sinar mataharinya tidak terhalangi. jika penanaman dilakukan  di pot, hindari penempatan didalam ruangan.

Pemupukan tanaman

Berilah pupuk kompos seperlunya dengan tetap memperhatikan dosis pemakaian, agar lebih efektif lakukan pemupukkan saat masa kering berlangsung untuk membantu stimulasi pertumbuhan tunas bunga.

Lakukan juga penyemprotan pestisida seperlunya untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan pada tanaman yang di sebabkan oleh hama.

Pemangkasan daun dan ranting

Pemangkasan juga diperlukan untuk menjaga bentuk tanaman dan membantu masa stimulasi.

lakukan pemangkasan dengan menjaga estetika keindahannya, cukup pangkas bagia-bagian ranting yang tidak diperlukan.

Demikian pembahasan mengenai Cara merawat bunga Kertas dengan cara yang paling efektif. Semoga artikel kali ini dapat membantumu menanam bunga kerta

Terimmakasih dan semoga bermanfaat

0 Comments

Post a Comment