Bunga Bougenville : Penjelasan Tentang Bunga Kertas

Bunga Bougenville atau yang familiar terdengar dengan sebutan bunga kertas ini merupakan tanaman hias yang populer di Indonesia, eksistensinya pun sudah banyak tersebar di berbagai daerah.


Dinamai bunga kertas karena tekstur dari bunga ini tipis dan ringan, mirip sekali dengan kertas. Keindahan bunga ini yaitu dari gradasi warnanya yang cerah, dan tumbuh rimbun seperti dedaunan serta pohonnya yang kecil dan sukar tumbuh tegak, dengan tekstur yang bisa dijadikan tanaman hias bonsai.

Namun pada dasarnya bunga kertas ini memiliki ukuran yang kecil dan tertutupi oleh Seludang bunga atau daun pelindung bunga, tapi seludang yang memiliki warna cerah inilah yang sering dianggap sebagai bunga.

Saat tanaman ini berbunga, ia punya kebiasaan merontokkan sebagian daunnya yang nantinya diambil alih oleh Seludang bunga dan bunganya itu sendiri.

Bougenville ini diambil dari nama Sir louis antonine de bougenville merupakan seorang perajut angkatan laut berkebangsaan perancis.

Bunga ini berasal dari Amerika selatan. Namun semakin berjalannya waktu, bunga ini telah tersebar luas di kawasan  daerah beriklim tropis hingga katulistiwa.

Ciri-ciri bunga kertas

penjelasan seputar  bunga bougenville
Bunga Bougenville
Bunga kertas memiliki Daun pelindung bunga atau Seludang berwarna warni itupun tergantung pada jenisnya. bunga kertas sebenarnya berukuran kecil dan terdapat pada bagian tengah area Seludat.

Namun karena seludatnya yang berwarna indah sering sebut sebagai bunga. Bunga bougenville ini memiliki aneka warna yang sedap dipandang mata, terlebih jika sedang mekar-mekarnya yang hampir menjadi pengganti daun.

saat mekar bunga akan menggugurkan sebagian daunnya. untuk diambil alih oleh seludat dan bunganya.
Tekstur pohonnya sendiri agar keras, berbatang dan beranting, memiliki duri yang tajam di area rantingnya.

Pohonnya sendiri dapat tumbuh hingga ketinggian 10 m, daunnya memiliki  bentuk yang besar dengan sudut tirus, dan tumbuh lebat di sekitaran ranting, bunga ini juga bisa di jadikan tanaman hias bonsai, oleh karenanya, tanaman ini menjadi buruan para pecinta tanaman.

Manfaat bunga kertas atau bougenville

Selain memiliki keindahan pada bunganya, bunga kertas juga memiliki manfaat bagi pemiliknya, berikut ini beberapa manfaat bunga kertas.

  • Sumber anti oksidan alami

Ekstrak bunga kertas dapat dapat melawan radikal bebas pada pencernaan karna menantung anti oksidan yang alami.

  • Pengganti antibiotik

Bougenville juga memiliki kandungan metanol khusus dan berperan menggantikan antibiotik alami sebagai penanganan menyebarnya bakteri jahat dalam tubuh.

  • Menetralisir pulusi udara

Bunga kertas juga bisa menyaring udara yang baik sehingga dapat menetralisir polusi udara. maka dari itu, bunga ini sering terlihat di pinggiran jalan dan pekarangan rumah, karena efeknya yang dapat meningkatkan kualitas udara dan air sehingga dapat menekan polusi akibat asap kendaraan.

  • Membunuh bakteri

Ekstrak bunga bougenville juga ampuh sebagai pembunuh bakteri jahat. terutama bakteri yang tumbuh di daerah pencernaan sehingga dapat mengatasi diare.

  • Menjaga keseimbangan kadar kolestrol dalam tubuh 

Bunga kertas dapat dijadikan bahan teh alami, bahkan pada zaman dulu tepatnya di Meksiko teh bunga kertas dikonsumsi sebagai obat, karena dipercaya dapat melindungi tekanan darah serta menyeimbangkan kadar kolestrol dalam tubuh.
dan masih banyak lagi manfaat lainnya

Baca juga : Cara Menanam Bunga Kertas - Paling Efektif

Perawatan bunga kertas

Sebenarnya dalam perawatan bunga kertas cukuplah mudah, namun jika kita menginginkan bunganya tumbuh dengan lebat, selain melakukan pemangkasan dengan teknik tertentu, ada beberapa hal  yang harus di perhatika dalam perawatannya.

Tanam di media yang tepat

Pada dasarnya, tanaman ini menyukai media tanam yang berpasir, media tanam yang berpasir dapat mengalirkan udara karna memiliki pori pori yang tidak terlalu kecil. Selai daripada itu, media berpasir juga lebih cepat dalam penyerapan air.

Sinar matahari yang cukup

Bunga kertas memerlukan sinar matahari yang cukup, tanaman ini menyukai matahari yang terik.

Oleh karena itu, bougenville harus di tanam di area luar ruangan agar mendapat asupan sinar matahari yang dibutuhkannya.


Penyiraman seperlunya

penyiraman yang teratur sangat berpengaruh dalam pertumbuhan bunga kertas, perlu di ketahui bahwa ada kalanya dimana pada satu tahun bunga kertas tidak membutuhkan asupan air.

Biasanya terjadi saat tumbuhnya beberapa kuncup bunga, saat itu disebut disebut dengan masa kering. Adanya masa kering ini tujuannya untuk men stimulasi pertumbuhan kuncup bunga.

Pada masa inilah tanaman bunga kertas tidak tidak usah di siram selama beberapa hari kedepan, dengan begitu daunnya akan rontok sebagian dan diganti dengan pucuk bunga.

Pemangkasan daun dan ranting

pangkaslah daun dan ranting bunga kertas, hal ini bertujuan untuk memberi kesempatan pada tunas batang baru dan kuncup bunga itu sendiri, namun jangan asal memangkas.

Pperhatikanlah unsur estetikanya, cukup potong pada bagian panjang-panjangnya saja.

Pemupukan tanaman

Sebenarnya, bunga yang satu ini tidak membutuhkan banyak pupuk, namun jika kita menginginkan tanaman yang sehat dan berkualitas.

pemberian pupuk dapat dilakukan seperlunya saja, pemupukan ini dilakukan pada saat masa kering berlangsung.

Agar lebih alami dan berkualitas, pakailah pupuk kompos dengan tetap memperhatikan dosis pemakaiannya.

lakukan penyemprotan cairan pestisida atau anti hamaagar tanaman terhindar dari hama yang berpotensi merusak tanaman.
Artikel Terkait

Jenis jenis bunga kertas

beikut ini jenis-jenis bunga bougenville atau bunga kertas.


Bambino majik

jenis ini merupakan salah-satu jenis dari bunga kertas yang memiliki gradasi warna indah yaitu antara ungu dan putih, tak jau beda dengan jeis lainnya, bunga ini dapat bermekaran hampir di setiap musim.

Bambino pedro

jenis ini memiliki dua farian warna yaitu merah serta merah tua, bunganya mekar hampir di setiap musim, bahkan musim kemarau sekalipun.


Bambino ningili

Bambino ningili merupakan salah satu dari keluarga Bougenville yang memiliki bunga berwarna merah muda dengan daun berwarna hijau tua.

Tanaman hias ini dapat berbunga hampir di sepanjang tahun, dengan gradasi warna daun yang menarik hingga sedap dipandang mata.


Bambino baby lauren

Jenis bougenville ini hampir memiliki kesamaan dengan Bambino baby alison hanya saja jenis ini memiliki bunga yang berwarna ungu. dengan bunganya yang berwarna ungu, keindahan bunga yang satu ini tidak udsah dipertanyakan lagi.

bunganya dapat mekar hampir di setiap musim, mulai dari awal musim panas, hingga akhir musim semi, bahkan di awal musim gugur sekalipun.


Bambino baby victoria

Jenis yang satu ini memliki warna yang unik dibandingkan bambino lain, Bambino baby victoria memiliki bunga yang berwarna magenta, atau pink ber gradasi ungu.

Selain itu, bunga yang satu ini dapat mekar hampir di sepanjang tahun.

Bambino baby allison

Hampir sama dengan Bambino baby lauren, yang mekarnya mulai dari awal musi panas, hingga akhir musim semi, dan awal musim gugur, hanya saja jenis ini memiliki bunga yang berwarna berah muda dengan daun yang  berwarna hijau gelap di setiap musimnya.

After glow

Bougenville After glow umumnya memiliki bunga berwarna orange, namun bukan hanya orange saja, jenis ini juga memiliki varian warna seperti merah muda, serta coral.

Memiliki daun yang halus tapi bertekstur. Warna bunga yang mencolok didukung oleh daun yang berwarna hijau tua menjadikan bunga ini sedap dipandang mata.

Gold rush

Jenis yang satu ini memiliki warna yang unik yaitu kuning keemasan serta jika di bandingkan dengan yang lain Golden rush memiliki warna bunga yang lebih mencolok.


California gold

California gold memiliki beberapa varian warna mulai dari warna emas pucat hinga jingga,sama halnya dengan jenis yang lain, Bougenville jenis ini dapat berbunga hampir di setiap musim.


Cherry blossom

Bougenville jenis uni umumnya menjadi favorite masyarakat indonesia, ia memiliki bunga yang berarna merahmuda atau pink bahka ada yang hampir gradasi putih seutuhnya, sama seperti bunga kertas jenis lain, Chery blossom dapat mekar hampir di setiap musim.
demikian pembahasan mengenai bougenville atau bunga kertas. untuk cara penanamannya anda bisa basa Disini
Terimakasih dan semoga bermanfaat

0 Comments

Post a Comment