10 Jenis Bunga Anggrek Dan Gambarnya

Bunga anggrek
Gambar bunga angrek

Bunga anggrek - anggrek sendiri memiliki nama latin "Orchidaceae" yang merupakan salah satu bunga yang memiliki jenis jenis terbanyak. habitatnya sendiri tersebar luas di daera daerah seperti wilayah tropika besar,

maka dari itu kebanyakan tanaman ini hidup di daerah tropik.

anggrek juga merupakan tanaman yang hidup menumpang pada tanaman lain, meski hidupnya menempel pada pohon lain  anggrek bukanlah parasit, ia tidak mengambil serat dari pohon yang di tumpanginya. 

meski menumpang pada tanaman lain, anggrek tiak sepenuhnya merugikan tanaman inangnya, tanaman hias ini dapat hidup mandiri tanpa haus merugikan pohon lain,

tanaman angggek dapat hidup dari embun dan udara yang lembab, organ-organ yang tebal dan sekulen dapat membuat tanaman ini bertahan tehadap tekanan dari minimnya ketersediaan air. untuk kebutuhan ketesediaan air utuk tanaman ini dambil dari ai hujan.

walaupun tidak mengambil sari dari inangnya, tanaman anggek akan mengganggu keseimbangan tanaman inang, hal tesebut dikarnakan akar tanaman anggrek yang selalu merusak kulit tanaman inang.

Manfaat bunga anggrek 

Pada dasarnya anggrek hanya dimanfaatkan keindahannya saja, karna bunga yang satu ini memang memiliki beragam keidahan dan jenisnya,warnanya yang indah bisa dijadikan hiasan rumah.

namun diberbagai negara, tanaman anggrek dijadikan sebagai obat obatan, dan hal resebut telah dilakukan oleh orang-orang kuno dizamannya.

umbi dari tanaman nggrek sangat berkhasiat dan bermanfaat bagi kesehatan manusia dibidang penyembuhan penyakit.

manfaat tanaman anggrek bangi kebidupan tentunya akan banyak sekali dilihat dari jenisnya yang begitu banyak.

berikut merupakan rangkuman berbagai macam manfaat tanaman anggrek bagi kesehatan manusia.


  • Penghilang stres

Anggrek juga bisa berfungsi sebagai penghilang stres, bahkan menurut para ahli kesehatan, membudidayakan bunga anggrek dapat membantu menurukan stres pada seseorang.

keindahan dan aromanya yang khas dari bunga ini, dapat meningkatkan efek relaxasi serta dapat memberikan ketenangan jiwa, dan kedamaian hati bagi orang yang melihatnya.

  • mengatasi gangguan syaraf dan fungsi otak

Cypripedium pd. merupaan salah satu spesies anggrek dimana bagian akanya mengandung minyak  resin, gula, pati,  serta komponen lainnya yang akan sangat  berguan bagi berbagai macam penyembuhan penyakit seperti histeria, iriabilitas saraf, kejang, bahkan gangguan fungssi otak seperti kegilaan dan lain sebagainya.

  • dapat membantu mengobati sakit gigi dan telinga 

Arethusa bulbosa merupakan salah satu spesies anggrek yang memiliki akar dengan kandungan senyawa kimia yang mampu menyembuhkan sakit gigi serta penyakit tertentu pada telinga.

  • dapat menyembuhkan demam dan nyeri sendi

manfaat bunga anggrek bagi kehidupan juga salah satunya dapat menyembuhkan nyeri sendi.

pasta dari daun hootieriana vanda  dapat digunakan sebagai tapal panas untuk menyembuhkan nyeri pada sendi,

  • dapat digunakan untuk bahan makanan 

dibeberapa negara. Anggrek, kshususnya jenis dendrobium juga digunakan dalam berbagai olahan makanan, seperti di Nepal, anggrek dijadikan sebagai acar, bahkan di negara lai seperti thailand dan singapura bungq anggrek dijadikan sebagai salah satu olahan makanan.

  • dapan menetralisir racun dan polusi udara

banyak keuntungannya jika kita memelihara tanaman hias yang satu ini , salah satu manfaatnya ialah dapat menetralisir racun dan polusi udara.

  • mencegah terjadinya penuaan dini 

pada era milenial ini anggrek juga diberdayakan sebagai salah satu dari bahan utama pembuatan produk kosmetik, existensinyapun sudah sering bermunculan di iklan iklan seperti bodybloution dll.
extrak minyak dar tanaman anggrek juga telah terbukti mampu meremajakan kulit serta bermanfaat untuk mencegah penuaan dini.


Jenis-jenis bunga anggek 

Anggrek merupakan salah satu bunga dengan pesona yang sangat indah, jenis-jenisnya pun tersebar luas di berbagai penjuru dunuia.
simak jenis- jenis bunga anggrek beserta gambarnya berikut ini.

  • Anggrek bulan 

gambar bunga anggrek bulan
Bunga anggrek bulan
Anggrek bulan memiliki nama lati Phalaenopsi Amabili.  pada umumnya angrek jenis ini di simpan di ruangan yang tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung, karna bunga yang satu ini jenis tanaman anggrek yang tidak menyuka sinar matahari secara langsung.

  • Anggrek hitam 

gambar bunga anggrek
Bunga anggrek hitam
Anggrek hitam atau yang memiliki nama latin Coelogyne pandurata merupakan jeis tanaman anggrek yang banyak dijumpai di kalimantan dan sumatra.

nama anggrek hitam diberikan karena jenis ini memiliki labellum dan lidah berwarna hitam yang sedikit berbulu

  • Anggrek tebu

gambar bunga anggrek
bunga angrek tebu
Anggrek tebu memiliki nama latin Grammatophyllum Speciosum. anggrek jenis ini  memiliki ukuran paling besar diantara jenis-jenis lain.

Anggrek tebu umumnya tumbuh mecapai ketinggian 2 -3 meter, dengan diameter  2cm, dan bunganya berdiameter 10cm, karena itulah jenis ini diberi nama anggrek tebu yang bmemang batangnya berbentuk seperti pohon tebu.


seringkali anggrek ini disebut sebagai anggrek macan, anggrek ratu dan anggrek harimau.


  • Anggrek monyet

gambar bunga anggrek
bunga anggrek monyet
Nama latin anggrek monyet orchidius ini adalah Dracula simia, sesua dengan mahluk enhisap darah yaitu drakula, anggrek jenis ini memiliki dua bagian yang menjuntai kebaawah layaknya taring drakula.



tanaman anggrek jenis ini hanya tumbuh di daerah pegunungan Ekuador, Kolombia, dan Peru pada kisaran ketinggian antara 1000-2000 dpl.


  • Anggrek kasut kumis 

gambar bunga anggrek
Bunga anggrek kasut kumis
Anggrek kasut kumis atau yang bernama latin Paphiopedilum chamberlainianum ini merupakan salah satu jenis bunga anggrek yang memiliki bentuk yang cantik dan indah.

namun tanaman hias jenis ini sudah jarang dijumpai, karna habitatnya sudah rusak disebabkan erupsi gunung dan pihak-pihak yang tak betanggung jawab.

maka dari itu anggrek jenis ini termasuk salah satu bunga yang dilindungi.

  • Anggrek violet

gambar bunga anggrek
bunga anggrek violet
Memiliki nama latin Phalaenopsis Violacea, memiliki kelopak yang sangat indah dan aromanya yang sangat harum menjadikan tanaman anggrek jenis ini memiliki nilai lebih di mata para pecinta tanaman anggrek.


  • Anggrek vanda tricolor

gambar bunga anggrek
anggrek vanda tricolor
Anggrek jenis ini bisa dijumpai dari jawa barat hinggga pulau bali,bahkan pernah tedengar kabar bahwa anggrek jeis ini dijumpai di wilayah los.


anggrk vanda tricolor, berbatang bundar, panjang dan kokoh. tingginya bisa mencapai 2m, daunnya yang bebentuk seperti pita namun agak melengkung dengan ujung daunnya yang rumpang, besudut tajam dan lebar kurang lebih 3cm dan panjangnya mencapai 45cm.

  • Anggrek jamrud

gambar bunga anggrek
bunga anggrek jamrud
jenis anggrek ang memilki nama latin Dendrobium macrophyllum ini merupakan jenis anggrek yang berasal dari kepulauan seribu (Indonesia) dan telah tersebar di wilayah fhilipina papua nugini, dan beberapa pulau pasifik barat


  • Anggrek ki aksara

gambar bunga anggrek
anggrek ki aksara
Anggrek Ki aksara memiliki nama latin Macodes petoal. tanaman hias ini memiliki ukuran yang terbilang mungil namun tetap sedap dipandang mata,

bunga ini memiliki daun berwarna hijau dengan corak yang menyerupai petir yang meyambar.

  • Anggrek bulan kalimantan barat

gambar bunga anggrek
anggrek bulan kalimantan barat
Anggrek bulan kalimantan barat memiliki nama latin Paraphalaenopsis serpentilingua. Ciri tama anggrek ini ialah bunganya yang berwarna putih denga gradasi berwarna kuning dan merah.


dengan warnanya yang indah dan bentuknya yang lucu, menjadikan anggrek jenis ini merupakan anggrek yang dilindungi karna keberadaannya yang jarang terlihat.


Demikian pembahasan mengenai jenis-jenis bunga anggrek beserta gambarnya. semoga dapat menambah wawasan pembaca
Terimakasih dan semoga bermanfaat.

0 Comments

Post a Comment