11 Jenis Tanaman Hidroponik Yang Cepat Panen

Hidroponik berasal dari kata Hydro dan Phonos. Hydro yang berarti Air sedangkan Phonos berarti kerja. Arti dari Hidroponik itu sendiri meluas yaitu  merupakan teknik budidaya tanaman dengan menggunakan air sebagai media tanamnya dengan menekankan nutrisi pada air. Teknik ini mengganti penggunaan Tanah dengan air sebagai media tanamnya.

jika di sederhanakan, hidroponik artinya Budidaya tanaman tanpa tanah. Meskipun menggunakan air sebagai media tanam, hidroponik tidak boros dalam penggunaan air, malahan dengan teknik ini dapat menghemat air, dan lahan. 

hidroponik sendiri di temukan oleh Frencis bacon pada tahun 1627, Ia mengkaji teknik hidroponik ini dan dijadikan buku yang berjudul Sylva sylvarul or a "Natural history".

Jenis-jenis tanaman hidroponik

Tanaman hidroponik
Tanaman hidroponik
Dengan membudidayakan tanaman dengan teknik hidroponik ini tentunya memiliki banyak sekali keuntunga, keuntungan tersebut antara lain yaitu tidak memerlukan tanah atau lahan yang luas serta hanya membutuhkan air dengan kandungan mineral yang cukup.

Namun dibalik hal tersebut, kamu perlu memperhatikan juga bahwa tidak semua tanaman bisa dibudidayakan dengan teknik hidroponik ini, Oleh karena itu dibawah ini kami cantumkan beberapa jenis tanaman yang dapat dibudidayakan dengan menggunakan teknik hidroponik ini.

Kangkung

Tanaman hidroponik
Tanaman hidroponik kangkung
Kangkung bisa tumbuh di tanah dan di air, sayuran ini cocok untuk di budidayakan dengan teknik hidroponik, tanaman ini juga sangat populer di Indonesia karena memiliki segudang manfaat dan rasa yang enak setelah diolah. karena itulah Tanaman ini sangat cocok untuk ditanam dengan cara hidroponik.

Sawi

Tanaman hidroponik
Tanaman hidroponik sawi
Sayuran ini juga bisa ditanam dengan teknik hidroponik, menanam sawi dengan teknik hidroponik sangat mudah dalam perawatannya sehingga sangat mudah menanam sayuran ini dengan teknik hidroponik.

Bayam

Tanaman hidroponik
Tanaman hidroponik bayam
Bayam memang dapar tumbuh dengan bebas di halaman rumah, namun jika kita ingin kualtas lbih bagus dari biasanya, ada baiknya penanaman dilakukan dengan teknik hidroponik.

Dengan teknik ini, akan mempercepat masa panen, dan berkualitas tinggi.

Seledri

Tanaman hidroponik
Tanaman hidroponik seledri
Seledri dapat di tanam dengan cara hidroponik menggunakan sistem wick atau sumbu, selain dengan sistem sumbu, hidroponik juga bisa ditanam dengan teknik lain seperti rakit apung.

Namun jangan asal menanam dengan cara hidroponik, kana teknik hidroponik memiiki beberapa cara yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Ada baiknya kita pelajari terlebih dahulu cara cara menanam dengan teknik hidroponik. 

Timun

Tanaman hidroponik
Tanaman hidroponik timun
Sayuran ini sangat populer di indonesia, karena manfatnya dapat digunakan sebagai pelengkap atau lalapan. Timun bisa ditanam dengan berbagai cara, namun untuk hasil yang lebih memuaskan dan cara yang lebih efektif, penanaman sebaiknya dilakukan dengan cara hidroponik.

Cabe

Tanaman hidroponik
Tanaman hidroponik cabe
Cabe merupakan varietas palawija yang memiliki  adaptasi yang baik, tanaman sayuran ini cocok untuk ditanam dengan teknik hidroponik. Namun tetap saja jika ingin menghasilkan panen yang bagus, perhatikan juga bibit yang didapat harus berkualitas, melakukan cara penyemaian yang benar dan pemberian nutrisi.
Baca juga : Cabe rawit : Manfaat, cara menanam, perawatan dan hama tanaman 
perlu di ingat bahwa harga cabe di indonesia itu maha, dan sangat laku. Jadi tunggu apa lagi ayoo tanam.

Selada

Tanaman hidroponik
Tanaman hidroponik selada
Selada merupakan sayuran yang banyak ditanam dengan teknik hidroponik, sayuran ini juga sangat diminati di kalangan masyarakat karna penggunaannya dapat dijadikan lalab dan lain-lain. Oleh karena itu, Nilai ekonomi sayuran daun ini bernilai tinggi karna kebutuhan pasar yang begitu besar.

Pakcoy

Tanaman hidroponik
Tanaman hidroponik pakcoy
Sekilas sayuran ini hampir mirip dengan Caisim, namun jika di telaah lagi, keduanya jauh berbeda. Sama halnya seperti Caisim, sayuran ini juga bisa ditanam dengan teknik hidroponik, memiliki khasiat yang banyak dan masih tergolong denga jenis sayuran sawi

Tomat

Tanaman hidroponik
Tanaman hidroponik tomat
Penanaman dengan teknik hidroponik ini harus diperhatikan dalam pemilihan bibitnya, mengingat teknik hidroponik ini sangat baik untuk tomat, maka pemilihan bibit yang unggul akan berpotensi panen yang memuaskan karena media tanam dan bibit berkualitas, keduanya sinkron dalam satu harmoni alam.

Terong

Tanaman hidroponik
Tanaman hidroponik terong
Umumnya terong sering di tanam di pekarangan rumah, kebun atau halaman yang luas, namun terong juga bisa di budidayakan dengan hidroponik, seiring berjalannya waktu lahan semakin sempit dan sulit untuk mencari media tanam untuk terong ini.

Maka pemilihan teknik budidaya hidroponik ini sangat tepat. Terong juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit karena kandungan di dalamnya terdapat antioksidan dan vitamin B

Strawberry

Tanaman hidroponik
Tanaman hidroponik strawberry

Srawberry merupakan buah buahan yang sangat diminati di seluruh dunia, karena bentuknya yang unik dan lucu dan rasanya yang manis dengan semu kecut, buah yang satu ini biasanya tumbuh di dataran tinggi, namun tidak jarang juga ditemukan di dataran rendah seperti di area perumahan.

Hal ini dikarenakan sudah banyak yang membudidayakan tanaman buah ini dengan teknik hidroponi. Selain itu, dengan hidroponik tanaman ini dapat menyerap nutrisi lebih banyak dari pada teknik organik.

Manfaat hidroponik

Teknik hidroponik juga memiliki segudang manfaat, beberapa barikut rangkuman dari manfaat Hidroponik.
  1. Membuat tanaman yang dibudidayakan tumbuh lebih cepat.
  2. Bebas dari gulma tumbuhan pengganggu seperti rerumputan.
  3. Hasil panen akan lebih bersih, higienis, dan steril
  4. Hemat air dan lahan karna penggunaannya dapat dalam janggka panjang.
  5. Pemberian nutrisi akan lebih terkontrol dan efisien.
  6. Dan masih banyak lagi yang lainnya

Baca juga : Apa itu Hidroponik, Aeroponik, dan Aquaponik. ? Ini penjelasanya
Berikut pembahasan mengenai Jenis jenis tanaman hidroponi. semoga dapat menambah wawasan pembaca.

0 Comments

Post a comment