20+ Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat buah naga
Manfaat Buah Naga
Buah Naga - Setelah pembahasan kemarin tentang cara merawat buah naga kali ini saya akan coba menjabarkan beberapa manfaat yang terkandung pada buah naga.


di Indonesia sendiri sudah banyak  tersebar luas budidaya buah naga, dibalik rasanya yang manis dan kandungan air yang menyegarkan, serta dapat mengobati dahaga, banyak yang tidak tau akan manfaat yang kandungan didalamnya.

Manfaat Buah naga

Buah naga memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan manusia, mulai dari batang, akar daging buah, hingga kulitnya memiliki banyak kandungan vitamin  dan zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. buah naga juga dapat mengatasi serta membantu menyembuhkan berbagai penyakit. bahkan para ahli / dokter sangat menyarankan untuk mengkonsumsi buah naga terutama buah naga jenis Hylocereus costaricensis. yang memiliki ciri warna merah dari kulit hingga daging buahnya.

Manfaat buah naga untuk kecantikan


Berikut beberapa manfaat yang terkandung pada buah naga.

  • Mencegah penuaan dini

Buah naga bisa di manfaatkan untuk mencegah penuaan dini, Buatlah masker dengan campuran buah naga.
hanya dengan campuran setengah potong daging buah naga, dan yoghurt yang diaduk hingga merata kamu sudah bisa meremajakan kulit kamu dengan bahan alami ini.

gunakan masker tersebut sebagai masker, diamkan kurang lebih hingga 20 menit, setelah itu bilas dengan air bersih, lakukan perawatan tersebut dengan rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Umumnya, perawatan dengan krim alami ini dilakukan atu kali dalam seminggu dan hasilnya baru akan terlihat setelah 2 bulan.

  • Menjaga kelembaban kulit

buah naga juga bisa meremajakan kulit dengan cara menjaga kelembaban kulit, dengan 90%  kandungan air yang terdapat didalamnya buah naga dapat memberikan suplemen air yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan demikian, wajah pun akan terjaga kelembabannya.

  • Merawat kulit dari dalam

Dengan vitamin C dan Antioksidan yang kandungan didalamnya, maka buah naga dapat memberi manfaat bagi tubuh terutama untuk merawat tubuh bagian dalam,
Maka dari itu, dengan mengkonsumsi secara rutin, dapat membantu meremajakan kulit sehingga kulit menadi segar dan sehat dari dalam.

  • Membantu mengobati jerawat

Selain dapat menjaga kelembaban kulit serta merawat kulit pada bagian dalam, buah naga juga bida membantu mengobati jerawat. Hanya dengan pengaplikasian yang sederkan,kandungan vitamin C yang terkandung didalamnya, buah ini sudah bisa membatu mengatasi masalah jerawat.

Cara yang sama seperti point sebelumnya dengan menjadikannya masker sudah bisa mengatasi masalah jerawat, lakukan perawatan dengan masker buah naga sekali dalam seminggu.


Manfaat buah naga untuk kesehatan


Berikut beberapa manfaat yang terkandung pada buah naga untuk kesehatan kita.

  • Membantu menurunkan berat badan

dengan kandunga serat dan 90 % air didalamnya, buah naga dapat memberikan kebutuhan dalam tubuh. tidak usah khawatir akan bertambahnya berat badan, justru buah naga dapat membantu menutunkan berat badan.

  • Mencegah diabetes

Antioksidan yang terkandung dalam buah naga dapat membunuh sel-sel jahat yang ada pada tubuh akiba pola makan dan hidup yang tidak  sehat. buah naga aman dikonsumsi oleh orang yang memiliki riwayat diabetes karna rendah akan kadar gula, dan rasa manisnya di timbulkan dari glukosa.

  • Mencegah dan mengobati kanker

Buah naga Merah memiliki kandungan Lycopene yang dapat membantu mengatasi kanker prostat. bukan itu saja, biji buah naga juga mengandung omega 3 dan omega 6 yang bisa meringankan permasalahan terkait kordiovaskuler dengan begitu bisa mengantisipasi pterjadinya penyakit jantung serta kandungan air dan Vitamin pada buah naga akan membantu mengeluarkan rasun pemicu kanker pada tubuh

  • Mengatasi batuk dan asma

omega 3 dan omega 6 pada biji buah naga juga dapat meringankan persoalan Respirasi atau mobilisasi energi pada tubuh. buah naga juga baik dikonsumsi oleh penderita batuk dan asma.

  • Cocok untuk diet

Buah naga bisa dimanfaatkan untuk cemilan yang bisa mendukung program diet kamu, karna buah ini memiliki kandungan rendah kalori dan bisa membantu pencernaan dalam tubuh.

Manfaat buah naga untuk ibu hamil

Berikut beberapa manfaat buah naga untuk ibu hamil.

  • Menjaga kestabilan gula darah

Dengan mengkonsumsi Buah naga, Kestabilan tekanan darah serta kestabilan kadar gula dalam tubuh akan terjaga. Hal tersebut tentu bermanfaat mencegah preeklamisa atau gangguan kehamilan yang ditandai oleh darah tinggi dan kandungan protein yang tinggi dalam urine serta mencegah komplikasi kehamilan yang dapat menggangu janin dan ibu hamil.

  • Menambah tenaga 

Untuk melakukan kegiatan sehari-hari, ibu hamil pasti membutuhkan asupan tenaga yang ekstra, hal tersebut lantaran ada kandungan bayi dalam perut bumil. dengan mengkonsumsi Buah naga akan membatu bumil mendapatkan tambahan tenaga, perlu diketahui bahwa dalam 100 gram buah naga terdapat 9-14 gram karbohidrat yang akan menambah asupan tenaga dalam tubuh.

  • Mencegah Keguguran, dan lahir prematur

dengan kandungan asam folat pada buah naga, bisa memperkuat janin dalam tubuh bumil. bukan hanya itu saja, dengan mengkonsumsi buah naga, dapat mencegah lahir prematur dan resiko keguguran.

  • Mencegah anemia

selain dapat menjaga kestabilan gula darah, manfaat buah naga juga dapat mencegah Anemia pada bumil, karena dengan kandungan zat besi pada buah ini dapat membantu mengatasi kurang darah.

  • Menguatkan tulang dan gigi

Dengan adanya kandunga kalsium, magnesium, dan fosfor, buah naga dapat membantu memperkuan tulang dan gigi. Dengan mengkonsumsi buah naga secara rutin, dapat mencegah pengkroposan pada tulang dan membantu pertumbuhan tulang pada bayi.

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Dengan kandungan Vitamin C pada buah naga, dapat membantu meningkatkan sistem imunisasi. Mengingat kekebalan tubuh merupakan hal yang paling penting dijaga dalam tubuh, maka dengan mengkonsumsi buah naga akan terhindar dari berbagai resiko penyakit.

  • Membantu pertumbuhan janin

buah naga juga bermanfaat untuk membantu pertumbuhan janin dalam kandungan, bukan hanya itu saja, dengan mengkonsumsi buah ini dengan cara yang teratur dapat membantu persalinan menjadi normal.

  • Memperbaiki sistem pencernaan tubuh

Pergerakan janin dalam perut dapat mengakibatkan sembelit pada ibu hamil, hal tersebut bisa dikatakan hal yang wajar, karna pergerakan bayi yang mendesak dan faktor hormonal. 

Untuk mengatasi hal tersebut, bisa menggunakan buah naga dengan cara mengkonsumsinya. karna buah yang satu ini memiliki kandungan yang kaya akan serat yang dapat membantu proses pensernaa, dan menjaga kesehatan usus.

Manfaat buah naga Untuk bayi 

Buah naga juga memiliki banyak khasiat untuk bayi lohh...
berikut beberapa manfaat buah naga untuk pertumbuhan bayi.

  • Memberi asupan serat pada bayi

Dengan kandungan serat yang tinggi, buah naga akan membantu memeuhi kebutuhan serat untuk si bayi demi menjaga pencernannya agar tetap sehat, juga akan membantu menjaga kestabilan kadar gula darah serta meningkatkan berat badan si kecil.  

  • Menenangkan syaraf

Buah naga memiliki kandungan potassium yang tak hanya baik untuk petumbuhan tulang si bayi, juga bermanfaat untuk menjaga sistem sayaraf serta menjaga fungsi kerja jantung. 

  • Membangun tulang yang kuat

Setiap orang tua pasti mengharapkan perkembangan tulang pada janin bayi berkembang dengan tumbuh kuat, sehingga pertumbuhan tulang bayi ini menjadi pusat perhatia orang tua. Dengan memberikan MPasi dari extrak buah naga akan membantu perkembangan tulang, saat ini sudah ada banyak brand-brand MPASI yang menggunakan buah naga sebagai bahan pelengkapnya.

  • Menjaga kesehatan ginjal

Buah naga juga memiliki kemampuat detoksifikasi yang berguna untuk menangkal racun yang masuk kedalam tubuh, sehingga bermanfaat untuk memersihkan dan merawat ginjal serta saluran kemih efek racun yang menyerang tubuh.

  • Melindungi jantung

karna buah naga mengandung 90% air serta kandungan Vitamin didalamnya, para ibu bisa menggunakan buah naga sebagai Menu MPASI selama 6 bulan. dengan mengkonsumsi buah naga, si kecil akan terjaga kesehatan jantungnya. 

Namun perlu diperhatikan juga, meski buah naga memiliki banya kandungan yang bermanfaat bagi bayi, ada baiknya sebelum memberikan menu makanan pada bayi sebelumnya kensultasikan dulu kepada ahlinya atau dokter.

Selain manfaatnya yang begitu banyak terkandung didalamnya, ada keunikan lain dari buah naga, yaitu terletak pada bunganya, berbeda dengan bunga pada umumnya, buah naga hanya dapat mekar pada malam hari, mengingat buah naga masih satu keluarga dengan kerabat kaktus dari marga Hylonicereus dan Senelicereus, yang bunganya mekar pada malam hari.
demikian penjelasan tentang manfaat buah naga kali ini, semoga dapat ,menambah wawasa dan bermanfaat bagi kita semua. 
terimakasih atas perhatiannya... 

0 Comments

Post a comment