Bunga Sakura : Informasi Menarik Dan Cara Penanamannya

Gambar Bunga sakura
Gambar Bunga sakura
Bunga sakura - Seperti yang kita tau bunga ini merupakan tanaman asli dari jepang, yang memiliki nama lain Cherry blossoms dalam "bahasa inggrisbunga ini juga merupakan bunga kebangsaan jepang.

maka tak heran jika tanaman ini ada disetiap hal yang berbau jepang, mulai dari adat, tempat liburan, film drama, bahkan hingga film anime jepang bunga ini selalu menjadi aksen pemanis.

Asal usul nama bunga "sakura" yaitu berasal dari kata saku yang berarti mekar, lalu ditambah dengan kata akhiran "ra". 

Menurut Wikipedia sendiri, Cherry blossoms ini tergolong dalam silsilah keluarga Rosaceae dari genus Prunus yang juga sejenis dengan tanaman prem, persik, atau aprikot, Namun secara umun tanaman ini tergolong dalam subgenus sakura. 

Umumnya tanaman hias ini akan mekar setahun sekali, sakura jenis someiyoshino kuncupnya akan mulai terlihat di akhir musim dingin lalu bunganya akan mekar pada saat cuaca mulai hangat tepatnya di akhir bulan maret sampai bulan april.
berdasarkan susunan daun mahkotanya, bunga sakura dibagi menjadi 3 yaitu 

  1. bunga semi ganda
  2. bunga ganda dengan daun mahkota berlapis
  3. bunga tunggal dengan daun mahkota selapis.
tidak kalah cantik dengan bunga mawar, bunga ini juga memiliki keindahan bunga yang sedap dipandang mata.
Baca juga : Pengertian tanaman perdu dan jenis-jenisnya

Ciri khas bunga sakura 

jenis someiyoshino memiliki ciri khas yaitu pada bunganya yang berukuran kecil dan lebih dulu mekar sebelum daun daunnya berguguran.

Bunganya mulai mekar secara serentak puluhan, ratusan, bahkan hingga ribuan dan tumbuh di daerah ranting dan batang, lalu akan rontok satu persatu padasaat yang hampir bersamaan.

Saat musim berbunga, mulai dari muncul kuncup bunga sampai masa gugur, bunga sakura jenis ini juga tidak akan bertahan terlalu lama, biasanya membutuhkan waktu sekitar satu mungu namun bisa juga hingga dua minggu.


itu pun tergantung pada keadaan cuaca, jika hujan turun maka akan mempercepat pengguguran bunga terlebih lagi jika hujannya disertai angin yang kencang.

Jenis jenis bunga sakura

Pada dasarnya sebagian besar bunga ini merupaka hasil persilanga, seperti sebagian yang telah tersebar luas di jepang yaitu jenis someiyoshino sejak zaman meiji yang merupakan zaman pemerintahan kaisar jepang.

tanaman hias ini juga memiliki banyak jenis yang bunganya meliputi berbagai warna seperti warna putih, hijau muda, hinga merah jambbu. 
berikut jenis-jenisnya :

  • Bunga sakura Kanzan

Bunga sakura jenis Kanzan merupakan bagian dari Yaezakura atau sakura yang bunga ganda, bunga skura jenis ini mencakup semua sakura yang memiliki lebih dari 5 kelopak tiap helayan bunganya. 

Bunga sakura jenis kanzen memiliki kelopak bunga hingga 50 di setiap bunganya. Selain itu, bunga indah ini dapat dengan mudah dikenal dari warnanya yang merah muda pekat dan kumpulan kelopak bunganya yang besar. bunga sakura jenis ini juga tergolong sulit dalam masa mekarnya.

  • Bunga sakura Kikuzakura

Dari segi bentuknya saja sudah terlihat seperti pom-pom yang dikelilingi oleh dedaunan yang bentuknya lebar. Bunga sakura jenis kikuakura Terdapat 80 hingga 130 kelopak bunga di setiap bunganya.

Sama halnya seperti kanzen, bunga sakura jenis ini juga memiliki bunga yang berwarna merah muda cerah. Untuk melihat bunga ini secara langsung, anda dapat mengunjunginya langsung di Tokyo pada bulan Mei awal.

  • Bunga sakura Hikanzakura

Hikanzakura atau kanhizakura merupakan jenis bunga sakura yang bisa anda temui di daerah Okinawa, salah satu bagian dari negara jepang. Kuncup bunga ini akan mulai terlihat antara bulan Januari atau Februari di setiap tahunnya. 

Bunga sakura jenis ini juga dapat mekar pada bulan Februari atau Maret di daerah Kanto hingga ke arah Kyushu di jepang.

  • Bunga sakura Fuyuzakur

Bunga sakura Fuyuzakura merupakan jenis bunga sakura yang mekar pada musim dingin saja. Bunga sakura jenis ini umumnya akan mekar di akhir tahun yaitu pada bulan November hingga Desember. anda juga bisa menjumpainya secara langsung di daerah Nishimachi.

  • Bunga sakura Ukon

Berbeda dengan bunga sakura lainnya. Bunga sakura ini memiliki bunga yang berwarna kekuningan yang kelopak bunganya terdiri dari 15 hingga 20di setiap bunganya. Bunga ini juga akan mekar pada pertengahan bulan April dan dapat dijumpai di negara jepang, teatnya di daerah Tokyo.

Walau biasanya bunga sakura dikenal dengan bunganya yang berwarna putihan atau merah muda, beda halnya dengan jenis ukon ini. Bunga sakura jeis ini memiliki warna kuning pada bunganya. 

Dengan bunganya yang berwarna kuning, maka cocok sekali memiliki julukan ukon, karena di Jepang, ukon memiliki arti kunyit yang memberi warna kuning pada kari dari India. 

Karena memiliki kemiripan warna, maka bunga sakura jenis ini akhirnya diberi nama yang sama yaitu Ukon. Ukon juga merupakan jenis bunga Yaezakura, dengan jumlah kelopak berkisar anara 15 hingga 20 di setiap bunganya. 

Waktu mekarnya sendiri biasa berdekatan dengan mekarnya Sakura jenis Ichiyou, yaitu antara pertengahan April di Tokyo jepang.

  • Bunga sakura Edohigan

Bunga sakura yang paling awal mekarnya ialah jenis Edohigan. Nama Edohigan sendiri diberikan berdasarkan waktu mekarnya yang bertepatan dengan spring equinox atau yang lebih sering disebut dengan higan. 

Bunga sakura jenis ini memiliki bunga yang berwarna merah muda agak pucat dan kelopak bunganya memiliki ukuran yang kecil. 

Untuk menikmati keindahan bunga sakura jenis ini anda dapat mengunjunginya di wilayah Yamanashi di awal hingga pertengahan bulan April.

  • Bunga sakura Shidarezakura

Bunga sakura jenis ini biasa dikenal dengan sebutan bunga Kota Kyoto. Shidarezakura tumbuh mekar menyebar seperti air mancur. 

Bunga ini juga memiliki tangkai yang jatuh ke bawah sehingga disebut pohon sakura menangis

  • Bunga sakura Ichiyou

Ichiyou merupakan jenis bunga sakura yang memiliki 20 hingga 40 kelopak. Ketika keseluruhan kelopak mekar, putik akan terlihat seperti helai daun yang muncul di bagian tengahnya. 

Hal ini yang membuat bunga ini diberi nama Ichiyou yang artinya satu daun. Bunga sakura jenis ini populer di Asakusa yang setiap bulan April diselenggrakan festival khusus bunga ini.

  • Bunga sakura Someiyoshino

Somei Yoshino adalah jenis bunga sakura yang banyak ditemukan di Jepang. Bunga ini memiliki kelopak yang lebih dari 5 lembar. 

Mulanya, warna bunga pink samar dan akan menjadi putih ketika mekar. Nama Somei Yoshino diambil dari sebuah nama Desa Somei yang dahulunya terkenal banyak menjual bunga sakura.

  • Bunga sakura Yamazakura

Yamazakura merupakan bunga liar yang dapat anda temukan di daerah pegunungan Jepang. 

Klasifikasi bunga sakura ini memiliki lima kelopak dengan warna merah muda yang cerah. anda dapat menemukannya di sekitar bulan Maret dan April dan biasanya akan muncul bersamaan dengan daun pohonnya.

Demikian beberapa jenis varian bunga sakura yang umumnya terdapat di jepang.
Dengan memiiki banyaknya varian warna bunga dan jenis tanaman, tentunya akan menambah keindahan pada bunga yang satu ini.

Namun dibalik keindahannya, ternyata tanaman hias ini tidak terlalu sulit untuk ditanam di indonesia, bagaimana cara penanamannya, simak ulasannya berikut ini.

Cara menanam bunga sakura

Dalam uasan kali ini saya akancoba bahas bagaimana cara menaman bunga sakura dengan teknik genetatif " dari biji " dalam pot.

dengan menanam tanamannya di dalam pot anda bisa bereksplorasi, selain hanya dijadikan tanaman hias, anda juga bisa menjadikan tanaman ini menjadi tanaman bonsai yang jika dijual harganya bisa sangat mahal.

seperti tanaman hias bougenville anda juga bisa memindahkannya ke media yang lebih besar seperti halaman rumah. Berikut langkah langkah penanamannya.

Siapkan biji pohon sakura terlebih dahulu, pastikan bahwa benih berasal dari indukan yang berkualitas.
  • Agar merangsang proses perkecambahan benih tanam, rendam biji ke dalam segelas air selama satu hari satu malam.
  • Setelah direndam dalam air gelas jangan langsung di semai, rendam lagi bijinya kedalam larutan fungisida, fungsinya agar biji tidak ditumbuhi jamur
  • Siapkan media tanam campuran dari taha, pupuk kompos, dan pasir dengan perbandingan  2:12: lalu masukkan media tanam kedalam pot.
  • Buat lubang di area media tanam lalu letakkan biji kedalam lubang tersebut lalu timbun kembali dengan media tanam.
  • Bungkus pot tersebut dengan pelastik untuk membantu pentukan akar dan penguapan.
  • Letakkan pot ditempat yang aman dan tidaj terkena paparan sinar matahari secara langsung.
  • Jika akar dan tunas sudah mulai terliha, buka kembali pelastik tersebut lalu lakukan penyiraman secara teratur selama 1 kali sehari.
  • Jika sudah mencapai 5 sm pindahkan pot ke tempat yang terdapat sinar matahari, namun paparannya tidak terlalu panas.
  • Lakukan penyiraman secara berkala dengan satu kali penyiraman dalam sehari. Lakukan juga pemupukan secukupnya, biasanya sebulan sekali.

Cara merawat bunga sakura

Mengingat Indonesia merupakaan Negara yang beriklim hangat, maka akan cukup sulit untuk menanam bunga sakura jika tidak memperhatikan beberapa hal berikut:
  1. Jika semua bunga telah gugur, anda harus harus membuang daun yang sudah tua dari pohon atau  defoliasi agar dapat mendorong tumbuhnya bunga serta daun baru.
  2. pangkas ranting pohon yang tidak diperlukan setelah masa gugurnya seluruh bunga.
  3. Biarkan daun yang gugur disekitar poho sakura, karena dapat menjaga kelembapan tanah dan bisa memberikan nutrisi selain itu juga bisa menjadi pupuk alami.
  4. Hilangkan lumut apabila tumbuh pada batang pohon sakura karena dapat menghambat pertumbuhan pohon tersebut.
Demikianlah ulasan mengenia bunga sakura, informasi menarik dan cara penanamannya,
jangan lupa ikuti terus update postingan kami di server tanamania.
Lihat Juga : 100+ Gambar bunga cantik dan penjelasannya
Terimakasih dan semoga bermanfaat.

0 Comments

Post a Comment