Cara Merawat Buah Naga Agar Cepat Berbuah

Cara merawat buah naga agar cepat berbuah
Gambar buah naga
Buah naga - Setelah ulasan kemarin tentang cara menanam buah naga kali ini saya akan coba mengulas kembali tentang buah nada, namun materi kali ini merupakan lanjutan dari pembahasan sebelumnya.


Kali ini saya akan membahas bagaimana cara merawat buah naga agar cepat berbuah. Oke langsung saja..

Seperti yang kita tau buah naga masih satu keluarga dengan tanaman kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Amerika selatan, Amerika Tengah, dan Meksiko.

Namun saat ini buah naga juga di budidayakan di kawasan  Asia seperti Indonesia, Malaysia, Taiwan Filipina, Sampai Vietnam.

Namun buah ini juga dapat di temukan di Australia utara, Tiongkok selatan, Israel bahkan wilayah paling selatan di negara Jepang.

Sedikit review sejarahnya, tanaman buah naga ini dibawa oleh orang Prancis dari sebuah negara di pesisir utara yang bernama Guanaya ke Vietnam untuk dijadikan tanaman hias pada tahun 1870. 

Namun setelah berbuah, buahnya dianggap membawa berkah oleh orang Vietna dan orang Cina, Oleh sebab itu Buah ini selalu menjadi bagian dari Adat budaya Cina.

Manfaat buah naga

Hylocereus costaricensis merupakan salah satu jenis buah naga yang memiliki segudang manfaat mulai dari batang, daging, hingga kuli buah naga ini, bahkan para ahli juga sangat menyarankan untuk di mengkonsumsi buahnya. Berikut ini beberapa manfaat dari buah naga.
  • Buah naga merah dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kanker, Kandungan Vitamin kompleksnya dapat dimanfaatkan untuk terapi penyembuhan kanker dan sudah di rekomendasikan oleh para dokter
  • Memiliki kandungan Vitamin B3 yang dapat menurunkan kadar kolestrol dan dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit batuk, asma, hingga dapat menetralisir tekanan darah tinggi
  • Kandungan ati oksidan dan Vitaminnya dapat menjaga kesehatan dan stamina.
  • Buah naga mengandung banyak kalsium organik sehingga dapat mencegah penyakit asteoporosis.
  • Buah naga juga bisa membantu menyembuhkan diabetes, karna rasa manis dari buah naga merah mengandung glukosa.
  • cocok juga di konsumsi bagi orang yang sedang menjalankan program diet.

Cara Merawat Buah naga 

Agar buah naga bisa cepat berbuah, berikut beberapa rangkuman hal yang harus di perhatikan dalam Merawat buah naga.

  • Media Tanam

Buah naga menyukai media tanam yang berpasir seperti media tanam yang berasal dari campuran pasir, dan campuran bahan organik seperti kompos, skam dan pupuk kandang sehingga memiliki banyak bahan-bahan organik dan unsur hara.

Jadi, jika anda menginginkan hasil panen yang kualitas, salah satunya perhatikan media tanam yang akan digunakan, jangan lupa perhatikan drainase. Fungsinya agar saat turun hujan, air tidak menggenang dan media tanam bisa cepat mengering.

  • Penyiraman

Sama halnya dengan tanaman kaktus, pohon buah naga juga tidak terlalu membutuhkan bayak air. Maka dari itu penyiramannya tidak usah dilakukan terlalu sering, cukup siram saat musim kemarau saja dengan intensitas 1 kali dalam seminggu, saat pagi atau sore hari.

Hindari penyiraman pada siang hari, karna akan mengakibatkan warna kuning pada area batang sampai-sampai terjadinya pembusukan pada area batang.

Saat tanaman mulai berbunga dan berbuah hingga 30% dari populasi tanaman, penyiraman harus dikurangi, lakukanlah satu kali penyiraman dalam 2 minggu, hal tersebut agar memperlambat dan mencegah pertumbuhan tunas baru, sehingga nutrisi dapat mengalir sepenuhnya ke buah.

Namun perlu di perhatikan pula saat buah sudah membesar, sebaiknya penyiraman dihentikan.

  • Pemupukan 

Hindari pemberian pupuk urea, karena akan merusak kualitas tanaman, bahkan bisa mengakibatkan pembusukan pada tanaman.

cukup berikan pupuk kandang kotoran sapi atau  kotoran kambing. Namun tanaman buah naga cukup rakus akan nutrisi yang tekandung dalam pupuk kandang, sehingga dalam satu pohon membutuhkan 1 karung pupuk kandang.

  • Pemangkasan

Pemangkasan juga sangat penting dilakukan, hal tersebut bertujuan agar meperoleh keseimbangan dalam pembuahan, sehingga nutrisi tidak terbuang percuma.
Lakukan pemangkaan pada batang batang yang kurang produktif.
demikianlah pembahasan mengenai cara merawat buah naga, untuk cara penanamannya bisa baca baca disini .

semoga artikel kali ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda.
terimakasih atas kunjungannya.

0 Comments

Post a comment