Jambu Air : Manfaat, Cara Menanam, Perawatan Dan Informasi Menarik Lainnya

Penjelasan lengkap tentang jambu aur
Gambar jambu air

Jambu Air - buah yang memiliki nama latin Syzygium Ini merupakan Buah yang sangat digemari di Indinesia, pada dasarnya jambu air yang dikenal oleh masyarakat  terbagi menjadi dua yaitu jambu air kecil " Syzygium aqueum ", dan jambu air besar" Syzygium samarangense ". 

diperkirakan Jambu air kecil ini berasan dari Asia tenggara, sedangkan Jambu air besar berasal dari Indonesia. Namun ada juga yang menyebutkan bahwa kedua jenis jambu air ini berasal dari indonesia, dan menyebar ke negara tetangga seperti malaysia dan pulau pulau di samudra fasifik, lalu tersebar luas di kawasan Asia tenggara. 


tanaman ini telah dibudidayakan di berbagai negara seperti jamaika, suriname, Aruba, Bonaire tepatnya pada abad ke 20an, Hingga saat ini jambu air sudah banyak trsebar di kawasan asia tenggara seperti India, Cina, Thailan bahkan hingga Amerika tengah dan amerika selatan.

Ciri khas jambu air

Pada dasarnya jambu air ini berbeda dengan tanaman jambu lain, bukan cuma dari segi rasa, tanaman ini juga memiliki ciri khas yang unik, disini saya akan membagi menjadi 4 yaitu pada bagian Batang, Daun, Bunga serta Buahnya, simak penjelasannya berikut ini.

  • Batang

Batang tanaman ini umumnya berkayu dengan struktur yang kuat dan keras, tekstur permukaan kulit yang kasar, dengan gradasai kulit berwarna coklat dan pertumbuhan yang cenderung tumbuh lurus menjulang ke atas.


  • Daun

Pada dasarnya daun tanaman ini tumbuh di sekitar cabang-cabang dan ranting pohon, memiliki bentuk yang besar dan lonjong dengan bagian tepi ujung yang rata namun, jika dilihat keseluruhan daunnya merimbun memenuhi pohon.

  • Bunga

Bunga jambu air biasanya tumbuh disekitaran ranting dengan ditumbuhi lebih dari satu buah atau tumbuh dengan dompol pada setiap titik tumbuhnya bunga.

memiliki kelopak bunga yang berukuran kecil serta saat bunganya mekar ditumbuhi banyak benang sari, serta menebar harum yang wangi.

  • Buah

Buahnya memiliki banyak variasi, ada yang berwarna hijau, putih, merah, hingga Merah kehijau hijauan. Memiliki kulit buah yang licinm, dan rasanya manis hinga masam dan tentunya menyegarkan, terlebih lagi juka dibuah rujak.

Jika buahnya masih setengah matang, rasanya cenderung manis atau masam serta kesa.
Sebagian besar jenisnya Memiliki biji pada bagian buahnya, namun ada juga yang tidak, itupun tergantung pada jenisnya.

Manfaat Jambu Air

Bukan hanya rasa buahnya yang enak serta dapat menyegarkan, jambu air juga memiliki banyak khasiat, penasaran apa aja..?
Simak penjelasannya berikut ini.

  • Dapat Mencegah Osteoporosis

Seiring bertambahnya usia, pondasi tulangpun akan melemah, namun masalah tersebut bisa diatasi dengan buah jambu.

Buah jambu air merah bisa mencegah Osteoporosis, hal tersebut karena kandungan kalsium dan mineral didalamnya akan memperkuat tulang sehinga dapat terhindar dari Asteoporosis.

  • Mencegah Dehidrasi

Karena buah jambu air mengandung mineral yang melimpah, jadi salah satu khasiatnya bisa mencegah dehidrasi.

Bukan hanya itu, Kandungan serat pada buah ini akan membuat rasa kenyang lebih lama, sehingga jambu air juga bagus untuk menu tambahan diet.

  • Meningkatkan Kesuburan Pria

Dengan kandungan vitamin C yang tinggi jambu air dapat membantu meningkatkan kesuburan pria, kandungan vitamin C pada buah jambu air bekerja sebagai anti oksidan sehingga dapat meningkatkan daya tahan dan menjaga kesehatan tubuh serta sperma yang telah rusah.

  • Melancarkan Pencernaan

Karena kandunga serat dan mineralnya yang banyak, buah ini dapat membantu sistem pencernaan sihingga dapat mengatai Diare, sembelit hingga susah buang air besar.

  • Menghambat Penuaan Dini

Dengan kandungan Vitamin C yang merupakan komposisi utama dalam anti oksidan yang terdapat pada jambu air merah, maka dengan mengkonsumsinya dapat terhindar dari berbagai tanda penuaan dini seperti kulit garis garis halus pada wajah, keripu dan lain-lain 

  • Meregenerasi Kulit

Vitamin dan minerat pada jambu air merupakan kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh agar proses regenerasi semakin maksimal. selain itu sel-sel kulit juga tidak akan menumpuk pada wajah.

  • Mencegah Kangker Payudara

Bagi para wanita Menjaga kesehatan payudara merupakan hal yang sangat penting, jika kurang perhatian maka akan terserang sebuah penyakit yang mematikan yaitu Kangker payudara.

Salah satu cara perawatannya yaitu dengan mengkonsumsi buah jambu air secara teratur.
"Kenapa harus Jambu air.?"
Sebab buah ini rendah akan lemak serta memiliki kandungan vitamin yang dapat membunuh sel payudara kangker dan sangat bermanfaat bagi tubuh.

  • Mencerahkan Kulit

Bagi para wanita yang ingin terlihat bersih dengan kulit yang cerah, kalian bisa mengkonsumsi buah jambu air, terutama jambu air merah. Dengan kandungan vitamin C pada jambu air dapat membatu mencerahkan kulit tubuh dan kulit wajah secara alami.

  • Meremajakan Kulit

Dengan kadungan Vitamin C pada jambu air Ternyata bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, namun juga sangat berguna bagi kecantikan dan meremajakan kulit anda.

  • Mencegah Infeksi Kulit

Selain vitamin c, dan mineral jambu air juga mengandung senyawa anti mikroba dan anti flamantasai yang sangat baik, sehingga kulit akan terhindar dari infeksi pada kulit.


anda bisa mengkonsumsi buah jambu ini tanpa mengupas kulitnya terlebih dahulu, namun tetap harus mencucinya air bersih agar lebih higienis dan sehat tuh di konsumsi.

Cara Penanaman 

Cara menanam jambu air sebetulnya tidak terlalu sulit, Kita bisa mendapatkan bibitnya dengan 2 cara, yaitu dengan cakngkok "Vegetatif" dan ditanam langsung dari biji "Genetatif". Simak ulasannya Berikut ini.

  • Persiapan lahan

Jambu air dapat tumbuh dengan baik di dataran dengan ketinggi antara 5-500 mdpl, Jika ditanam dengan dataran ketinggian lebih dari 500 mdpl, tumbuhnya tanaman akan kurang optimal.

Jambu biji juga membutuhkan intensitas cahaya sekitar 30-80% disetiap harinya dengan kelembapan media tananam antara 50-80%, maka dari itu tanaman ini tumbuh baik di Indonesia, mengingat negara indonesia merupakan kawasan tropis.

  • Pembibitan

Seperti yang telah dijelaskan di atas, cara pembibitan buah jambu Air terbagi menjadi dua yaitu dengan cara "Vegetatif" dan "Genetatif".


penanaman dengan teknik Vegetatif adalah pembibitan dengan tidak menggunakan biji melainkan menggunakan cara lain seperti Cangkok. cara ini cukup efisien dan tidak memakan waktu terlalu lama.


sedangkan Genetatif ialah cara memperbanyak tanaman dengan menggunakan biji sebagai bibitnya, dengan penanaman dengan cara ini cukup memakan waktu yang panjang, muali dari hingga masa panennya tidak sesingkat dengan cara Vegetatif.


Berikut ini saya akan mengulas cara menanam Jambu air dengan teknik vegetatif. 
"Kenapa harus dengan vedetatif.?". Dengan cara vegetatif ini tanaman akan lebih cepat berbuah, karena tanaman sudah memiliki usia sebelumnya dan setidaknya pernah berbuah.

Berbeda dengan cara genetatif yang memakan waktu terlalu lama, bahkan lamanya bisa sampai 10 tahun lebih tapi tanaman masih belum mau berbuah,
hal tersebut sebetulnya bukan hanya pada tanaman jambu air saja, melainkan semua jenis tanaman.


saya memiliki tanaman yang ditanam sekitar 19 tahun lalu, namun saat ini masih belum berbuah. saya juga mempunya tanaman yang ditanam dengan cara vegetatif, dan hanya memerlukan waktu beberapa bulan saja tanaman tersebut sudah berbuah.

Itu sudah cukup membuktikan bagi saya. Berikut beberapa tips dalam pembibitan tanaman dengan cara vegetatif
  1. Pilihlah indukan yang pernah berbuah setidaknya 1-2 kali dan telah berusia 10-15 tahun.
  2. Pilihlah jenis bibit jambu yang enak dan berkualitas baik serta memiliki kesuburan yang bagus, 
  3. batang yang akan dicangkok harus batang yang begus dan tidak cacat.
  4. cangkok pada batang yang tepat hinga akar terlihat banyak dan sudah berwarna kecoklatan.
  5. setelah dua mingu biasanya hasil cangkokan sudah mulai terlihat.
  6. jika akar sudah panjang, potong pada bagian bawah batang yang di cangkok dan jambu siap untuk dijadikan bibit, untuk masa adaptasi, anda bisa menanamnya di polybag terlebih dahulu.




  • Penanaman bibit

Setelah kita mendapatkan bibit jambu air yang akan ditanam, selanjutnya kita harus memindahkan tanaman dari media tanam yang mulanya dari polybag ke media tanam permanen seperti halaman rumah atau perkebunan.

Buatlah lubang dengan kedalaman 60cm dan panjang kali lebarnya 60cm, biarkan lubang tersebut selama 2-3 hari, bisa juga sekalian diberi pupuk kandang sebagai pupuk dasarnya.


jika lubang sudang dibiarkan elama 2-3 hari maka bibit tanam sudah siap dimasukkan kedalam lubang, lalu timbun dengan media tanam yang telah dicampur dengan pupuk kompos, lalu lakukan penyiraman sesaat setelah penanaman. 


Penanaman sebaiknya dilakukan pada siang atau sore hari untuk mengindari pengaruh panasnya sinar matahari. jika penanaman dilakukan pada musim kemarau, penyiraman harus dilakukan pada siang dan sore hari. 

Jika penanaman dilakukan saat musim hujan, usahakan agar tanaman tidak tergenang air terlalu lama, buatlah drainase untuk mengantisipasi hal tersebut.


jika penanaman dilakukan di area perkebunan dan lebih dari satu pohon, sebaiknya buat jarak antara lubang yang satu dengan lubang lainnya dengan jarak 8x8 m agar tanaman tidak saling terhimpit.

Perawatan Tanaman 

untuk tips merawat tanaman buah jambu air simak penjelasannya berikut ini.

  • Penyiraman tanaman

Seperti yang telah dijelaskan di atas, jika musim kemarau penyiraman sebaiknya dilakukan 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari. namun jika sedang musim hujan penyiraman sebaiknya agak dikurangi.

fokuskan perhatian pada mdia tanam agar tidak terlalu digenangi air, jika akar pohon jambu air yang baru di tanamn tergenangi air, jika dibiarkan terlalu lama akan menimbulkan pembusukan pada akar, maka dari itu buatlah drainase untuk meminimalisir pergenanan air pada media tanam.

  • Pemupukan tanaman

Agar tanaman ini memiliki kualtas yang bagus tentu memerlukan pemupukan dalam perawatannya,Lakukan pemupukan minimal 2 kali dalam setahun, namun lebih bagus lagi jika penanaman dilakukan setiap 3 bulan sekali atau 4 kali dalam satu tahun.

Pemupukan dilakukan dengan cara menggali lubang di area tumbunya pohon dengan jarak 1 meter, atau bisa juga dengan ditabut di sekeliling tanaman, lakukan pemupukan tersebut dengan menggunakan pupuk kompos.

  • Pemangkasan

Agar jambu air dapar berbuah melimpah maka tanaman harus terbentuk dulu tajuk baru sehingga dapat menghasilkan kanopi yang sempurna, maka dari itu lakukan pemangkasan untuk memenuhi kebutuhan itu semua. selain itu, pemangkasan dilakukan agar tanaman tidak terlalu rimbun dan menghalang pembuahan.


Masa Panen

jika tanaman sudah mulai berbunga maka lakukan pembungkusan agar tidak diserang oleh hama seperti ulat dan lain-lain, tanaman jambu air yang bibitnya didapat dari hasil cangkok akan berbuah setelah berusia 5-12 bulan pasca penanaman. jambu air umbumnya dapat berbuah 2 kali dalam setahun.

Mengingat pohonnya masih kecil pada usia 8-12bulan buahnya  tidak terlalu banyak, tapi seiring berjalannya waktu buahnya akan lebat pada tahun kedua dan seterusnya.

Demiianlah ulasan mengenai Informasi Menarik Seputar Jambu Air kali ini.
Jangan lupa ikuti terus update postingan kami selanjutnya. semoga bermanfaat. :)

0 Comments

Post a Comment