Jenis-Jenis Sayuran Yang Mengandung Kalsium Tinggi


Kalsium merupakan kandungan mineral yang jumlahnya peling banyak dibandingkan mineral-mineral lain yang terkandung dalam tubuh kita.
kalsium adalah sebuah elemen kimia dengan simbol Ca dan nomor atom 20, dengan mempunyai masa atom 40.078 amu. 
Kalsium juga merupakan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, Sumber kalsium paling umum biasanya terdapat pada susu, namun ada juga beragam makanan yang mengandung kalsium tinggi.
susu merupakan sumber kalsium yang sangat tinggi, tapi bagaimana jiga kita tidak menyukai susu.?
Tidak usah panik, tidak usah khawatir, anda bisa mengkonsumsi bebrapa sayuran yang mengandung kalsium tinggi. berikut ulasannya. 

Baca juga : Buah naga dengan segudang manfaat

Sayuran yang mengandung kalsium

Ternyata sayuran yang sering kita konsumsi mengandung kalsium tinggi, penasaran apa saja..?
Berikut ini daftar sayuran yang mengandung kalsium tinggi.

  • Lobak



Lobak merupakan tanaman yang termasuk kedalam silsilah keluarga Crucifarae. Bentuk Umbi lobak pada umunya seperti wortol, tapi perbedaannya terletak pada kulit dan dagingnya yang berwarna putih.   
Sayura yang menjadi bahan pelengkap soto atau acar ini sangat bermanfaat bagi kebutuhan kalsiun kita sehari-hari. Sayuran lobang mengandung 200 mg kalsium perbatangnya. 

  • Kol



Kubis, atau kol merupakan salah satu jenis sayuran yang populer di indosedia, Memiliki nama latin Brassica oleracea var yang termasuk kedalam jenis sayuran Cruciferous atau tanaman col dari marga Brassica dan keluarga Cruciferae 
Kol atau kubis inimemiliki kandundungan kalsium yang cukup tinggi yaitu 90 mg kalsium

  • Kangkung



Kangkung merupakan jenis sayur-sayuran daun yang sengaja ditanam untuk dijadikan makanan. ketersediaannya pun cukup banyak dipasar untuk di perjual belikan
Sayuran hijau yang satu ini bukan hanya memiliki serat yang tunggi, tapi juga mengandung kalsium tinggi yang sangat baik untuk kesehatan kita.
Simak cara budidaya kangkung hidroponik Disini

  • Brokoli



Brokoli merupakan sayuran hijau yang sangat digemari oleh masyarakat, memiliki nama latin Brassica oleraceae merupakan jenis sayuran yang termasuk kedalam jenid kubis-kubisan atau Brassicaceae. Sama halnya dengan jenis sayuran hijau lain yang memiliki serat yang tinggi, serta ditanam untuk dijadikan makanan, brokoli juga mengandung kalsium yang tinggi, yaitu sebanyak 180mg  

  • pakcoy



Pakcoy atau bak coy ini merupakan salah satu sayuran yang cukup terkenal di indonesia, memiliki nama latin Brassica rapa merupakan sayuran yang dikenal pula sebagai sawi sendok, tanaman ini mudah dibudidayaan dan dapat dikonsumsi langsung dalam keadaan segar maupun diolah mejadi asinan.
pakcoy atau bak choy memiliki kandungan serat yang tinggi serta memiliki kalsium yang tinggi pula, kandungan kalsiumnya kurang lebih sebanyak 74mg

  • bayam


Sama halnya dengan sayuran hijau lain, baya juga sengaja ditanam untuk dijadikan makanan. Memiliki nama latin Amaranthus merupakan tanaman yang berasal dari Amerika tropik, namun sekarang sudah banyak tersebar diberbagai Negara.   
Bayam merupakan tanaman hijau yang dapat ditemukan dimana saja, bahkan tanaman ini dapat tumbuh liar di pekarangan rumah, 
Bayan ternyata memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi yaitu hingga 200 gm kasium, yang tentu saja akan sangat bermanfaat untuk kebutukan manusia.

Baca juga : Jenis-jenis tanaman hidroponik yang cepat panen

demikianlah ualasan mengenai sayuran yang mengandung kalsium tinggi. Semoga bermanfaat

0 Comments

Post a comment