Pupuk NPK : Pengertian, Keunggulan, Manfaat Dan Cara Penggunaannya

Pupuk NPK : Pengertian, Keunggulan, Manfaat Dan Cara Penggunaannya
pupuk npk mutiara
Pupuk NPK MutiaraSiapa sih yang tidak mengenal pupuk jenis ini, Pupuk NPK mutiara atau pupuk biru ini cukup  Terkenal dan Populer dikalangan para petani Pangan hingga Perkebunan.

Pada kesempatan kali ini saya akan coba mengulas mengenai kandungan, fungsi, manfaat serta penggunaan pupuk NPK Mutiara untuk tanaman agar dapat menjawab pertanyaan kita  seputar apa itu pupuk NPK.

Serta dapat mengetahui jenis pupuk yang terbaik untuk diaplikasikan pada tanaman. Pupuk NPK merupakan golongan jenis pupuk buatan atau anorganik yang  mengandung lebih dari satu unsur atau  bersifat majemuk, berbentuk butiran dan berwarna biru.

Pupuk NPK mutiara ini dibuat melalui proses Odda dalam pelarutan batuan fosfat menggunakan asam nitrat.  Jenis pupuk NPK mutiara ini mengandung sekitar 16 % Nitrogen, 16 % P2O5 "Phospate", 16 % K2O "Kalium", 0,5 % Magnesium, 6 % Kalsium dan kerena banyak kandungan unsur dalam jenis pupuk ini terkenal dengan istilah pupuk NPK 16-16-16.

Harga pupuk NPK Mutiara di pasaran terbilang cukup mahal, pupuk ini tergolong jenis pupuk impor dari luar negri yaitu dari Norwegia. Harga pupuk NPK Mutiara ini, dapat mencapai IDR 12.000 hingga 15.000/kgnya, harga dalam 1 Saknya kisaran harga  Rp.600.000.

Meski begitu, ternyata pupuk  jenis ini sangat laku terjual  dipasaran dan banyak di cari para petani, karena kandungan formulanya  lebih ngefek pada tanaman dibandingkan jenis pupuk dalam negeri.

Keunggulan Dan Manfaat Pupuk NPK Mutiara

selain formulanya lebih berpengaruk pada tanaman, berikut ini kadungan dan fungsi yang terkandun pada pupuk NPK.

  • Keunggulan

Keunggulan Pupuk NPK Mutiara Antara Lain dapat  Menjaga keseimbangan unsur hara makro yaitu Nitrogen, Phospor, Kalsium dan unsur hara mikro yaitu Kalsium,  Magnesium, Mangaan, Besi (Fe), Belerang,Tembaga, Seng (Zn) Boron (Bo) dan Molibden.

bukan itu saja pupuk ini juga Memiliki kandungan unsur hara mikro seperti CaO dan MgO sebagai unsur hara pelengkap yang  dibutuhkan oleh tanaman.

  • Manfaat Pupuk NPK Mutiara

  1. Pupuk NPK Mutiara berfungsi untuk mempercepat, memperbanyak, memperkuat, serta memperpanjang akar pada tanaman, sehingga akar bisa dengan mudah menyerap hara pada tanah selain itu pupuk ini juga dapat mempercepat pertumbuhan tunas pada tanaman.
  2. Mempercepat pertumbuhan tunas dan mencegah tanaman menjadi kerdil, serta dapat  mencegah  kerontokan bunga dan buah pada tanaman  dan meningkatkan Produktivitas, sehingga dapat meningkatkan hasil panen.
  3. Pupuk ini memiliki reaksi ke tanaman yang cepat mudah diserap dan dapat serap oleh setiap tanaman manfaat hebat dari pupuk NPK mutiara ini.
  4. Membantu proses fotosintesis tanaman dalam membentuk zat gula, tepung dan protein lebih meningkat.
  5. Penggunaan pupuk NPK Mutiara ini tidak hanya dalam pengunaan dan pengaplikasi tanaman tertentu, namun dapat juga diberikan untuk tanaman pangan, hortikultura, ataupun perkebunan. 

Cara Penggunaan Pupuk NPK Mutiara

pada dasarnya pemberian pupuk dibagi menjadi dua yaitu penggunaan pupuk dasar dan penggunaan pupuk susulan, simak cara penggunaan Pupuk NPK berikut ini.
  

Pemberian Pupuk Dasar

  • Penggunaan untuk sayuran
Sebagai pupuk dasar pada tanaman sayuran buah, pupuk NPK Mutiara dapat digunakan dengan cara ditaburkan secara merata pada bedengan, kemudian bedengan ditimbun dengan tanah tipis, kurang lebih 3-5 cm atau dicampur agar menyatu dengan tanah.

Cara ini dilakukan agar pupuk NPK tidak hanyut terbawaa arus air hujan atau menguap saat matahri terik, sehingga pemakaian pupuk bisa lebih efektif.

  • Penggunaan pupuk untuk tanaman umbi
Penggunaan pupuk NPK Mutiara sebagai pupuk dasar pada tanaman umbi seperti bawang merah, bawang putih, kentang, wortel dan sejenisnya juga dilakukan dengan cara ditaburkan pada bedengan sebelum masa penanaman.

Penanaman bibit dilakukan 10-15 hari setelah penaburan, menyatu hal tersebut dilakukan supaya pupuk dapat menyatu terlebih dahulu dengan tanah dan tidak meracuni tanaman. Hal ini berlaku untuk semua jenis tanaman hortikultura.

Pemberian pupuk susulan 

Penggunaan pupuk NPK susulan untuk tanaman cabai, terung, tomat, kacang panjang dan sejenisnya, dapat  dilakukan dengan cara ditabur disekeliling batang tanaman dengan jarak antara 10 cm dari pangkal batang.

Semakin banyak umur tanaman jarak pemupukan semakin diperlebar supaya tanaman tidak keracunan dan akar tanaman tidak membusuk, meskipun tidak menyebabkan tanaman mati, tetapi yang jelas dapat menghambat pertumbuhan tanaman.

Setelah penaburan pupuk selesai sebaiknya timbun dengan tanah "Pendangiran". Namun jika anda menggunakan mulsa, anda tidak perlu melakukan pendangiran. Bagi yang tidak tau apa itu pendangiran, Pendangiran yaitu menutup pupuk dengan tanah supaya tidak hanyut dan meguap ke udara sekaligus menghambat pertumbuhan gulma.

Pemupukan NPK Mutiara dengan cara ditabur bisa dilakukan setiap 20-30 hari sekali, Pendangiran ini harus dilakukan setiap kali melakukan pemupukan. Pengaplikasian pupuk dengan cara ditabur sebaiknya dilakukan ketika tanah dalam keadaan basah atau setelah turun hujan turun.
Baca juga : Jenis sayuran yang mengandung kalsium tinggi
Demikianlah ulasan mengenai Keunggulan dan Fungsi pupuk NPK lengap dengan cara penggunaannya, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan ajukan dalam kolom komentar dan jangan lupa ikuti terus update postingan kami disini.


Terimakasih dan semoga bermanfaat.

0 Comments

Post a comment