Tanaman Perdu : Pengertian Tanaman Perdu Dan Jenis-Jenisnya

Tanaman Perdu - saat pertama kali kita mendengar kata perdu, tentu akan terlintas di benak kita pertanyaan mengenai perdu itu sendiri.

Nah, jika anda baru mendengar kata tanaman perdu, lalu terlintas sebuah pertanyaan "apa itu tanaman perdu ?", anda berada di artikel yang tepat.

Karena di sini saya akan menjelaskan dan mendeskripsikan  pengertian perdu dan jenis-jenis tanaman perdu yang cocok untuk dijadikan tanaman hias.

Simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian tanaman perdu

Tanaman perdu
Tanaman perdu
Tanaman perdu adalah tanaman yang tumbuh rendah dekat dengan permukaan tanah, pohonnya  cenderung berkayu, bercabang-cabang dan tidak mempunyai bentuk batang yang tegak. 

Perdu juga merupakan nama untuk sekelompok tanaman semak yang tumbuhnya kurang dari 6 meter atau 20 kaki, ciri-cirinya berukuran kecil, seperti semak yang rendah.

Selain itu, biasanya tanaman perdu tumbuh kurang dari 2 m, seperti lavender, melati, dan varietas tanaman yang tumbuh kecil lainnya.

Sedangkan tanaman Bunga mawar, dan Bunga Bougenville juga merupakan tanaman semak atau perdu yang pohonnya tinggi.
Jadi kesimpulannya adalah, perdu merupakan tanaman yang cenderung bentuknya seperti semak semak, memiliki batang dan ranting yang tumbuhnya berdekatan dan batang pohonnya tidak tegak.

Baca juga : Jenis-jenis bunga anggrek beserta gambarnya

Jenis jenis tanaman hias perdu

berikut ini merupakan jenis-jenis tanaman hias perdu atau tanaman semak hias yang harus anda ketahui, yuk simak.

Melati putih

Bunga melati merupakan tanaman perdu yang tumbuhnya bisa mencapai 4 meter, sedangkan melati yang merambat panjangnya bisa mencapai hingga 9 meter.

Meski panjangnya 9 meter bunga melati yang merambat ini cenderung mengunduk seperti tanaman yang merambat pada umunya.

Di artikel sebelumnya, saya sudah menjelaskan pengertian dan Jenis-jenis bunga melati, anda bisa membacanya di artikel tersebut.

Sikat botol merah

Memiliki nama latin Callistemon citrinus.  Callistemon memiliki arti benang sari yang indah, sedangkan citrinus berarti berbau lemon. Bunga sikat botol merah ini memiliki lebih dari 30 jenis dari marga Callistemon dan termasuk dalam suku jambu-jambuan.

marga ini dibudidayakan secara luas di kawasan tropis terutanam di daerah Australia, Amerika selatan dan daerah tropis lainnya di kawasan Asia, namun saat ini sudah tersebar di seluruh dunia.

Magnolia grandiflora

Magnolia grandiflora adalah pohon dari marga Magnoleaceae yang asalnya dari amerika serikat bagian tenggara, gabian barat texas dan Carolina utara hingga Florida tengah.

Namun bukan berarti tanaman ini tidak tersedia di indonesia, pasalnya bunga Magnolia ini juga tersebar di kawasan Asia Tenggara dan Asia timur.

Bunga Bougenville

Bougenville atau yang biasa disebut dengan bunga kertas ini memiliki tekstur bunga yang hampir serupa dengan kertas yaitu ringan dan tipis, Keindahan tanaman ini yaitu dari seludang bunganya yang berwarna serah.

Meski berasal dari Amerika selatan, bunga kertas ini sangat populer di Indonesia. Eksistensinya pun sudah tersebar di berbagai daerah.

Tanaman Mirten

Tanaman Mirten ini memiliki nama latin Malphigia caccigera merupakan salah satu jenis tanaman perdu yang berasal dari Hindia belanda.

Jenis tanaman ini dapat di simpan di dalam maupun di luar ruangan, tanaman Mirten ini juga sering dijadikan tanaman hias bonsai oleh para pencinta tanaman karena memiliki Karakter batang yang tidak begitu besar tapi keras, serta memiliki ranting yang menjulur dan memanjang.

Cara perawatannya pun tidaklah sulit, sama seperti tanaman hias perdu lainnya yang tidak memiliki proses yang rumit.

Bunga soka

Bunga soka adalah tanaman yang dianggap suci oleh agama hindu, Tanaman ini sering di asosiasikan dengan cinta dan kesucian.

Namun taukan anda, ternyata  bunga soka memiliki keunikan tersendiri yaitu bunganya yang dapat mengeluarkan bau yang harum pada malam hari pada bulan April dan Mei di setiap tahun.

Oleander

Oleander atau bunga jepun merupakan tanaman perdu yang berasal dari Afrika bagian utara, bagian timur Maditerania, dan Asia tenggara, Oleander merupakan salah satu jenis perdu dari marga Apocynaceae yang dapat menghasilkan bunga di sepanjang tahunnya.

Rembosa mini

Rembosa mini merupakan Tanaman hias perdu dengan kuntum bunga kecil berwarna putih serta indah sehingga sedap dpandang mata.

Tanaman yang satu ini banyak di perjual belikan di pasaran, Beberapa jenis rombusa mini seperti Rombusa mini hijau, kuning, golden, serta silver sering kali di hadir di pasaran.

Bromelia

Bromelia merupakan salah satu tanaman yang populer dari marga Bromeliaceae yang terdiri dari 3000 spesies tanaman dan ratusan hingga ribuan hasil persilangan antara dua atau lebih populasi yang berbeda, atau yang biasa disebut dengan hibrida.

Sebagian besar tanaman jenis ini berasal dari Amerika namun tercatat hanya satu jenis habitat yang tumbuh di Afrika yaitu Pitcairnia feliciana.

Bunga yang masih satu marga dengan nanas ini sering hadir di kawasan wisata karena sebagian besar keluarganya merupakan tanaman hias perdu.

Keunikan tanaman yang satu ini terletak pada daunnya yang hampir menyerupai daun nanas yang melebar ke atas, serta memiliki aksen warna merah dan gradasi warna hijau.

Bromelia bisa tumbuh hingga ketinggian mencapai 10 meter namun masik termasuk kedalam jenis tanaman perdu, perawatannya pun sama seperti tanaman semak hias lainnya

Kembang sepatu

Kembang sepatu merupakan tanaman semak dari marga Malvaceae yang berasal dari Asia timur dan habitatnya banyak di buddidaya di kawasan tropis dan subtropis sebagai tanaman hias, memiliki ciri bentuk bunga yang besar, berwarna merah dan tidak berbau.
Baca juga : Bunga sepatu : Gambar, jenis, cara menanam dan perawatannya
Demikian pembahasan mengenai tanaman perdu dan beberapa jenis tanaman hias perdu. Sebenarnya masih banyak lagi tanaman semak lainnya, nanti akan saya bahas kembali di artikel saya selanjutnya. 

Setelah membaca artikel ini, saya harap pertanyaan anda terkait "Apa itu tanaman perdu" bisa terjawabkan dan rasa penasaran anda sudah lega. 

terimakasih atas perhatiannya. Semoga bermanfaat.

0 Comments

Post a comment