Budidaya Durian : Cara Menanam Dan Merawat Durian Montong

panduan lengkap budidaya durian montong
budidaya durian montong
Durian montong atau yang dituliskan dengan kata monthong ini merupakan jenis buah buahan yang termasuk kedalam marga Durino zibethinus.  Durino zibethinus sendiri merupakan salah satu jenis durian yang unggul dan popular di asia dan tidak terkecuali di indonesia, jika diliha dari ukurannya dan rasanya, buah durian termasuk durian yang unggul, itulah mengapa masyarakat indonesia gemar mengkonsumsi durian.

Buah yang dijuluki king of fruit ini merupakan buah asli dari berbagai negara di asia tenggara yang umumnya beriklim tropis seperti Indonesia, Malaysia, Thailand. Di Indonsia sendiri terdapat lebih dari 20 jenis buah durian dalan salah satu di antaranya yaitu jenis Montong. 

Saking popularnya durian monthong, eksistensinya pun banyak tersebar di berbagai daerah di indonesia, 
Di pembahasan kali ini pun saya akan mengulas pembahasan seputar durian monthong, mulai dari karakteristik, cara tanam hingga penanamannya. Berikut ulasannya.

Karakteristik buah

Bagi anda yang ingin membudidayakan buah durian jenis montong, tentunya ada beberapa hal yang perlu di lakukan termasuk pdkt pada tanaman.

Buah yang di juluki king of fruit ini memiliki rasa yang legit dan aroma yang hkas dan menyenga sehingga banyak yang menyukai buah durian terutama jenis monthong, Meski tidak semua orang menyukainya.

Durian monthong merupakan salah satu jenis durian dari indonesia yang unggul, dan banyak yang meyakini bahwa rasanya lebih enak dan nikmat dibandingkan durian jenis lain. Selain itu harganya yang tergolong mahal menjadikan tanaman ini banyak dibudidayakan oleh para petani buah.

jika anda ingin menanam buah durian jenis ini, sebaiknya kenali dulu karakteristik buahnya sebelum melakukan penanaman, agar anda tidak salah menanam jenis pohon. Karakter buah durian monthong antara lain :

  • Buah

kulit dari buah montong memiliki 4-5 alur dan berdiri, memiliki ketebalan kulit berkisar antara 4-6mm, Sedangkan jumlah ponggenya berkisar antara 5-15 dengan biji berbentuk oval.

tanaman durian jenis ini juga tergolong produktif, dalam usia 7 tahun tanaman sudah bisa menghasilkan buah sekitar 20an bahkan hingga 30 dalam satu pohon.

  • Bunga

Buga durian monthong memiliki ciri khas warna putih kekuning-kuningan , dalam satu ruas, ada sekitar 2-3 bunga.

  • Batang tanaman

sama halnya dengan varetas lainnya, tanaman buah durian montong tingginya bisa mencapai 5 hingga 9 meter dengan tajuk pohon selebar 2 sampai 4 meter. Selai itu banyak batang yang tumbuh ke samping sehingga tanaman ini termasuk pohon yang rindang dengan batang yang berwarna coklat.

  • Kulit

jika ditelaah lebih dalam lagi, buah ini memiliki kulit yang berwarna hijau kekuning kuningan setiap satuan uah memiliki bobot sekitar 3-5 kg.

  • Daging

Buahnya memiliki ciri khas berwarna kunig saat matang, dengan kulit buah agar kering dan tebal serta kuran berminyak, jika diteaah dari segi rasa, daging buahnya sangat manis dan teksturnya lembut disertai aroma yang tajam.

Budidaya Durian Monthong

Saat ini penggemar durian bukan hanya bisa membeli buahnya saja, namun mereka juga menanam sendiri durian monthong di halaman rumah atau di kebun. hal tersebut dikarenakan Kondisi tanah dan iklim di Indonesia sanagt cocok untuk budidaya durian.

Dibawah ini saya sudah rangkumkan beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan dalam penanaman buah durian. Simak ulasannya berikut ini

  • Pemilihan bibit

Tahapan awal yang harus anda lakukan sebelum melakukan penanaman ialah melakukan pemilihan bibit. Hal tersebut jangan dianggap sepele, karena pemilihan bibit durian montong akan mempengaruhi ketahanan pohon terhadap penyakit, kualitas buah, hingga percepatan masa panen.

Jika kita tidak melakukan langkah pertama ini, bisa saja setelah tanaman durian ditangan kita, lalu baru ditanam beberapa hari bibit tersebut mati karena menyimpan berbagai penyakit yang tidak kita ketaui. intinya, anda jangan tertipu oleh penjual yang menipu.

Pilih jenis bibit dari varietas unggul yang bagus dan layak tanam.  Selain itu pastikn bibit diambil dari indukan yang betul-betul berkualitas, karena point pertamanya adalah, faktor genetik.

Selain vegetative, bibit durian bisa didapat juga dari pembibitan generative. Tentunya cara ini memanfaatkan biji buah durian dari indukan yang berkualitas dan tidak cacat. Untuk mengetahui biji tersebut layak tanam atau tidak, maka taruhlah di dalam air.

Calon benih yang baik saat direndam harus benar-benar tenggelam. Jika bibit tersebut mengambang, itu artinya ada bagian dalam biji yang keropos yang menandakan kualitasnya jelek dan tidak layak tanam.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah pemilihan lahan. Pohon durian bisa ditanam di dalam pot atau polybag. Namun perkembangannya akan lebih bagus dan optimal jika ditanam di lahan luas atau kebun.

Alasannya ialah agar akar bisa tumbuh optimal dan berkembang dengan baik, selain itu akar juga akan menjalar. Dengan demikian, tanaman akan lebih tercukup nutrisinya untuk produksi buah dan bunga pada pohon sehingga lebih optimal.

  • Cara tanam

Untuk melakukan penanaman bibit buah durian, Ada langkah-langkah penting lainnya yang harus anda lakukan yaitu harus menggemburkan media tanam terlebih dahulu. untuk menggunakannya anda bisa mengunakan cangkul untuk membuat tanahnya mejadi gembur, lalu buat lubang untuk ditanami. Kemudian, beri pupuk kandang pada tanah tersebut agar makin subur. Alangkah baiknya jika lubang di biarkan beberapa hari terlebih dahulu. 

Untuk Penggunaan pupuknya gunakan pupuk organik berupa pupuk kandang atau kompos di atas media tanamnya, dengan begitu pupuk akan menyebabkan perubahan tekstur dan nutrisi pada tanah.

Selain itu, anda juga harus memperhatikan kelembaban tanah, jangan sampai tanah untuk penanaman bibit terlalu kering.  Sebaiknya akukan penyiraman agar tanah menjadi lembab.

Seperti yang dijelaskan diatas, sebaiknya biarkan tanah selama dua minggu sebelum bibit dimasukkan ke lubang tanam. Selama menunggu, siramlah media tanam secara teratur, lakukan penyiraman 2 kali sehari untuk menyuburkan tanah.

Jika media tanam / tanah sudah siap, maka robek dengan hati-hati polybag pada bibit tersebut. Lakukan dengan hati hati agar akar tidak rusak. Lalu masukkan bibit beserta tanah tempat akar tumbuh dengan hati-hati. Dan pastikan tanaman tegak untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman.

  • Perawatan

Setelah kita melakukan penanaman, tentunya harapan kita bibit yang kita tanam memiliki kualitas yang baik. Namu jika ingin memiliki hasil yang maksimal, tentunya kita harus melakukan perawatan. Anda tidak perlu pusing pusing.

Perawatan tanaman ini sangat sederhana, dan tidak perlu rumit, perawatannya sendiri hampir sama dengan perawatan tanaman buah lain. Beberapa hal yang perlu anda perhatikan antara lain :

    • Penyiraman rutin

Kelembaban tanah sangat penting untuk proses tumbuh dan kembang tanaman durian. Lakukan penyiraman sejak awal pertumbuhan sampai tanaman berbuah dan siap panen. Penyiraman paling baik dilakukan di pagi hari.

    • Pemangkasan

Langkah pemangkasan dilakukan pada pucuk air atau cabang yang mati karena terserang hama dan penyakit.

    • Pemupukan

Langkah ini dilakukan untuk menyuplai nutrisi bagi tumbuh kembang tanaman durian monthong. Bukan hanya awal penanaman bibit durian montong, namun pemupukan dilakukan saat pohon ini mulai berbunga dan berbuah.

Pupuk kandang diberikan setahun sekali pada awal musim kemarau atau pada akhir musim hujan. Berikan pupuk lain yang bisa menutrisi tanaman lebih baik lagi jika perlu.

    • Penyerbukan

Ternyata, tidak semua bunga yang mekar akan berhasil menjadi buah durian. Hal ini disebabkan, bunga durian mekar pada sore hingga malam hari. Pada saat itulah, tidak banyak serangga yang membantu penyerbukan. Maka, untuk budidaya durian montong, petani perlu melakukan penyerbukan buatan.

Tips memilih bibit

Seperti yang telah dijelaskan di atas,  yang pertama harus kita perhatikan adalah kualitas indukan. Seperti yang sering saya jelaskan di artike-artikel lain. 

Faktor genetik pada sebuah bibit sangatlah memperngaruhi kualitas dalam masa panennya kelak. Jika syarat pertama yaitu faktor genetik telah terpenuhi anda hanya perlu memperhatikan beberapa hal dibawah ini.
  1. Perhatikan bahwa Bibit harus terbebas dari berbagai penyakit tanaman 
  2. pilihlah bibit yang sudah siap di tanaman, Umur bibit yang siap setidaknya sudah berusia 6 bulan hingga 1 tahun
  3. perhatikan perbatangannya, jika batang bibit lurus, itu bisa menjadi penanda bahwa proses penyambungan atau okulasi dari bibit tersebut berhasil dilakukan dengan sempurna, biasanya batang yang lurus dicangkok dari calon batang yang baru tumbuh di indukan. Batang yang lurus bisa menyalurkan nutrisi dengan baik.
  4. perhatikan varetas durian yang akan kita cari, jenis bibit harus sesuai dengan cici varietasnya. Bisa dipastikan jika bibit tersebut memang terjamin dari indukan yang berkualitas.
  5. lihat juga kesesuaian antara tinggi bibit dan besar perbatangannya. Pastikan diameter batang bibit harus sesuai dengan tinggi dari bibit.
  6. Kondisi bibit haruslah sehat. pastikan dalam memilih bibit durian unggul, tidak ada bekas serangan hama maupun tidak pernah ada riwayat penyakit yang menjangkit bibit durian ini.
  7. Ketinggian bibit sekita 1-1,5 m.
  8. Dalam memilih bibit durian yang unggul, pastikan juga pertumbuhan cabang yang mengarah ke samping harus merata, apabila pertumbuhan cabang tersebut tidak merata, maka pertumbuhannya tidak bisa tegak.
  9. Dapatkan bibit durian dari penjual atau reseller yang terpercaya.
Pilihlah bibit durian yang bagian atas dan bawah batangnya berukuran sama. Bibit buah durian yang baik pasti memiliki kerak pada bagian batangnya, layaknya pohon durian yang sudah dewasa.
Demikianlah pembahasan kali ini, semoga dapat menambah wawasan pembaca.
semoga bermanfaat
terimakasih  

0 Comments

Post a comment