Budidaya Durian : Tips Memilih Bibit Pohon Durian Unggul

Budidaya durian | Siapa sihh yang tidak mengenal buah yang mmiliki aroma khas dan menyengat ini..? buah durian ini merupakan tanaman yang sangat populer di dunia, dengan rasanya yang legit dan baunya yang khas serta menyengat menjadikan buah ini banyak digandrungi oleh para masyarakat di berbagai negara.
Selain itu banyak juga masyarakat yang tidak menyukai buah durian dengan berbagai alasan, karna fobia lahh, baunya yang menyengat, hingga baunya bikin pusing.
Namun dikarenakan banyaknya jumlah orang yang menyukainya, maka buah durian ini banyak dibudiayakan di berbagai daerah di dunia, termasuk di Indonesia.

Nah..jika anda salah satu di antaranya, dan ingin membudidayakan di halaman rumah atau kebun anda, tentunya anda harus memilih bibit yang berkualitas, jika anda bingun dengan spesifikasi bibit durian yang berkualitas, anda tidak usah khawatir, disini saya akan membagikan tips untuk memilih bibi pohon durian yang berkualitas dan unggul.

Namun sebelum ke inti pembahaan, sebaiknya kita simak terlebih dahulu ulasan mengenai durian secara terperinci.

berikut ulasannya.

Mengenal Durian 

budidaya durian
Bibit pohon durian
Durian Merupakan nama tumbuhan tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara, sekaligus buah yang bisa dimakan. Nama durian  ini diambil dari kata "Duri" dan tambahan "an" yang terinspirasi dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. Sebutan populernya adalah "raja dari segala buah" atau "King of fruit"

Sesungguhnya, tumbuhan dengan nama durian bukanlah spesies tunggal tetapi sekelompok tumbuhan dari marga Durio. Di indonesia sendiri Jenis-jenis durian sebetulnya ada banyak varian dan semua jenis-jenisnya bisa dijumpai di pasaran. 

Jenis jenis durian tersebut andara lain Durian Montong, Durian Mimang, Durian Matahari, Durian Lay, Durian Bubur, Durian Bokor, Durian Ajimah, Durian Bawor, Durian Petruk, Durian Candimulyo. Sedangkan durian jenis musang king merupakan jenis durian yang popular dari malaysia. Masing-masing jenisnya akan saya bahas di artikel lain.

Tips memilih bibit


Tentunya yang pertama harus kita perhatikan adalah kualitas indukan. Seperti yang sering saya jelaskan di artike-artikel sebelumnya, faktor genetik sangatlah memperngaruhi kualitas anakan atau bibit.

Jika syarat pertama yaitu faktor genetik telah terpenuhi anda hanya perlu memperhatikan beberapa hal dibawah ini.
  1. Perhatikan bahwa Bibit harus terbebas dari berbagai penyakit tanaman 
  2. perhatikan perbatangannya, jika batang bibit lurus, itu bisa menjadi penanda bahwa proses penyambungan atau okulasi dari bibit tersebut berhasil dilakukan dengan sempurna, biasanya batang yang lurus dicangkok dari calon batang yang baru tumbuh di indukan. Batang yang lurus bisa menyalurkan nutrisi dengan baik.
  3. perhatikan varetas durian yang akan kita cari, jenis bibit harus sesuai dengan cici varietasnya. Bisa dipastikan jika bibit tersebut memang terjamin dari indukan yang berkualitas.
  4. lihat juga kesesuaian antara tinggi bibit dan besar perbatangannya. Pastikan diameter batang bibit harus sesuai dengan tinggi dari bibit.
  5. Kondisi bibit haruslah sehat. pastikan dalam memilih bibit durian unggul, tidak ada bekas serangan hama maupun tidak pernah ada riwayat penyakit yang menjangkit bibit durian ini.
  6. Dalam memilih bibit durian yang unggul, pastikan juga pertumbuhan cabang yang mengarah ke samping harus merata, apabila pertumbuhan cabang tersebut tidak merata, maka pertumbuhannya tidak bisa tegak.
Pilihlah bibit durian yang bagian atas dan bawah batangnya berukuran sama

Bibit buah durian yang baik pasti memiliki kerak pada bagian batangnya, layaknya pohon durian yang sudah dewasa.
Baca juga : Cara mudah menanam dan merawat cabe rawit agar berbuah lebat
Demikianlah ulasan mengenai tips memilih bibit durian yang berkualitas, Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat bagi pembaca.

terimakasih dan semoga bermanfaat

0 Comments

Post a Comment