Bunga Bougenville : Jenis Jenis Bunga Kertas Dan Gambarnya

Bunga Bougenvile - Sebelumnya saya sudah mengulas tuntas tentang bunga kertas di artikel saya yang lain.

Namun di artikel kali ini saya akan coba ulas kembali namun pembahasan kali ini lebih ke pembahasan jenis-jenisnya yang bisa dijadikan bonsai. Oke langsung saja.




Pengertian Bunga Bougenville

Gambar bunga bougenville
Gambar bunga bougenville
Bougenville atau yang biasa disebut dengan bunga kertas ini merupakan tanaman hias yang eksistensinya sudahcukup populer di kalangan masyarakat dan tersebar luas di berbagai wilayah di indonesia.

ketika kita mendengar nama Bunga bougenville pasti yang tersirat di fikiran kita adalah sebuah bunga yang warnanya mencolok dengan ukuran dan bentuk hampir sama seperti daunnya. 

Namun apa kamu tahu bahwa yang dianggap bunga tersebut merupakan seludang dan bunganya sendiri sebetulnya memiliki bentuk yang sangat kecil dan terletak ada di tengah seludangnya.

Sedudang sendiri merupakan daun pelindung bunga, yang cenderung berukuran besar, fungsinya menyelubungi seluruh bunga majemuk saat bunga belum mekar. Seludang bunga sebenarnya merupakan suatu bentuk khusus dari daun pelindung "bractea".

Namun masyarakat sering menganggap seludangnya yang berwarna unik dan indah ini merupakan bagian dari bunga bougenville, Mungkin alasannya karena seludang bunga tersebut memang sedap dipandang mata.

Dinamakan bunga kertas karena tekstur dari bunga tersebut tipis dan halus yang hampir sama seperti kertasa. Pada dasarnya bentuk dari tanaman ini kecil dan tumbuh tegak, daunnya berwarna hijau tua dan bentuk dari daun bunga kertas ini hampir serupa dengan oval, namun ujungnya gak lancip. 

"Seludang bunga bougenville memiliki bentuk dan warna yang sedap dipandang mata". Saya tidak bosan mengatakan kalimat tersebut, karena saya juga setuju jika keindahan bunga tersebut terletak pada seludangnya yang berwarna cerah dan memiliki  berbagai varian warna.

Sedikit flashback ke sejarahnya, nama bougenville ini diambil dari seorang perajut yang berkebangsaan perancis yang bernama "Sir louis antonine de bougenville". bunga ini berasal dari Amerika selatan, namun seiring berjalannya waktu, bunga ini semakin tersebar luas di berbagai wilayah hingga sampai ke kawasan tropis seperti Indonesia dan lain-lain.

Cara menanaman bunga bougenville juga tergolong mudah, karna bunga ini juga bisa ditanam dengan teknik stek batang.


Ciri Ciri Bunga Bougenville

Bunga kertas memiliki daun pelindung atau Seludang yang berwarna Cerah dan memiliki beberapa varian, namun warna tersebut tergantung pada jenisnya. Bunga yang satu ini dapat tumbuh hampir di setiap musim. Dengan keunikannya tersebut, kita bisa menikmati keindahan bunga kertas hampir di setiap musim.

Tekarur batangnya cenderung keras, berbatang ,dan memiliki ranting, serta ditumbuhi duri di area batang dan rantingnya.

pohonnya sendiri dapat tumbuh lebih dari 10 m. Daunnya memiliki bentuk yang besar dengan sudut agak tirus atau berbentuk oval dan tumbuh lebat di sekeliling ranting. Bunga kertas juga bisa dijadikan tanaman hias bonsai. 

Maka dari itu bunga ini menjadi salah satu buruan para pecinta tanaman terutama bagi seseorang yang memang fanatik dengan bunga kertas. Itulah beberapa ciri yang terdapat pada bunga kertas. 

Jenis Jenis Bunga Bougenville

mungkin diantara kalian pernah bertanya, penasaran tentang jenis jenis bunga bougenville, nahh.. simak jenis-jenisnya dibawah ini

Cherry blossom

bougenville cherry blossom
bougenville cherry blossom
Bougenville jenis uni umumnya menjadi favorite masyarakat indonesia, ia memiliki bunga yang berarna merahmuda atau pink bahka ada yang hampir gradasi putih seutuhnya, sama seperti bunga kertas jenis lain, Chery blossom dapat mekar hampir di setiap musim.


California gold

California gold
California gold
California gold memiliki beberapa varian warna mulai dari warna emas pucat hinga jingga,sama halnya dengan jenis yang lain, Bougenville jenis ini dapat berbunga hampir di setiap musim.

Gold rush

Gold rush
Gold rush
Jenis yang satu ini memiliki warna yang unik yaitu kuning keemasan serta jika di bandingkan dengan yang lain Golden rush memiliki warna bunga yang lebih mencolok.
Bambino baby allison

Hampir sama dengan Bambino baby lauren, yang mekarnya mulai dari awal musi panas, hingga akhir musim semi, dan awal musim gugur, hanya saja jenis ini memiliki bunga yang berwarna berah muda dengan daun yang  berwarna hijau gelap di setiap musimnya.

After glow

After glow
After glow
Bougenville After glow umumnya memiliki bunga berwarna orange, namun bukan hanya orange saja, jenis ini juga memiliki varian warna seperti merah muda, serta coral. Memiliki daun yang halus tapi bertekstur. Warna bunga yang mencolok didukung oleh daun yang berwarna hijau tua menjadikan bunga ini sedap dipandang mata.

Bambino baby victoria

Bambino baby victora
Bambino baby victora
jenis yang satu ini memliki warna yang unik dibandingkan bambino lain, Bambino baby victoria memiliki bunga yang berwarna magenta, atau pink ber gradasi ungu. Selain itu, bunga yang satu ini dapat mekar hampir di sepanjang tahun.

Bambino baby lauren

Bambino baby lauren
Bambino baby lauren
Jenis bougenville ini hampir memiliki kesamaan dengan Bambino baby allison hanya saja jenis ini memiliki bunga yang berwarna ungu.

dengan bunganya yang berwarna ungu, keindahan bunga yang satu ini tidak udsah dipertanyakan lagi. Ia dapat mekar hampir di setiap musim, mulai dari awal musim panas, hingga akhir musim semi, bahkan di awal musim gugur sekalipun.

Bambino ningili

Bambino ningili
Bambino ningili
Bambino ningili merupakan salah satu dari keluarga Bougenville yang memiliki bunga berwarna merah muda dengan daun berwarna hijau tua. tanaman hias ini dapat berbunga hampir di sepanjang tahun, dengan gradasi warna daun yang menarik hingga sedap dipandang mata.

Bambino pedro

Bambino pedro
Bambino pedro
jenis ini memiliki dua farian warna yaitu merah serta merah tua, bunganya mekar hampir di setiap musim, bahkan musim kemarau sekalipun.

Bambino majik

Bambino majik
Bambino majik
Jenis ini merupakan salah-satu jenis dari bunga kertas yang memiliki gradasi warna indah yaitu antara ungu dan putih, tak jau beda dengan jeis lainnya, bunga ini dapat bermekaran hampir di setiap musim.

Bambino baby allison

Bambino baby alison
Bambino baby alison
Bunga kertas varietas bambino baby allison umumnya berwarna merah muda. Mekar di akhir musim semi, awal musim panas dan pertengahan musim panas serta di akhir musim panas dan di awal musim gugur. 

Dedaunannya memiliki gradasi warna hijau. Sama seperti jenis lain, jenis baby allison juga memiliki Kebutuhan air rata-rata.

Bougenville coconut ice

Bougenville coconut ice
Bougenville coconut ice
Bunga bougenville dari varietas coconut ice memiliki  berwarna-warni. Ada yang pink pucat, merah muda, ungu dan ada pula yang agak putih, namun mayoritas berwarna putih. Mekar sepanjang tahun. Dedaunan berwarna hijau.

Bougenville alexandra

Bougenville alexandra
Bougenville alexandra
Bougenville alexandra ini memiliki seludang bunga berwarna ungu. Umumnya mekar disepanjang tahun. Layaknya jenis bunga kertas lainnya, pasca berbunga daunnya gugur sebagian. Kebutuhan air secukupnya, tidak baik kompilasi memberikan air yang berlebihan.

Bougenville Barbara Karst

Bougenville barbara karst
Bougenville barbara karst
Bunga kertas Varietas ini memiliki bunga yang mekar berulang kali disepanjang tahun. Seludangnya berwarna merah muda-ungu, merah Dan merah  ATAU merah tua hingga begitu mencolok. Dedaunannya berwarna hijau sepanjang tahun dan bertekstur halus.
Artikel Terkait
Cara merawat bougenville agar berbunga lebat
Itulah beberapa jenis tanaman bunga kertas, pada dasarnya semua jenis tanaman ini memiliki tekstur pohon yang sama, yang membedakannya adalah daun dan bunganya itu sendiri.


Jadi, semua jenis bunga bougenville bisa dijadikan tanaman hias bonsai, indah apa tidaknya tergantung seberapa luas kita bereksplorasi dalam pembentukan dan pemangkasannya.

0 Comments

Post a comment