Gelombang Cinta : Pengenalan Karakter, Cara Menanam Dan Perawatannya

Bunga Gelombang Cinta | Tentunya anda pasti masih ingat dengan tanaman hias yang satu ini, pada masanya bunga ini memang pernah menguras isi kantong kita dengan sadis, pasalnya karena beberapa tahun lalu tanaman ini sempat hits dan menjadi buruan semua orang terutama para tanamania (Kolektor tanaman)

Harganya yang tergolong mahal menjadi salah satu alasan mengapa semua orang ingin menanamnya. Selain itu satu pot bunga gelombang cinta bisa dibandrol dengan harga jutaan, bahkan bisa sampai ratusan juta rupiah.

Namun seiring berjalannya waktu, harga tanaman hias ini bukannya makin melejit tapi malah sebaliknya. Dalam kata lain popularitasnya tidak berahan lama, bunga yang dulunya dipuja-puja perlahan muali pudar dansekarang mulai hening terdengar, lantaran popularitas gelombang cinta saat ini tidak se popular dulu.

Memang, eksistensinya masih ada dipasara, namun harganya begitu murah, tidah semahal dulu saat masa-masa hitsnya.

Namun dibalik menurunnya bunga gelombang cinta, masih banyak juga yang ingin menanam bunga gelombang cinta ini.

Nahh jika anda adalah salah satu diantara mereka, kali ini anda berada di artikel yang tepat. Pasalnya di artikel ini saya akan mengulas pembahasan tentang cara menanam dan merawat tanaman hias gelombang cinta. sebelum itu mari Simak terlebih dahulu penjelasan seputar gelombang cinta dibawah ini.



Deskripsi Bunga Gelombang Cinta

gelombang cinta
Gambar gelombang cinta
Tanaman Gelombang Cinta merupakan tanaman hias tropis yang mempunyai daya tarik tinggi sebagai tanaman hias indoor atau dalam ruangan, hal tersebut dikarenakan bentuk daun dan bunganya yang indah.

Selain itu, Gelombang Cinta merupakan salah satu jenis tanaman daun Anthurium. Jenis anthurium yang berdaun indah ini merupakan tanaman asli Indonesia, sedangkan yang biasa digunakan untuk bunga potong berasal dari Eropa.

Bunga ini merupakan tanaman hias daun yang sangat terkenal pada pada masanya yaitu kisaran tahun 2008-2010, seperti yang teah dijelaskan diatas pada saat itu nilai jual tanaman hias ini luar biasa mahalnya, per potnya bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah. 

Semakin mengkilap warnanya, semakin mahal pula harganya. Namun saat ini memang anthurium gelombang cinta tidak sepopular dulu, namun keindahan dibalik kesederhanaan tanaman ini masih menjadi daya tarik tesendiri.

Anthurium gelombang cinta atau wave of love "Anthurium sp"  adalah salah satu tanaman hias daun yang menyukai sinar matahari yang teduh.

Maka dari itu jika ditempatkan di luar ruangan, sebaiknya pasangkan paranet 65% agar gelombang cinta dapat tumbuh lebih optimal. jika tidak punya maka letakkan saja di tempat yang ternaungi.
Baca juga : Cara efektif menanam bunga kertas
Sesuai namanya, anthurium jenis ini daunnya bergelombang. Di Indonesia sendiri, setidaknya terdapat 7 varietas anthurium, yaitu Anthurium hibridum atau lidah gajah, Anthurium cyrstalinum atau kuping gajah, Anthurium scherzerianum, Anthurium andreanum, Anthurium rafidooa, Anthurium pedatoradiatum (wali songo), dan Anthurium makrolobum.

Cara Menanam Bunga Gelombang Cinta

Untuk penanamannya sendiri tergolong cukup mudah, dibawah ini saya sajikan 2 cara penanaman yaitu dengan cara menanam dari biji dan stek batang, langsung saja ke tahapannya.

Penanaman bunga gelombang cinta dari biji

Untuk cara yang pertama yaitu penanaman dengan menggunakan biji bunga gelombang cinta. Untuk bisa mendapatkan bijinya mudah saja, anda bisa mengoleskan benang sati pada bunga betinanya,.

Benang sari ini berasal dari bunga jantan yang memiliki ciri terdapat benang sari pada bunganya. sedangkan bunga yang betina anda bisa mengetahuinya dengan melihat apakah bunga tersebut memiliki lendir apa tidak.

Dalam kurun waktu dua minggu saja bunga tersebut sudah menghasilkan buah yang didalamnya terdapat banyak biji bunga gelombang cinta.

Nahh.. biji-biji inilah yang dapat dimanfaatkan sebagai bibit untuk melakukan menyemaian.Dengan atatan, anda harus menunggunya sampai matang atau berwarna merah.

Anda bisa menyemai biji tersebut seperti cara menanam bunga adenium dengan media tanam campuran pakis, sekam bakar, dan cocopeat. 

Saat penyemaian sebaiknya jauhkan media penyemaian dari jangkauan sinar matahari, karena pada tahapan ini biji membutuhkan kelembapan serta penyiraman yang cukup, untuk menjaga kelembapan pada media tanam, anda bisa membungkus media tanam dengan pelastik.

Penyemaian memang akan membutuhkan kurun waktu yang lumayan lama untuk mengubah biji menjadi baby anthurium, setelah 2 sampai 3 bulan bibit sudah siap untuk dipindahkan.

Penanaman dengan stek batang

Langkah yang kedua yaitu penanaman dengan stek batang, Menurut saya pribadi, cara ini tergolong mudah karena anda hanya perlu memotong bagian tanaman anthurium yang terdapat beberapa helai akar.

Setelah memotongnya anda bisa langsung memindahkannya ke dalam pot atau polybag yang telah anda siapkan dengan media tanam campuran seperti yang telah disebutkan diatas.

kedua teknik penanaman diatas bisa anda aplikasikan dalam pembudidayaan semua jenis tanaman anthurium.

Setelah melakukan penanaman tentunya kita harus melakukan perawatan simak tips perawatannya dibawah ini.

Cara Merawat Bunga Gelombang Cinta

perawatan disini dilakukan supaya tanaman memiliki kualitas yang bagus serta tumbuh dengan sehat dengan daya tahan yang kuat, simak 5 tips ulasan perawatan dibawah ini untuk menghasilkan tanaman yang berkualitas.

Memicu pertumbuhan

Untuk memicu pertumbuhan pada bibit ada beberapa hal yang mungkin terlewatkan saat melakukan penanaman, sebaiknya nada meperhatikan juga beberapa hal dibawah ini untuk menghasilkan tanaman yang bagus.
  1. Jangan lupa untuk selalu teratur memenuhi kebutuhan air pada media tanam, Tapi jangan sampai anda mebuat media tanam terlau lembab terlebih lagi sampai tergenang oleh air, Jika media tanam terlau lembab apalagi sampai digenangi.Oleh air, maka pengaruh bruknya akan mudah ditumbuhi jamur yang bersifat parasit, lebih parah lagi akan menyebabkan kebusukan pada akar dan menyebabkan tamana menjadi mati.
  2. Selain itu, jangan lupa untuk memotong daun yang membusuk agar tidak menyebar ke daun yang lain.
  3. Jangan lupa untuk membuang hama yang mungkin terlihat di batang ataupun didaun gelombang cinta, Jika hama atau serangan penyakit terlalu banyak, maka jangan lepa menggunakan bantuan dari bahan-bahan kimia seperti pestisida dan lain sebagainya.
  4. Lalu jangan lupa juga mebersihkan rerumputan di area media tanam seperti gulma. Jika pertumbuhan gulma terlalu banyak ini akan menggangu kesuburan dari tanaman gelombang cinta tersebut, hal tersebut dikarenakan nutrisi tanaman dicuri oleh gulma.

Intensitas sinar matahari

Meski tanaman ini tidak begitu menyukai paparan sinar matahari secara langsung, namun anda tetap harus tetap menyesuaikan posisinya menghadap sinar matahari agar kebutuhannya juga tercukupi. Selain itu, bungaini juga merupakan tanaman hias daun yang menampakkan keindahannya lewat dau. maka dari itu, tanaman ini juga membutuhkan sinar matahari untuk membantunya.

Sebaiknya letakkan potnya di tempat yang tidak terlalu terang dan juga tidak terlalu teduh, hal tersebut dikarenakan supaya pertumbuhan dari daun gelombang cinta dapat subur dan sehat serta daya tahannya kuatdan aunnya terlihat sangat hijau nan indah. 

Penyiraman tanaman

Seperi yang telah dibahas diatas, sebaiknya jangan melakukan penyiraman secara berlebihan, lakukan penyiraman 2 hari sekali juga sudah cukup memenuhi kebutuhan air pada tanaman, namun pastikan bahwa peletakkannya ditempat yang teduh.

Agar lebih optimal, sebaiknya lakukan penyiraman pada sore hari agar air hasil penyiraman pada media tetam lembab di hari esok.

Pemupukan tanaman

Lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk organik cair "POC" namun perhatikan juga takarannya agar tidak teralalu berlebihan meski.

agar hasilnya lebih optimal, sebaiknya jangan menggunakan pupuk kimia, karena pupuk ini memiliki efek yang keras pada tanaman.

Meski pemupukan ini diperlukan namuan sebaiknya hindari pemupukan pada tanaman yang memiliki 2-3helai daun atau yang masih berupa baby anthurium, jika hal tersebut dilakukan, dikhawatirkan dapat menghambat pertumbuhan pada tanaman karena pada masa ini tanaman gelombang cinta memiliki kondisi yang masih stabil.

Untuk membuat daunnya terlihat indah dan mengkilap, anda bisa mmengaplikasikan beberapa tips kami.  Caranya adalah dengan mengoleskan kain yang telah dicelupkan pada Fresh milk.
Baca juga : Pengertian tanaman perdu dan jenis-jenisnya
Itulah beberapa ulasan mengenai cara merawat bunga gelombang cinta dan merawat tanaman hisagelombang cinta, semoga dengan artikel kali ini bisa sangat bermanfaat bagi para tanamania.

0 Comments

Post a comment