Bunga Tulip : Gambar, Cara Menanam Dan Perawatannya (Lengkap)

Bunga Tulip - Mendengar namanya saja, sudah tersirat di fikiran kita betapa indahnya bunga yang satu ini saat dimusim mekar, terlebih lagi jika kita berada di gurun yang dipenuhi dengan bunga tulip yang sedang bermekaran.

hal tersebut memang menjadi angan orang-orang terlebih lagi bagi seseorang yang sangat fanatik dengan bunga ini. Layaknya bunga mawar selain bentuk bunganya yang unik dan indah bunga ini juga termasuk salah satu bunga yang populer di indonesia.

Maka dari itu, tak jarang ada seseorang yang sengaja menanam bunga tersebut untuk dinikmati keindahannya, karena saya jga mengakui bahwa keindahan bunga tulip sedap dipandang mata.

Nahh.. Teruntuk kalian yang ingin menanam bunga indah ini, berikut ini saya sajikan panduan tatacara menanam dan merawat bunga tulip di dalam pot.

Namun sebelum ke tahap penanaman, ada baiknya kita kenali terlebih dahulu tentang bunga tulip ini.

Mengenal bunga tulip

cara menanam dan merawat bunga tulip
Gambar bunga tulip
Bunga tulip adalah salah satu bunga yang jeisnya banyak dan tersebar di dunia, seperti kehidupan bunga pada umunya, Tulip juga memiliki daun dan hidup di tanah serta memerlukan air untuk kelangsungan hidupnya. 

Bunga ini juga bereproduksi dengan cara menekan spora yang ada di mahkota bunganya,penekanan bisa lewat kumbang atau lewat angin yang meniup nya.

Bunga ini juga memiliki gradasi warna yang sangat pekat dan kental sehingga dapat menarik perhatian semua orang yang melihat.

Tulip memiliki bahasa Latin yaitu Tulipa yang merupakan salah satu nama untuk 100 spesies genus tumbuhan berbunga yang termasuk juga ke dalam familly Liliaceae.

Tulip merupakan tumbuhan berumbi yang tingginya antara 10–70 cm, daunnya berlilin, berbentuk sempit dan memanjang serta berwarna hijau nuansa kebiru-biruan, memiliki bentuk bunga yang unik dan berukuran besar serta terdiri dari 6 helai daun mahkota.

Namun Tulip yang merupakan hasil persilangan menghasilkan bunga berwarna tunggal yaitu merah, oranye, kuning, hijau, biru, ungu, atau berbagai macam kombinasi dan gradasi warna lainnya.

Tulip menghasilkan biji-biji umbi umbian dengan bentuk bundar pipih yang dibungkus kapsul kering.Bunga tulip ini berasal dari  Asia Tengah umumnya tumbuh liar di kawasan pegunungan Pamir dan pegunungan Hindu, stepa di Kazakhstan dan Kush.

Perlu kalian ketahui bahwa bunga ini banyak tumbuh di belandan, maka dari itu Negeri Belanda terkenal sebagai negeri bunga tulip.

Selain itu, Tulip juga merupakan bunga nasional Iran dan Turki. Bunga ini banyak ditemukan di berbagai belahan dunia seperti negara Turki hingga sampai ke indonesia.

Di Indonesia sendiri, banyak taman-tamana yang khusus membudidayakan bunga indah yang satu ini. Sama halnya seperti jenis-jenis bunga anggrek di negri kepulauan seribu ini juga sangat banyak jenis bunga tulip dan tersebar di berbagai daerah.

Selain jenis-jenisny yang banyak, bunga ini juga mempunyai warna-warna yang unik jadi jangan heran jika kalian melihat banyak sekali tulip di berbagai tempat.

Bukan hanya gradasi warnanya saja yang bisa menarik perhatian, akan tetapi tulip juga memiliki bau yang sangat harum. ekstrak dari bunga tulip juga sering dijadikan parfum dan sudah banyak tersebar di pasaran.

Cara menanam bunga tulip

Untuk cara menanam bunga tulip sebetulnya lumayan sulit karena memerlukan waktu yang lumayan lama, selain itu bibitnya juga susah didapat.

Tapi untuk sekarang sudah lumayan banyak yang menjual bibit atau umbi bunga tulip. berikut saya rangkum ulasan mengenai cara menanam bunga tulip.

Persiapan bibit

Seperti biasa, sebelum melakukan penanaman tentunya kita memerlukan bibit untuk di tanam, sama seperti tanaman talas atau bawang bombay, Bibitnya dapat diperoleh dari perbanyak umbi atau biji. Namun, karena di Indonesia sulit mendapatkannya maka bibit bunga tulip harus di impor langsung dari Belanda.

Apabila bunga tulip yang di tanam berasal dari umbi maka bunganya akan tumbuh dalam kurun waktu sekitar 1 tahun. Apabila ditanam dari biji maka bunga tulip akan tumbuh dalam kurun waktu sekitar 5 tahun.

Sebelum melakukan penanaman umbi bunga tulip harus melewati masa cold treatment terlebih dahulu.

jika kalian bertanya "Kenapa harus cold treatment duluu..?jawabannya tentu agar umbinya mau tumbuh dengan baik.jika umbi bunga tulip langsung ditanam di tempat bersuhu panas maka ia tidak akan tumbuh meski sudah disirami berkali-kali.

untuk melakukan metode cold treatment atau mendinginkan umbi ini cukuplah mudah,Perlakuan cold treatmen pada umbi tulip ini ialah dengan cara mendinginkan umbinya menggunakan freezer atau kulkas yang suhunya telah di atur. berikut tatacaranya.
  1. Cuci terlebih dahulu umbi tulip hingga bersih untuk menjaga kehigienisan freezer, keringkan lalu bungkus dengan plastik.
  2. Masukkan kedalam freezer atau kulkas yang suhunya telah diatur atara 1,8 – 12 °C.
  3. Biarkan umbi tulip tetap didalam pendingin selama 1,5 – 4 bulan.
  4. lakukan monitoring secara rutin untuk membersihkan umbi jika berjamur.
Biasanya umbi akan muncul tunas setelah 1,5 bulan keatas meski tidak selalu terjadi. Baik muncul tunas ataupun tidak, jika sudah 2 bulan lebih dalam metode cold treatment ini umbi boleh dikeluarkan untuk ditanam.

Sebelum melakukan penyemaian bibit, sebaiknya kenali terlebih dahulu kriteria media tanam dan suhu tempat yang disukai oleh bunga tulip. Beriku beberapa klasifikasinya :
  • Tanahnya yang gembur.
  • Lebih baik jika berada didataran tinggi / pegunungan dengan suhu yang dingin.
  • Dekat dengan sumber air.
  • Mengandung cukup unsur hara dengan pH tanah normal yaitu antara 5,5 – 7,5.
Namun bagi kalian yang berada di lingkungan dataran rendah dengan suhu udara yang cenderung panas kalian tidak usah hkawatir.

Mengingat Bunga tulip ini tidah tahan dengan media tanam dan suhu udara yang panas, maka siasatilah hal tersebut denga cara :
  • Penanaman umbi bunga tulip dilakukan pada tempat yang teduh dan tenang serta bebas dari hembusan angin kencang.
  • Gunakan air penyiram otomatis yang disetel aka menyemprot aerosol atau kabut air setiap 20 – 40 menit sekali. Hal ini akan mendinginkan suhu udara di sekitar media tanam.
  • Buatlah sebuah air mancur atau kolam mengalir didekat lokasi tanam yang bisa menyerap suhu udara sekitar serta menambah kelembaban area sekitar.
Setelah persiapan lahan selesai lanjut ke cara menanam bunga tulip yang selanjutnya.
Persiapan media tanam

Cara tanam

Jika persiapan benih sudah siap untuk dianam dan media tanam siap untuk diaplikasikan maka langkah selanjutnya hanya tinggal melakukan penanamannya saja.

Perlu diingat bahwa saat melakukan penanaman harus diperhatikan juga posisi umbi, posisikan umbi yang tepat yaitu letakkan posisi cikal bakal tumbuhnya tunas daun dibagian atas dan calon tumbuhnya akar berada di posisi bawah.

Jika penanaman dilakukan saat musim panas, lakukan penyiraman setiap hari, dan jika penanaman dilakukan saat musim hujan, maka cukup perhatikan media tanamnya saja agar tidak terlalu lembab, karena akan menimbulkan kebusukan pada umbi.

Jika penanaman telah dilakukan, tentunya kita harus melakukan perawatan pada tanaman.simak tips perawatannya berikut ini.

cara merawat bunga tulip

Setelah 3 minggu ditanam biasanya benih akan mulai tumbuh dan tunasnya sudah bisa terlihat.
nahh Dalam tahap ini, penyiraman hrus tetap dilakukan namun lakukan penyiraman seperlunya saja, setelah berumur 1,5 bulan, pemupukan pertama bisa langsung dilakukan. 

Pupuk yang digunakan dalam budidaya bunga tulip adalah pupuk kandang ayam atau pupuk NPK mutiara Pemberian pupuk dilakukan secara bertahap, jika pupuk yang diberi adalah NPK, berikan 2 sendok makan saja setiap tanaman.


Demikianlah ulasan mengenai tatacara penanaman bunga tulip dan cara menanam bunga tulip, semoga ulasan ini bisa bermanfaat bagi para tanamania dan jangan lupa ikuti terus update postingan kami server tanamania.


jika ada yang ingin ditanyakan silahkan ajukan di kolom komentar.
terimakasih :)

0 Comments

Post a Comment