Budidaya Semangka : Pengenalan, Cara Menanam Dan Perawatannya

Buah Semangka  memang menjadi salah satu pelepas dahaga yang banyak diincar orang saat cuaca panas terlebih saat teriknya matahari.


Maka dari itu saat musim kemarau tiba, buah ini sering menjadi incara masyarakat mengingat di Indonesia ini beriklim tropis dan panas.

terlebih lagi buah semangka ini memiiki banyak manfaat, namun selain memiliki segudang manfaat, semangka juga termasuk mudah dalam cara penanaman, bagi anda yang memiliki lahan, dan ingin menanam buah semangka

berikut ini saya sudah siapkan beberapa ulasan mengenai tata cara menanam buah semangka lengkap dengan cara perawatannya. Simak penjelasannya berikut ini.

Mengenal buah semangka

Cara Menanam Dan Merawat Tanaman Buah Semangka
Buah semangka
Buah semangka memiliki nama latin "Citrullus lanatus" yang merupakan merupakan jenis buah yang masih satu keluarga dengan golongan mentimun. Daging buah semangka memiliki dua jenis warna yaitu kuning dan merah dengan cangkang buah berwarna hijau muda dan plat hijau tua.

Buah ini juga memiliki Kandungan mineral lebih tinggi dari pada buah buah lain yaitu sekitar 90% dari total nutrisi buah. selain itu buah ini  juga mengandung kalori, protein, karbohidrat, serat, tentunya mineral serta berbagai vitamin lainnya yang sangat bermanfaat bagi manusia.

Berdasarkan daunnya, pada tepi daun buah semangka memiliki bentuk yang berlekuk-lekuk, serta memiliki bunga yang sempurna, dengan warna kuning dan ukurannya kecil.

Semangka merupakan golongan tumbuhan yang memiliki benang sari dan putik dalam satu tumbuhan. 

Ssebagaimana buah golongan suku mentimun lainnya, tanaman ini merupakan tanaman perdu yang merambat namun tidak membentuk akar pada tempat menjalarnya bahkan tanaman Semangka bisa merambat hingga belasan meter. kandungan yang baik dari buah ini adalah total lemak atau kolesterolnya 0%. 

Cara Menanaman Buah Semangka

Sama seperti timun Semangka merupakan jenis tanaman perdu yang merambat serta dapat di tanam dengan cara yang mudah, jika anda ingin menanam buah ini halaman rumah, sawah, atau di dalam polybag.

Anda bisa menanam dengan cara genetatif atau  menggunakan biji, anda bisa membeli biji buah berkualitas yang tersedia di toko terdekat atau bisa juga menggunakan biji yang anda kumpulkan dari buah yang telah anda beli. Simak ulasannya berikut ini.

  • Persiapan Lahan

Pada dasarnya tanaman semanga menyukai media tanam yang gambur. maka dari itu, sebelum kita melakukan penanaman alangkah bainya kita melakukan pembajakan pada media tanam.

buah semangka juga bisa ditanam dihalaman rumah apalagi di persawahan dengan intensitas cahaya matahari sekitar 40-50 % dalam satu bulan. bagi anda yang memiliki low-lahan ada bisa menanamnya di pot atau polybag.

  • Persiapan Bibit Tanam

Setelah persiapan lahan sudah siap, tentunya kita harus menentukan bibit tanam buah semangka. Seperti yang kita tahu, persiapan bibit merupakan tahap yang paling penting, kualitas benih akan menentukan keberhasilan dalam masa panen anda.

seperti yang sering saya katakan di arikel sebelumnya, pilihlah bibit tanam dari indukan yang berkualita, karena faktor genetik juga sangat penting untuk diperhatikan sebelum melakukan penanaman.

Bibit yang bisa anda gunakan umumnya ada dua jenis yaitu jenis semangka triploid dan Hiploid .Kedua jenis semangka tersebut akan saya bahas di artikel lain.


Setelah anda mendapatkan benih yang bagus, sebelum disemai anda harus merendamnya terlebih dahulu sebelum di tanam. Namun sebelum di rendam jika benih anda tripoid maka renggangkan dahulu kulit cangkangnya, namun jika benih haploid tidak perlu.

Kemudian rendam menggunakan air hangat yang di campur dengan perangsang akar, bakterisida, dan fungisida.


Lakukan perendaman benih dalam kurun waktu kurang lebih 30 menit, kemudian angkat benihnya dan tiriskan sampai kering. Sampai tahap ini bibit semangka sudah siap untuk di semai.

  • Penyemaian dan penanaman bibit tanam

Setelah lahan dan bibit sudah siap untuk dilakukan penanaman tentunya kita melangkah ketahap selanjutnya yaitu penyemaian dan penanaman, simak ulasannya berikut ini.
  1. Setelah kita sudah menyiapkan bibit untuk ditanam, maka kita tinggal melakukan penyemaian bibit tersebut pada lahan yang sudah disediakan.
  2. tambahkan pupuk organik dan pupuk kandang pada media tanam hal tersebut dilakukan  agar menambah kandungan unsur hara pada tanah.
  3. Taburkan benih buah tersebut di media penyemaian yang telah disediakan, lalu lakukan penyiraman bibit tersebut setiap pagi dan sore hari hingga tumbuh tunas baru.
  4. Jika penyemaian bibit tanam dilakukan dalam pada polybag, kita dapat memindahkan bibitnya ke media tanam di lahan yang sudah disiapkan, lakukan pemindahan pada usia 2-3 minggu.
  5. Buatlah lubang pada media tanam yang telah anda siapkan sebelumnya dengan kedalaman sekitar 8 – 10 cm.
  6. lalu letakkan bibit buah semangka kedalam lubang tersebutlalu timbun kembali dengan menggunakan media tanam. pelu diingat sebelum melakukan penanaman pada media tanam, sebaiknya lubang tanam disiram terlebih dahulu menggunakan gembor agar lahan siap untuk menerima bibit.
  7. Lalu langkah berikutnya, memindahkan bibit semangka dari polybag ke lahan permanen. dalam tahap ini lakukan dengan berhati-hati agar akar tidak rusak, namun jika anda ingin menanamnya dalam polybag, anda tidak perlu memindahkannya ke media tanah gembur.
  8. perlu diingat bahwa sebelum menyemai bibit semangka, benih harus direndam terlebih dalu dengan larutan perangsang tumbuh. Larutan ini sangat berguna agar benih semangkakuat dan  tidak mudah terserang penyakit atau hama tanaman. Proses perendam membutuhkan waktu sekitar 5 – 10 menit.
setelah bibit sudah sdiemai dan ditanam, sebaiknya anda menggunakan bedengan untuk mempermudah anda dalam melakukan perawatan tanaman.
Baca juga : Cara menanam buah naga 

Pemeliharaan Tanaman 

sama seperti jenis tanaman timin timunan lain Tanaman semangka juga membutuhkan perawatan yang optimal supaya berbuah besar serta dapat tumbuh dengan smpurna. Berikut cara pemeliharaan tanaman semangka:

  • Lakukan penyiraman

Lakukan pemyiraman setiap pagi dan sore hari  secara rutin, terutama jika memasuki musim kemarau.

Serta perhatikan juga  kelembaban lahan tanaman dan udara dengan baik agar tanaman semangka dapat tumbuh dengan maksimal.

Tingkat kelembaban udara yang dibutuhkan untuk budidaya semangka adalah rendah dengan curah hujan 40-50 mm per bulan dan suhu sekitar 25°C saat siang hari.

  • Lakukan penyiangan

proses membersihkan lahan agar terhindar dari serangan gulma ataupun rumput pengganggu agar kandungan unsur hara tidak direbut oleh gulma ataupun tanaman pengganggu seperti rumput dan lain-lain, sehingga semangka dapat tumbuh dengan optimal.

  • Lakukan pemangkasan

Agar produksi buah semangka menjadi maksimal, maka diperlukan lakukan pemangkasan cabang. Cabang yang dipangkas yaitu cabang utamadengan menyisakan 1-3  batang sekunder.

pangkas juga Tunas samping yang baru tumbuh juga pada tiga cabang sekunder yang dipelihara. 

Hal tersebut dilakukan selama budidaya semangka proses penyerapan unsur hara dapat terfokus pada cabang yang dipelihara saja.

Demikianlah ulasan mengenai cara menanam dan merawat buah semangka agar cepat tumbuh dan berbuah sempurna. ikuti terus update postingan kami untuk mendapatkan informasi menarik dan tips dan trik lainnya. Semoga bermanfaat

0 Comments

Post a comment