Inilah Perbedaan Apel India Dan Bidara Arab

Server Tanamania - saat ini para kolektor tanaman sedang dibingungkan oleh dua jenis pohon yang kedua jenisnya masih satu genus yaitu apel india dan bidara arab. di artikel ini, saya akan mengulas tentang kedua jenis tanaman tersebut agar rasa penasaran anda juga terjawab. 
Selain tu saya akan membagikan tips untuk menyiasati masalah yang datang saat menanam apel india atau pusta. 

Simak ulasannya berikut ini

Apel india

Apel india
Buah apel india
Apel india /pusta
Apel india atau yang sering disebut dengan pusta merupakan jenis tanaman tropis yang masuk dalam famili rhamnaceae.Di habitat aslinya, tanaman ini  bisa tumbuh sampai 12-15 meter.

jenis tanaman ini pun memiliki ciri fisik yang berduri dengan batang dan daun yang berwarna hijau namun durinya tidak sebanyak tanaman bidara dan ukuran daunnya keci. Buah yang tumbuh dengan baik  biasanya berukuran mencapai 3-5 cm, lebih kecil dari ukuran buah apel pada umumnya.

Selain itu, Apel India memiliki buah yang berwarna kehijauan dengan tekstur buah yang halus dan daging buahnya yang berwarna putih serta memiki rasa manis, saat matang buah ini memiliki ciri warna hijau mengkilap pada kulit buahnya.

dijuluki apel india karena anaman inimerupakan salah satu varietas buah apel yang juga berupakan tanaman asli dari indonesia.

India merupakan kawasan yang beriklim tropis, begitu pula halnya dengan Indonesia, maka dari itu, tidak sulit menanam buah apel jenis ini di berbagai daeraj di indonesia tidak terkecuali di dataran rendahnya.

Untuk menanamnya sendiri tergolong cukup mudah, untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal saat melakukan penanaman, anda bisa mebaca artikel saya yang lain.


Bidara Arab

Bidara arab
Bidara arab
Bidara arab memiliki nama latin ziziphus mauritiana, yang merupakan tanaman yang diyakini berasal dari China dan juga dikenal sebagai pohon jujube, memiliki pohon yang berukuran sedang dan bisa tumbuh hingga 40 kaki.

memiliki daun hijau mengilap, daun daun dan kulit abu-abu terang, buah berbentuk oval serta berwarna hijau tmengkilap, mirip dengan buah ara, buahnya akan kering dan menjadi keriput saat tertinggal di pohon.

Ziziphus Mauritiana merupakan tanaman yang dipercaya berasal dari asia tenggara dan saat ini populer di seluruh dunia, tanamannya sendiri bisa tumbuh optimal dikawasan tropis yang beriklim panas, pohon bidara yang tumbuh tidak sulit asalkan kalian memiliki tanah berpasir dan dangembur.

Perbedaan Apel India Dan Bidara

Apel india dan bidara memiliki bentuk buah dan daun serta pohon yang sama, hal tersebut dimanfaatkan oleh para penjual.

Biasanya tunggul atau pohon pada tanaman bidara sering dipakai untuk batang bawah saat okulasi lalu menggabungkan (mengawinkan) dengan bibit apel india atau apel pusta seolah olah tanaman tersebut merupakan pohon apel india.

Itulah mengapa saat kita menanam tanaman apel india, tiba-tiba dibagian bawah tanaman ada tunas yang mirip namun anehnya dipenuhi dengan duri serta daun yang berukuran lebih besar dan tumbuh secara cepat. Itulah Bidara.

dan itulah yang terjadi pada tanaman pusta saya. setelah apel india atau pusta ini berbuah satu kali, tiba-tiba tumbuh tunas baru dan ditumbuhi penuh dengan duri. Hingga saat ini, tunas baru tersebut sudah tumbuh hingga 3 m, melebihi pohon pusta atau apel india yang tingginya hanya 1-1,5 m.

Selain itu, duri yang terdapat pada tanaman bidaranya panjang-panjang dan lebih banyak. Jika hal tersebut terjadi pada anda, sebaiknya Lakukan pemangkasan pada pohon bidara.

Jika hal tersebut dibiarkan, si nutrisi yang diserap oleh akar lebih bayak ambil oleh cabang bidara, yang nantinya bidara akan tumbuh menjulang melebihi apel india. pangkas saja tunas tersebut lalu olesin getah atau ter supaya tidak tumbuh lagi.

Soal rasa tentunya pusta atau apel india lebih unggul, hal tersebut dikarenakan Buah dari bidara ini lebih kecil dan rasanya hambar, "Tidak memiliki rasa yang menyerupai Apel" Dan jika dibiarka tumbuh berdampingan, buah apel india atau pusta ini tidak akan tumbuh dengan optimal.


Perbedaan kedua tanaman tersebut antara lain :
  1. Bidara memiliki duri yg lebih banyak dari apel putsa.  Sedangkan apel putsa cenderung hampir tdk berduri
  2. Buah apel putsa jauh lbh besar dibandingkan buah bidara.
  3. Pertumbuhan bidara lbh cepat dan daunnya lbh besar serta berwarna hijau muda. 
  4. Putsa pertumbuhan lbh lambat, daun lbh kecil dan warnanya hijau tua.
  5. Apel india memiliki rasa full manis, namun bidara memiliki rasa yang cenderung asam manis, tapi lebih dominan asam. Selain itu,
  6. bidara memiliki rasa yang kelat di lidah.
Demikianlah ulasan tentang perbedaan apel india dan bidara arab.  Jika dilihat dari daun dan tanaman, Dari kedua foto duatas sebetulnya sudah sangat jelas pebedan kedua jenis tanaman ini.
Terimakasih dan semoga bermanfaat

0 Comments

Post a comment