15 Tanaman Hias Indoor Terbaik, Cocok Untuk Menambah Kesan Alami

Tanaman hias indoor - Dengan menambahkan aksen tanaman yang bisa hidup dengan sehat didalam ruangan ,tentunya menjadi keinginan bagi semua orang, lantaran dengan menambahkan tanaman indoor di dalam ruangan tentunya akan menambah kesan alami dan merelaksasi siapapun yang berada di dalamnya. 

Selain tiu, dengan menambahkan aksen tanaman indoor dalam ruangan tentunya akan mempercantik sebuah ruangan. Maka dari itu, bayak orang yang memburu tanaman indoor ini baik itu pecinta tanaman, hingga Desainer interior sekalipun.

Nah.. Bagi anda yang sedang mencari referensi jenis-jenis tanaman yang bisa tanam didalam ruangan, dibawah ini telah saya rangkum 10 tanaman indoor yang bisa anda jadikan referensi untuk menambahkan aksen alami dialam ruangan anda.

Jenis-Jenis Tanaman Indoor

Tanaman indoor sendiri merupakan tanaman yang bisa hidup sehat didalam sebuah ruangan, biasanya tanaman indoor ini berupa tanaman hias yang membutuhkan pancaran sinar matahari yang rendah, dalam kata lain yaitu tanaman yang tidak kuat jika berada ditempat yang terdapat sinar matahari secara berlebih.
Selain itu tanaman ini memiliki banyak jenis yang tenunya memiliki berbagai manfaat jika diletakkan didalam ruangan. Simak jenis-jenisnya dan manfaatnya berikut ini.

  • Philodendron Monstera Deliciosa

Philodendron Monstera Deliciosa
Monstera Deliciosa
Tanaman Monstera merupaka tanaman yang pada dasarnya memiliki banyak jenis, jenisnya memiliki sekitar 50 jenis spesie namun diantara 50 jenis spesiasnya Mostrera Deliciosa lah yang paling terkenal, belum lagi saat ini sedang hit dengan monstera variegata.

pada dasarnya tanaman ini cocok diletakkan ditempat yang tedur, selain itu peletakannya pun sebaiknya jauh dari jangkauan sinar matahari serta jangan memberikan terlalu banyak air.

Jika beberapa daun monstera ini terlihat menguning di saat yang bersamaan, hal tersebut menandakan tanaman memperoleh terlalu banyak cahaya. Jika batangnya berkerut dan tumbuh panjang, itu artinya tanaman tidak memperoleh cahaya yang cukup. Untuk penyiramannya dilakukan jangan sampai tergenang air karena akarnya akan membusuk jika terlalu basah.

  • Philodendron Monstera Obliqua

Philodendron Monstera Obliqua
Monstera Obliqua
Sama seperti kerabatnya Philodendron monstera Deliciosa, philodendron unik ini sering disebut MONSTERA bahkan menurut para petani tanaman dibandung tanaman yang memiliki istilah janda bolong Atau yang memiliki nama ilmiah  Philodendron monstera obliqua ini lebih laku dari pada Philodendron monstera deliciosa.

hal tersebut dikarenakan dikarenakan tanaman ini tergolong lebih murah daripada Si Dliciosa. Selain itu, tanaman ini lebih mudah diimprovisasi serta lebih mudah dalam perawatannya, bahkan. 

  • Monstera variegata

Philodendron monstera variegata
Monstera variegata
Monstera variegata ini umumnya sama dengan pholodendron monstera jenis lain, Namun bedanya tanaman ini memiliki gradasi warna yang menyimpang selain warna hijau tua seperti warna putih atau kuning. Kuning yang dimaksud tentunya kuning alami, bukan warna kuning yang disbabkan oleh penyakit.

perawatannya pun sama seperti dua jenis monstera diatas yaitu Jika batangnya berkerut dan tumbuh panjang, itu artinya tanaman tidak memperoleh cahaya yang cukup. Untuk penyiramannya dilakukan jangan sampai tergenang air karena akarnya akan membusuk jika terlalu basah.

  • Sansevieria "Lidah mertua"

Sansevieria "Lidah mertua"
Lidah Mertua
Lidah mertua atan sansiviera ini merupakan tanaman hias yang cukup populer di kalangan para tanamania. Dari sebutan namanya saja sudah terkesan lucu dan unik, namun di luar negeri, nama Sansevieria ini pada dasarnya lebih terkenal di luar negri.

Pada dasarnya tanamana hias Lidah mertua sering dijadikan salah satu tanaman indoor, hal tersebut dikarenakan tanaman ini memiliki banyak varietas dan bentuk yang unik dengan ujung tanamannya yang tajam dengan corak warna yang khas.

Selain itu, tanaman ini dapat tumbuh dalam kondisi yang persediaan  airnya dan cahaya matahari yang minim. Dibandingkan dengan tumbuhan lain, Lidah Mertua memiliki daya tarik tambahan yaitu dapat menyerap bahan beracun seperti karbondioksida, benzene, trichloroethylene serta formaldehydem.

  • Bromelia

Tanaman hias indor bromelia
Bromelia
Bromelia merupakan kelompok tanaman dari silsilah keluarga keluarga Bromeliaceae yang terdiri atas sekitar 3000 spesies dan ada sekitar ratusan bahkan hingga ribuan hibrida. Asal muasal tanaman yang salah satunya adalah nanas ini berasal dari Amerika. 

Tercatat hanya satu yang habitat nya di Afrika, yaitu Pitcairnia feliciana Selain itu, bunga ini termasukk salah satu tanaman hias perdu.

perawatannya juga cukup mudah, karena bunga ini bisa menyerap air melalui pusat tangkainya, anda bisa mengisi pusat tangkai tersebut dengan air, tapi bukan berarti anda tidak perlu menyiram media tanamnya.

lakukan penyiraman pada media tanam sama seperti tanaman lain, yaitu jangan terlalu berlebihan hingga membuat media tanam tergenangi oleh air.

  • Spider plant "Lili paris"

Tanaman Indoor Spider plant "Lili paris"

Selain cocok diletakkan didalam ruanga, Tanaman ini harga bibitnya tergolong sangat murah, harganya dibandrol mulai dari Rp 5.000 sampai Rp 15.000an saja, namun meskipun demikian tanaman ini juga dapat menyerap polutan serta warnanya menyegarkan dan dari bentuk daunnya tanaman ini cocok untuk digantung di dalam ruangan. 

Sama halnya dengan tanaman lidah mertua atau Sansevieria tanaman ini termasuk jenis yang tidak mudah mati dan gampang dalam perawatan.

  • Sirih gading "Pothos plant"

Tanaman hias indoor Sirih gading "Pothos plant"
Sirih Gading
Sirih gading merupakan jenis tanaman merambat yang bisa ditanam di pekarangan rumah namun  bisa juga ditanam di dalam rumah "indoor", hal tersebut dikarenakan tanaman ini cukup mudah dalam perawatannya. 

Tanaman hias ini bisa juga tumbuh pada media tanam air sehingga banyak digunakan sebagai tanaman dekorasi ruangan sehingga dapat menambah kesan alami pada rumah anda.

Jenis tanaman sirih gading atau photos plant juga cukup banyak jenisnya, diantaranya Sirih Gading Kuning Hijau , Sirih Gading Belanda , Sirih Gading Variegata. Sirih Gading Putih dijual dengan kisaran harga bibit mulai dari Rp 10.000 sampai Rp 30.000an saja.

  • Lidah buaya

Tanaman hias indoor Lidah buaya "aloevera"
Aloevera "lidahbuaya"
Lidah buaya alias Aloevera ini merupakan tanaman hias indoor atau outdoor yang berjenis sukulen. Sama halnya seperti jenis tanaman hias sukulen lainnya, aloe vera bisa hadir sebagai tanaman  hias indoor dalam pot kecil yang efisien. 

Mengingat tanaman ini mengandung segudang manfaat, maka dengan kehadiran tanaman ini di ruangan anda, anda akan lebih mudah memetik batangnya sebagai pereda luka bakar atau pelembab kulit. Selain itu, tanaman hias indoor lidah buaya ini siap menambah aksen alami pada ruangan anda .

  • Orchidaceae "Anggrek"

Tanaman hias indoor Orchidaceae "Anggrek"
Orchidaceae
Bunga anggrek memiliki nama latin Orchisaceae yang merupakan tanaman hias yang banyak jenisnya, dan habitatnya sendiri tersebar luas diberbagai daerah didunia.

Jenis jenisnya sendiri bisa mencapai 25.000 spesies tanaman dan tersebar diberbagai daerah yang mayoritasnya tumbuh di kawasan yang beriklim tropis,

tanaman ini bisa dijadikan tanaman indoor karena dihabitat aslinya pun tumbuh di area yang teduh dan menempel pada dahan pohon lain.

jadi dengan menaruhnya di ruangan anda, tentunya akan lebih higienis karena tidak membutuhkan tanam untuk media tanamanya, meski ada juga jenis tanaman anggrek yang tumbuh di tanah

Untuk informasi lebih lanjut mengenai bunga anggrek, silahkan anda baca ulasannya disini.

  • Kaktus mini

Tanaman hias indor Kaktus mini
Kaktus mini
Siapa sih yang tidak mengenal tanaman kaktus. Tanaman khas gurun pasir ini terkenal dengan ukurannya yang besar dengan ditumbuhi duri di seluruh permukaan badannya, selain itu tanaman ini mampu bertahan dengan sedikit air. 

Seiring berrgulirnya waktu, Untuk saat ini tanaman kaktus tidak hanya bisa ditemukan di gurun pasir saja, melainkan juga dapat dijumpai di rumah-rumah. Tentunya dalam ukuran yang lebih kecil atau biasa disebut sebagai tanaman hias kaktus atau sering disebut juga kaktus mini. Selain itu, tanaman ini bisa diaplikasikan sebagai tanaman hias indoor

Layaknya Aloevera, Kaktus hias juga merupakan jenis tanaman kulen,  Kaktus hias ini tidak membutuhkan area tanam yang besar, sebuah pot kecil saja sudah cukup untuk tanaman ini.

Berikut ini beberapa jenis Tanaman kaktus mini yang bisa kamu jadikan referensi untuk mengkreasikan ruangan indoor anda.

Kaktus mini Echinocactus grusonii
Echinocactus grusonii
Kaktus mini Echinofossulocactus
Echinofossulacactus
 Kaktus mini Ferocactus
Farocactus
Kaktus mini Gymnocalycium
Gymnocalycium
Kaktus mini Cereus tetragonus
Cereus tatragounus

  • Ficus elastica "Karet kepok"

Ficus elastica "Karet kepok"
Ficus elastica
Tanaman Ficus elastika atau Karet kepok merupakan spesies tanaman yang berasan dari genus ficus, tumbuhan ini merupakan tanaman asli dari belahan timur laut india, nepal Myanmar, Bhutan, Cina Serta Malaysia, dan tidak terkecuali indonesia.


Tanaman ini memiliki daya hidup yang kuat. Manfaatnya pada manusia ialah bisa menghindupkan sendi-sendi tubuh yang mati seperti mengobati stroke, selain itu manfaatnya pada lingkungan ialah bisa menghidupkan udara yang mati akibat banyaknya racun kimiawi.

  • Ficus elastica variegata

Ficus elastica variegata
Ficus elastica variegata
Layaknya Fikus elastica diatas namun bedanya pada tanaman ini ada jenis variegatanya yaitu tanaman yang menyimpang dari bentuk, warna aslinya, namun bedanya tanaman ini memiliki gradasi warna kombinasi yang menyimpang antara warna hijau tua dicombine dengan warna warna putih atau kuning, namun warnanya tidak menyatu melainkan terpisah. Kuning yang dimaksud tentunya kuning alami, bukan warna kuning yang disbabkan oleh penyakit.

  • purple shamrock

Tanaman hias purple shamrock
Purple shamrock
Tanaman purple shamrock (Oxalis triangularis) merupakan tanaman perennial yang dapat dimakan, berasal dari famili Oxalidaceae. Aslinya berasal dari Brazil, tanaman ini populer sebagai tanaman hias rumahan yang biasanya ditanam di pot, dengan kebutuhan cahaya yang teduh. Selain warna ungu tanaman ini juga memiliki warian warna lain seperti hitam

  • Peperomia

Tanaman hias indoor Peperomia
Paperomia
Peperomia merupakan tanaman yang berasal dari Brazil. Tanaman ini termasuk dalam suku Piperaceae,selain itu tanaman ini terdiri dari 1.600 spesies. Beberapa Peperomia merupakan epifitserta  Mempunyai batang yang lunak, berair dan tingginya mencapai 30 cm.

Tanaman peperomia ini umumnya menyukai tempat yang hangat, sedikit lembap, serta tidak terlalu menyukai paparan sinar matahari secara langsung. Kondisi tersebut sesuai dengan habitat aslinya, yaitu di hutan tropis Amerika, kehipukannya selalu bernaung dibawah pohon-pohon besar. Maka dari itu tanaman ini cocok untuk menghiasi ruangat kamu.

Peperomia akan menggugurkan daunnya jika kekurangan air, tetapi jika kelebihan air, bagian batang dan daun dari tanaman ini un akan membusuk, jadi jangan terlalu berlebihan dalam melakukan penyiraman. Jika Anda hendak menyiram tanaman peperomia ini, Anda dapat menyiramnya dari bawah agar batang dan daunnya tidak basah.

  • Aglaonema

Tanaman hias aglaonema
Aglaonema
Aglonema atau Sri rezeki adalah salah satu tanaman hias yang populer dari suku talas-talasan atau Araceae. Genus Aglaonema memiliki sekitar 30 spesies habitat asli tanaman ini adalah di bawah hutan hujan tropis serta tumbuh baik pada areal dengan intensitas penyinaran yang rendah dan kelembaban tinggi. 

dengan spesifikasi suhu udara yang dibutuhkan oleh tanaman tersebut tentunya tepat sekali dengan ruangan rumah kita, anda bisa mengatur kelembapannya dengan penyiraman.
Selain itu, jangan terlalu berlebihan pada saat melakukan penyiraman, karena akan menyebabkan pembusukan pada akar tanaman.
Baca juga : Bunga bougenville - penjelasan seputar bunga kertas
Itulah beberapa jenis tanaman indoor yang bisa kamu jadikanreferensi untuk mendekor ruangan kamu menjadi lebih berkesan alami dan merelaksasi, dari ke 10 jenis tanaman diatas kamu lebih suka tanaman apa..?
mau apapun tanamannya yang jelas bisa memperindah ruangan kamu.

demikianlah pembahasan kali ini, semoga bermanfaat.

0 Comments

Post a Comment