20+ Tanaman Hias Daun Paling Populer Di Dunia

Tanaman hias daun | Semakin berjalannya waktu, varietas tanaman hias semakin banyak dan popularitas tanaman hias juga semakin mendunia saja. Bukan hanya mendunia Tanaman hias juga memiliki penggemarnya sendiri.

Para kolektor tanaman semakin berlomba-lomba untuk melengkapi tanaman hias yang dirasanya ada yang kurang dari kian banyaknya koleksi tanaman yang dimiliki sang tanamania. Tanaman hias memang menjadi incaran banyak orang, terlebih lagi jika tanaman tersebut langka, indah dan tidak mudah untuk di dapatkan.

Berbeda dengan tanaman-tanaman lain, tanaman hias justru dapat menambah aksen khusus untuk  membuat bangunan, taman, kolam, bahkan dekorasi suatu ruangant menjadi lebih cantik, indah dan berkesan alami.

Selain itu, harga yang lebih tinggi menjadi nilai jual tersendiri sehingga banyak dimanfaatkan oleh banyak pihak seperti toko tanaman hias untuk dijadikan ladang usaha yang menghasilkan puluhan hingga ratusan juta rupiah perbulannya.

"Cukup menggiurkan bukan. !" 

Namun kita tidak sedang membahas bisnis tersebut. Untuk anda yang baru memulai untuk mengkoleksi tanaman hias seperti tanaman hias daun. Berikut ini telah saya kumpulkan Beberapa jenis tanaman hias daun yang enak dipandang mata karena memiliki keindahan yang benar-benar indah.

Jenis Jenis Tanaman Hias Daun

Selain tanaman hias bunga, Tanaman hias daun juga tidak kalah indahnya dibandingkan bunga. Bahkan Salah satu jenis tanaman hias daun yaitu Gelombang cinta pernah populer dan memiliki banyak penggemar di berbagai daerah, selain itu harganya juga tergolong mahal yaitu bisa mencapai ratusan bunga per potnya.

"Lalu tanaman hias jenis apa yang sering di koleksi oleh para kolektor.?"

Berikut kami rangkum jenis-jenisnya untuk anda

Aglaonema

Tanaman hias daun aglaonema
Tanaman hias aglaonema
"Indah" Mungkin hanya kalimat tersebut yang bisa meneskripsikan bunga cantik ini. Tanaman hias daun ini sengaja saya letakkan paling pertaman.

Bukan tanpa alasan, justru menurut saya tanaman ini cocok untuk berada di peringkat pertama, selain keindahannya yang memanjakan mata, tanaman hias daun aglaonema juga memliki banyak sekali jenis dan tersebar diberbagai negara. 

Selain itu, salah satu varietas tanaman aglaonema yang terdapat dari hutan acek ini pernah diekspor ke jepang dan kurang lebih dihargai sekitar IDR378,000.00 per Batangnya. Selain itu, tanaman aglaonema bukan hanya dijadikan tanaman hias saja, tanaman ini juga dipercaya dapat dijadikan sebagai bahan obat-obatan.

Pilodendron Monstera variegata

Monstera variegata
Monstera variegata
Akhir-akhir ini tren tanaman hias dikuasai oleh Monstera. selain susah didapat harga tanaman hias monsterajuga tergolong mahal. Bahkan harganya sendiri tergolong lebih mahal dari kostan mahasiswa, terlebih lagi jenis variegata ini yang harganya berkisar antara antara IDR700,000.00 sampai jutaan rupiah per batangnya. 

Mengingat tanaman ini merupakan tanaman hias dalam rumah atau "Indoor" Tanaman hias ini umumnya diletakkan didalam rumah.


Sansevieria

sansevieria
Tanaman hias sansevieria
Bukan hanya namanya yang unik, tanaman hias ini juga memiliki daun yang sangat unik sehingga menjadi daya tarik tersendiri. Daunnya bertekstur tebal serta memiliki ujung yang runcing seperti duri.

Tanaman hias indoor ini mampu beradaptasi di berbagai suhu dan tidak memerlukan banyak air, sehingga cocok diletakkan di dalam ataupun luar ruangan.

Selain memiliki aroma yang khas, tanaman yang biasa disebut oleh masyarakat dengan nama "Lidah mertua" ini memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan manusia seperti mampu menyerap radiasi dari barang barang elektronik yang ada didalam rumah seperti Komputer, laptop, televisi, dan lain-lain. Maka dari itu, banyak orang yang berburu tanaman ini untuk diletakan didalam ruangan mereka.

Alocasia silver dragon

Tanaman hias Alocasia silver dragon
Alocasia silver dragon
Sama halnya seperti tanaman alocasia lain bedanya jenis silver dragon ini memiliki gradasi warna daun tidak biasa atau eksotis, warna yang menyelimutinya yaitu perak atau silver. Selain itu, bentuk dan ukuran daunnya hampir sama dengan alocasia pada umumnya, namun yang membuatnya istimewa adalah warna daunnya yang berwarna silver.

Untuk harganya sendiri, tanaman hias Alocasia silver dragon ini lumayan mahal yaitu berkisar antara IDR50,000.00 sampai ratusan ribu per batangnya, Semaki mempesona daunnya semakin mahal pula harganya.

Sirih Gading

Tanaman hias sirih gading
Sirih gading
Tanaman hias indoor yang merambat ini memiliki gradasi warna daun hijau dengan belang kuning cerah hingga kuning pucat warna kuning yang dihasilkan umumnya alami dan bukan variegata. sa halnya seperti tanaman indoor lainnya, sirih  gading sangat cocok jika ditempatkan didalam ruangan. 

Tanaman ini akan tampak lebih indah lagi jika diletakkan dalam pot atau vas kaca transparan berisi air. untuk perawatannya sendiri tergolong mudah dan tidak merepotkan sang pemilik karena ia tetap dapat tumbuh dengan baik meski ditanam pada media yang seadanya dan minim sinar matahari.

Tanaman Sikas

tanaman hias sikas
Cycas
Di Indonesia sendiri, tanaman hias yang satu ini banyak sekali dijumpai dan tersebar luas di berbagai daerah, Memiliki nama latin Cycadaceae merupakan tanaman yang termasuk ke dalam jenis tanaman purba. 

Tanaman ini memang sudah ada di muka bumi sejak zaman dulu kala. Penyebaran nya sendiri dimulai dari Afrika Timur, Australia, Laut Pasifik, lalu sampailah ke Indonesia.

Tanaman sikas yang banyak tumbuh di Indonesia umumnya termasuk ke dalam jenis Cycas rumpii. Namun Orang di Indonesia kebanyakan lebih mengenalnya dengan sebutan pakis haji.

Meski demikian, sebenarnya tanaman ini tidak termasuk ke dalam jenis pakis-pakisan. untuk harganya sendiri biasanya dibandrol antara IDR 50,000.00 keatas, namun sering juga dijumpai dengan harga yang lebih murah.

Tanaman Keladi

tanaman hias Keladi
Keladi
Perlu diingat bahwa Gambar diatas bukan tanaman biang keladi, namun merupakan tanaman hias keladi. Tanaman keladi merupakan sebutan untuk tanaman hias daun dengan genus Caladium dan Alocasia.

Sama halnya seperti Alocasia, keindahan tanaman ini terletak pada daunnya yang eksotis dengan bentuk yang menyerupai daun talas. Jenis tanaman hias ini banyak dimanfaatkan oleh para kolektor untuk menghiasi ruangan rumah mereka, baik di dalam maupun di luar ruangan tanaman ini akan menambah kesan alami.

Monstera obliqua (Janda bolong)

Tanaman hias  Janda bolong
Janda bolong
Sama halnya dengan Monstera Deliciosa, Tanaman hias ini masih termasuk kedalam silsilah keluarga Philodendron, terutama monstera. Monstera sendiri berasal dari bahasa latin yaitu "Monstrous" yang berarti abnormal. 

Meski memiliki nama yang sama namun bedanya dengan Deliciosa, jika Deliciosa memiliki aksen robek-robek beda halnya dengan Obliqua, si Obliqua ini memiliki bentuk daun oval yang agak panjang serta memiliki lebih dari satu bolong di permukaan daunnya. 

Karena hal itulah masyarakan indonesia lebih akrab dengan sebutan janda bolong.Namun Di benua Amerika, tanaman ini lebih dikenal dengan sebutan swiss cheese plant karena bentuknya yang menyerupai keju swiss yang berlubang.

Black cardinal

 Black cardinal
Black cardinal
Memiliki Nama latin Philodendron black cardinal yang merupakan tanaman hias indoor dengan silsilah keluarga philodendron, dalam kata lain si black ini masik satu keluarga dengan mostera.

Tanaman hias daun ini sangat cocok untuk menambah koleksi tanaman hias anda karena memiliki daun yang eksotis, serta tidak merepotkan dalam perawatannya alias mudah dirawat.

Untuk harganya sendir tanaman jenis philo ini cukup tergolong mahal, untuk bibitnya saja  yaitu berlisat antara IDR 50,000.00 ke atas untuk per satuannya, bahkan Black cardinal variegata bisa mencapai jutaan rupiah. Semakin eksotis daunnya semakin mahal harganya

Anthurium mangkok

tanaman hias Anthurium mangkok
Anthurium mangkok
Setelah beberapa tahun terakhir ketenaran tanaman hias di kuasai oleh keluarga anthurium terutama Gelombang cinta yang digadang gadang harganya bisa mencapai ratusan juta. 

Semakin berjalannya waktu ketenaran tersebut makin memudar hingga saat ini jarang yang membudidayakan anthurium jenis gelombang cinta hal tersebut dikarenakan harga jualnya yang begitu rendah.

Namun dibalik itu semua ada dua jenis anthurium yang masih eksis di kalangan para tanamania yaitu anthurium jenis mangkok dan cobra. bahkan anthurium mangkok ini menggeser dapat menggeser kedudukan sodaranya yaitu gelombang cinta.

Untuk harganya sendiri Anthurium mangkok ini dibandro dipasaran dengan harga Ratusan ribu hingga jutaan rupiah per pot nya. untuk bibitnya biasanya dibandrol dengan harga IDR50,000.00an saja.

Anthurium cobra

Tanaman hias  Anthurium cobra
Anthurium cobra
Sama halnya dengan anthurium mangkok, jenis ini juga masih satu keluarga dengan tanaman anthurium. Sedangkan Anthurium sendiri termasuk kedalam keluarga Araceae yang memiliki pesona yang indah pada daunnya. 

Daun pada tanaman anthurium memang berbentuk indah, unik, dan bervariasi. Dengan warna daun berwarna hijau tua, serta memiliki urat dan tulang daun yang besar serta menonjol disekitaran daunnya.

Sehingga jika telah dewasa, tanaman ini terlihat kekar dan eksotik, maka dari itu tanaman ini cocok untuk menadi tambahan koleksi tanaman hias anda. Bahkan tidak heran jika tanaman Anthurium memancarkan kesan mewah dan eksklusif.

Berbeda dengan jenis anthurium mangkok yang memiliki bentuk daun bulat seperti mangkok, jenis cobra ini memiliki bentuk daun yang cenderung melebar

Tanaman Kadaka

tanaman hias keladi
Keladi
Beberapa orang yang menanam kadaka ini mengatakan bahwa mereka menyukai kadaka karena daunnya yang bergelombang dan berwarna hijau muda. Bentuk daun kadaka yang unik, membuatnya diminati oleh banyak orang.

Dengan perawatan yang baik, tentunya akan menambah ke eksptisan tanaman hias ini, namun ada yang harus diperhatikan saat ingin mengaplikasikan kadaka sebagai penghias ruang.

Seperti tanaman paku-pakuan lainnya, kadaka memiliki serbuk spora yang dapat mengganggu Anda yang memiliki alergi terhadap spora,jadi bijaklah dalam mengaplikasikannya.

Kadaka sendiri merupakan jenis tanaman paku-pakuan yang banyak ditemukan di dearah yang sejuk dan lembap.Tanaman ini biasanya hidup menempel pada batang tanaman, namun dapat juga ditanam dalam media pot.

Tanaman Agave 

tanaman hias agave Agave
Agave
Sepintas tanaman ini mirip dengan lidah buaya, namun bedanya dengan lidah buaya agave tidak memiliki daginga yang lembek dan cenderung keras, Selain itu karena bentuknya yang unik yang unik menjadikan tanaman ini banyak diminati sehingga banyak pula yang mmenjadikannya sebagai koleksi tambaha.

Tanaman ini umumnya memiliki duri disetiap ujung daunnya serta pertumbuhannya tergolong lambat.

Tanaman agave merupakan tanaman penghasil serat alam, selain itu tanaman ini juga sering disebut dengan centry plan, Penyeutan naman tersebut dikarenakan tanaman ini membutuhkan waktu yang sangat lama untuk berbunga.

Namun setelah berbunga biasanya tanaman ini akan mati, meski begitu tanaman agave juga tergolong mudah untuk diperbanyak


Bromelia

Tanaman hias  Bromelia
Bromelia
Tanaman yang bentuknya unik dengan naun yang memiliki warna yang mencolok ini bernaman Bromelia. Beomelia sendiri merupakan sebutasn untuk keluarga tanaman Bromeliaceae yang memiliki jenis sangat beragam. 

Kurang lebih ada sekitar 2,877 spesies bromelia yang berbeda termasuk buah nanas yang satu keluarga dengan tanaman hias ini. untuk perawatannya sendiri tidak begitu sulit,  Hampir semua tanaman jenis bromelia merupakan tanaman asli yang tumbuh di daerah tropis. 

Habitat aslinya sendiri yaitu di tempat yang lembab dan biasanya mereka tumbuh di kawasan hutan rindang atau si bromelia ini bisa tumbuh sebagai epifit dengan kata lain tumbuhnya melekat pada pohon.

Itu artinya bromelia di adaptasi untuk iklim yang hangat, basah dan teduh dan indoor merupakan tempat yang baik untuk bromelia. Namun bisa juga diletakkan dluar ruangan asalkan tidak terekspos sinar matahari langsung dalam jumlah besar. 

Jika tetap diletakan ditempay yang terpancar sinar matahari berlebih akan mengakibatkan kegosongan pada daun.

Pastazanum

Tanaman hias pastazanum
Pastazanum
Sekilas tanaman ini mirip dengan montera deliciosa, namun pastazanum tidak memiliki aksen robek pada daunnya. Sana halnya dengan monstera Pastazanum merupakan tanaman yang masik satu keluarga dengan tanaman philodendron. 

Memiliki daun yang berbentuk hati, besar serta memiliki urat kontras yang lebih ringan. Tanaman ini benar-benar tampak hebat sehingga akan menambah kesan alami pada sebuat tempat.

Pastazanum sendiri Sangat mudahdalam perawatannya dan mudah pula tumbuh. Daunnya panjangnya sekitar 2 kaki dan batangnya sendiri merangkak langsung di tanah atau di dalam pot.

Philodendron orange juice

Tanaman hias Orange juice
Orange juice
Berbeda dengan jenis tanaman daun anthurium, philodendron ini memiliki warna daun yang lebih beragam, seperti warna hijau muda, warna kuning mencolok, merah, jingga, hingga cokelat kehitaman. 

Karena keaneka ragam warna pada daun philodendron, maka philodendron pun memiliki julukan berbeda sesuai dengan warna daunnya, seperti Philodendron Orange Juice ini karena warna daunnya dapat memberikan kesegaran seperti jus jerukserta tidak luput dengan kesan alami.

Untuk perawatan dan pemeliharaan Jus Jeruk Philodendron ini cukup mudah karen Philodendron dapat hidup dengan minim cahaya atau tempat panas yang ternaungi, sehingga dapat menjadi tanama hias outdoor maupun indoor. 

Meski begitu, Philodendron akan tumbuh lebih baik lagi di daerah dataran tinggi yang berhawa sejuk, di mana akan berpengaruh pada warna daun menjadi kian pekat dan posturnya yang kompak.

Calathea

Tanaman hias calathea
Calathea
Tanaman yang memiliki corak daun dekoratif dengan dominasi warna putih serta kombinasi putih ini merupakansalah satu genus tanaman dari keluarga "Marantaceae"  yang bisa tumbuh dengan ketinggian maksimal 30 sampai dengan 50 cm. Untuk menanam dan merawat  tanaman calathea ini ternyata tidak terlalu sulit.

Untuk menanamnya, Anda harus mengambil anakannya dari induk calathea yang sehat. Agar pertumbuhan lebih optima Media yang digunakan pun sebaiknya menggunakan tanah yang dicampur dengan pupuk kandang, sekam bakar, serta cocopeat atau serbuk kelapa yang berasal dari kulit kelapa yang sudah tua. Baru setelah itu anakan calathea ditanam ke dalam pot.

Alocasia tengkorak

tanaman hias alocasia
Alocasia Tengkorak
Seperti keluarga Araceae lainnya, keelokan Alocasia terpancar dari keindahan daun-daunnya. Sepintas, daun Alocasia memang mirip dengan Caladium, Colocasia, dan Xantoshoma.

Yang membedakan adalah posisi munculnya perbungaan, daunnya lebih tebal dan kokoh, urat daunnya lebih menonjol dengan warna mencolok, serta beberapa spesies daunnya dilapisi beludru dan berbulu.

Sama halnya seperti alocasia silver dragon bentuk dan ukuran daunnya hampir sama dengan alocasia pada umumnya, namun yang membuatnya istimewa jenis ini adalah warna daunnya yang berwarna hijau hetiamat yang mengilap serta di hiasi dengan aksen tengkorak.

Kuping Gajah

tanaman hias  Kuping gajah
Kuping gajah
Tanaman hias Kuping Gajah adalah tanaman yang masuk dalam spesies bunga anthurium yang memiliki nama latin Anthurium Crystallinum. 

Sama halnya seperti lidah gajah Di Indonesia sendiri tanaman kuping gajah sangat sering dijadikan bunga hias dan sudah sangat familiar di kalangan masyarakat.

Selain itu Kuping gajah merupakan tanaman tropis. Tanaman ini juga sangat cocok jika di lestarikan di Indonesia karena cocok dengan cuaca di Indonesia yang beriklim tropis.

Dengan memiliki corak warna pada permukaan daun dapat menambah kecantikan tanaman kuping gajah untuk dijadikan hiasan, berbeda dengan dengan gelombang cinta, tanaman ini masih eksis dan masih diperjual belikan hingga sekarang.

Bentuk tangkai kuping gajah ini sangat ramping, serta memiliki bentuk daun yang menyerupai bentuk kuping hewan gajah, karena hal itulah tanaman ini disebut kuping gajah 

Palem hias

Tanaman hias  Palem hias
Palem hias
Bagi Anda yang menyukai tanaman hias untuk di letakkan di dalam ruangan, Anda bisa coba salah satu tanaman hias yang saat ini sedang disukai oleh banyak orang, yaitu pohon palem hias. 

Tanaman hias bisa memberikan suasana yang asri, nyaman, dan tenang dalam rumah, sehinga tanaman ini bisa sangat menambah kesan alami yang sangat bermanfaat untuk relaxasi. Tampilan pohon palem hias dapat membuat setiap orang tertarik untuk mengkoleksi tanaman ini karena begitu cantik dan rupawan.

Perawatan dari pohon palem hias juga relatif mudah. Selain itu Jenis-jenis dari pohon palem hias juga sangat beragam. sehingga anda tidak akan merasa bosan dengan tanaman hias ini.

Bonsai Bringin

tanaman hias Bonsai beringin
Bonsai beringin
Umumnya tanaman ini sering dibuat dan dibentuk untuk dijadikan tanaman hias bonsai. Selain cantik, Beringin juga menjadi salah satu tanaman perindang yang sengaja ditanam di tengah alun-alun depan balai desa sampai depan istana raja atau istana negara. 

Ada yang beranggapan pohon ini memiliki sifat magis, sehingga sering disebut resan. Sifat magis tersebut semakin terasa ketika masih ada masyarakat yang membungkus pangkal batang tanaman beringin dengan kain mori.

Selain itu ada sesajen atau panjang ilang yang ditaruh di celah-celah pohon sewaktu ada hajatan. Namun dibalik itu semua Banyak pula pemburu tanaman hias yang menjadikan tanaman ini sebagai tanaman bonsai, bahkan harganya juga tergolong tinggi, jika sudah memenagkan kompetisi.

Untuk bahan bonsainya saja, bisa dibandrol dengan harga ratusan ribu, untuk bonsai yang sudah jadi Harganya bisa mencapai IDR2000,000.00 lebih. 


Tanaman Puring

tanaman hias daun  puring
puring
Tanaman ini masih menjadi primadonanya tanaman hisa daun. sama halnya seperti tanaman hias aglaonema, keindahan tanaman ini terletak pada gradasi warnanya yang unik dan indah.

Tanaman puring bukanlah tanaman hias biasa, hal tersebut dikarenakan tanaman puring memiliki segalanya yang terdapat pada tanaman hias. Tanaman puring memiliki warna daun yang pekat dan penuh dengan gradasi corak. Selain cantik, daunnya juga tumbuh lebat sehingga menghadirkan kesan asri yang menyejukkan. 

Terlebih perawatannya pun terbilang mudah sehingga tanaman ini tidak akan merepotkan pemilik. Maka dari itu, tidak heran jika banyak yang menggunakan tanaman hias daun ini sebagai tanaman hias indoo. 

Selain itu, tanaman yang memiliki nama spesies "Codiaeum variegatum" ini merupakan tanaman herbal yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit.Makadari itu tanaman puring memang bukanlah tanaman hias biasa.

Peperomia

Tanaman hias  peperomia
peperomia
Umumnya peperomia ditanam didalam pot sebagai tanaman hias indoor, meski ada beberapa spesies lain yang memiliki fungsi yang berbeda. 

Tercatat ada sekitar 1.600 varietas tanaman dari genus familly peperomia ini. Umumnya tanaman peperomia ini memiliki ciri khas pada daunnya yang tebal. ketebalan daunnya berfungsi untuk menyimpan cadangan air, maka dari itu tekstur daun peperomia ini umumnya basah.

Semakin berjalannya waktu, peperomia juga muncul tampilan variegata yaitu dengan radasi warna krem sampai putih pada area daunnya. Anda bisa mengkoleksi jenis variegatanya untuk dijadikan tanaman hias indor karena memang kemiliki bentuk dan tampilan yang eksotis.

Itulah kumpulan tanaman hias daun yang tentunya sedap dipandang mata. menarik bukan..?
Baca juga : 100+ Gambar bunga cantik dan penjelasannya
Note
"ikuti terus update arikel kami di Server tanamania"


Terimakasih dan semoga bermanfaat

0 Comments

Post a comment