Bunga Sepatu : Gambar, Jenis-Jenis, Manfaat, Cara Menanam Dan Perawatannya (Lengkap)

Bunga sepatu atau kemang sepatu merupakan tanaman perdu hias dari suku malvaceae yang asalnya dari asia timur dan memiliki nama latin Hibiscus rosa-sinensis.

Selain itu bunga sepatu memiliki banyak varian warna selain warna merah yang sering kita dijumpai , warna-warna tersebut terdiri dari warna putih, merah, merah muda, kucing, biru, hingga merah dengan campuran gradasi warna putih, serta memiliki bentuk yang beragam.

Bunga sepatu ini memiliki 5 helai kelopak bunga yang juga dilindungi oleh epicalyx atau kelopak pelindung sehingga membuatnya terlihat seperti memiliki dua lapis kelopak bunga. Pada umumnya tanaman dari bunga sepatu ini bisa tumbuh mencapai 2 hingga 5 meter tergantung usia tanamannya.

Selain itu tanaman ini memiliki daun yang berbentuk bulat seperti telur serta memiliki ukuran yang cukup lebar namun ujungnya dari daunnya berbentuk runcing.

Umumnya tanaman ini akan berbunga disepanjang tahun jika ditanam di daerah yang beriklim tropis, sedangkan di kawasan dengan iklim subtropis bunga ini akan berbunga milai dari musim panas hingga musim gugur saja.

Jenis jenis bunga sepatu

Gambar bunga sepatu
Gambar bunga sepatu
Nah, mengingat bunga sepatu memiliki banyak varian warna dan jenisnya, oleh karena itu Server tanamania akan membagikan ulasan terkait jenis-jenis bunga sepatu dan gambarnya. Untuk itu, mari kita simak ulasannya dibawah ini

Hibiscus Rosa-Sinensis Plenus (Mawar Ganda Tiongkok)

Jenis jenis bunga sepatu
Bunga sepatu "Mawar ganda tiongkok"
"Kenapa sih disebut bunga ganda Tiongkok ?."
Pada dasarnya bunga ini memiliki nama umum kembang sepatu, namun bunga sepatu jenis ini memiliki sebutan lain yaitu Double Rose of China. Kembang sepatu jenis ini memiliki dua varian warna yaitu warna merah tua dan merah muda, serta memiliki mahkota bunga yang ganda dan bentuknya sekilas mirip dengan bunga mawar. Itu sebabnya bunga sepatu jenis ini disebut mawar ganda tiongkok.

Bunga sepatu jenis ini mudah sekali dibudidayakan, pasalanya tanaman dari bunga ini bisa diperbanyak dengan cara stek batang, perlu kamu ketahui bunga sepatu jenis ini sangat toleran terhadap naungan.

Hibiscus Schizopelatus

Jenis jenis bunga sepatu dan gambarnya
Bunga sepatu gantung
Bunga sepatu jeni ini emiliki bentuk yang berbeda dari bunga sepatu lainnya sehingga membuatnya lebih terlihat menarik. Bunga sepatu jenis ini memiliki bentuk seperti lentera dengan tangkai bunga yang cukup panjang. 

Saat saya masih kecil bunga ini sering dijumpai di halaman-halaman tetangga yang digunakan sebagai pagar halaman, namun saat ini bunga sepatu jenis ini sudah mulai sulit ditemukan tanaman ini bisa diperbanyak dengan cara cangkok dan stek batang.

Nah jika kamu melihat bunga sepatu jenis ini di halaman orang, tidak ada salahnya untuk memperbanyaknya namun dengan catatan harus izin dulu pada pemiliknya.

Hibiscus Rosa - Sinensis Albus

Gambar bunga sepatu
Hibiscus Rosa - Sinensis Albus
Bunga sepatu jenis ini merupakan jenis yang paling umum ditemukan serta lebih rajin berbunga. Bunganya memiliki berbagai varian warna seperti warna putih, merah tua dan merah muda, serta memiliki bentuk ukuran sedang dan bermahkota tunggal.

tanaman kembang sepatu jenis ini dapat berbunga disepanjang tahun jika ditanam di daerah yang beriklim tropis, sedangkan di kawasan dengan iklim subtropis bunga ini akan berbunga milai dari musim panas hingga musim gugur. Bunga sepatu jenis ini apat diperbanyak dengan cara stek batang dan cangkok, tergantung gabaimana cara kamu melakukannya.

Hibiscus Rosa-Sinensis Cv.Natal

Jenis gan gambar bunga sepatu
Hibiscus Rosa-Sinensis Cv.Natal
Bunga sepatu jenis ini memiliki warna yang berbeda dari kembang sepatu jenis lainnya yang membuatnya menjadi ciri khas tersendiri dari bunga sepatu jenis ini.

Pasalnya bunga sepatu Hibiscus Rosa-Sinensis Cv.Natal memiliki warna dasar dengan gradasi warna  lain seperti merah pekat didalamnya serta terdapat warna merah muda diantara perbatasan putih dan merah tua.

Selain itu bunganya memiliki bentuk yang berukuran sdang dengan mahkota tunggal, bunga sepatu jenis ini banyak ditanam di afrika selatan dan dapat diperbanyak dengan cara stek batang dan cangkok.

Manfaat bunga sepatu

Gambar bunga sepatu
Gambar bunga sepatu cantik
Tahukan kamu selain memiliki banyak jenis dan varian warna, bunga sepatu juga memiliki banyak manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan kita, Inilah 6 manfaat si cantik bunga sepatu yang  sangat berguna bagi kesehatan manusia.

Mengeluarkan racun dalam tubuh

Manfaat bunga sepatu yang pertama ialah dapat mengeluarkan racun dalam tubuh. untuk cara meracik dan mengkonsumsinya cukup mudah, kamu hanya perlu mengolahnya menjadi teh saja lalu kamu dapat diminum.

Terh yang terbuat dari kelopak bunga sepatu dipercaya dapat mengeluarkan racun karena memiliki kandungan anti-oksidan tinggi yang bisa membantu tubuh dalam proses pengeluaran racun.

Menjaga kesehatan kulit

Tak hanya untuk kesehatan saja, ternyata bunga sepatu sangat berguna untuk meremajakan wajah. Hal tersebu dikarenakan kandungan minyak yang ada pada bunga sepatu dapat membantu untuk membersihkan kulit wajah kamu.

Selain itu didalam bunganya memiliki kandungan anti inflasi yang bisa membantu mengatasi masalah jerawat pada wajah kamu serta mengangkat sel kulit mati. Untuk pengaplikasiannya cukuplah mudah, kamu hanya perlu mengambil kelopak bunga sepatu lalu remas saja bunganya dan gosokkan di area wajah kamu .

Menyembuhkan batuk dan sariawan

Selain dapat mengusir racun dalam tubuh, kembang sepatu juga berkhasiat untuk menyembuhkan batuh dan sariaan. Cara pengolahannya cukup sederhana, kamu hanya perlu mengambil beberapa helay daun kembang sepatu lalu cuci hinga ersih, setelah itu rebus daun tersebut dengan air yang mendidih selama 15 menit. Jika sudah saring airnya lalu minum air rebusan tersebut, Cukup mudah buakan.

Menyembuhkan Bronkhitis

Bronkhitis merupakan sebuh penyakit yang diakibatkan oleh peradangan pada bronchus yang dapat mengakibatkan ketergantungan terhadap kinerja dari saluran pernapasan menuju paru paru. dan Bunga sepatu bisa mengatasi masalah tersebut.

Cara pengolahannya pun cukup sederhana, yaitu dengan merebus bunga sepatu selama beberapa menit, setelah sirbus kamu bisa langsung menyaring  dan meminum air rebusannya.

Menyembuhkan Gondokan

Gondok merupakan penyakit yang disebabkan oleh pembesaran kelenjar tiroid, orang yang menderita gondok biasanya disebut gondokan. Penyakit ini biasanya ditandai dengan pembengkakan pada leher di bagian sisi bawah dekat area jakun.

Untuk mengatasi penyakit ini, kamu bisa menggunakan bunga sepatu sebagai upaya pengobatan, caranyapun cukup sederhana yaitu dengan merebus akar kembang sepatu didalam air mendidih selama kurang lebih 1 jam, lalu pakai sebagai obat kompres.

Obat Sakit Kepala

Hampir semua orang pernah mengidap sakit kepala, dan kebanyakn dari mereka selalu mengkonsumsi obat warung untuk mengobatinya. Namun tahukah kamu bahwa sakit kepala juga bisa disembuhkan sengan ekstrak dari bunga sepatu.

Ternyata bunga sepatu juga dapat mengobati sakit kepala, pengolahannya juga cukup mudah dilakukan. kamu dapat merebus daun dari bunga sepatu selama kurang lebih 30 menit, setelah itu airnya dapat lengsung digunakan sebagai kompresan untuk mepala kamu 

Cara menanam bunga sepatu

Gambar bunga sepatu tercantik
Gambar bunga sepatu tercantik
"Tertarik untuk menanamnya?". tenang! Kami punya informasi menarik seputar cara menanam dan merawar tanaman kembang sepatu.

Selain bunganya yang berbentuk indah dengan varian warna yang beragam, mengingat kembang sepatu merupakan tanaman perdu, maka kamu juga bisa memanfaatkan tanamanya sebagai pagar halaman di rumah kamu.

Selain itu masih kamu juga bisa memanfaatkan tanaman dan bunganya untuk rempah rempah yang berguna untuk menyembuhkan penyakit.

Untuk lebih jelasnya mengania cara memperbanyak bunga sepatu, berikut ini langkah-langkah menanam dan memperbanyak bunga sepatu yang dapat kamu lakukan dirumah.

Memulai penanaman kembang sepatu

Untuk melakukan penanaman tanaman kembang sepatu, kamu bisa menggunakan tiga cara, yaitu dengan cara stek batang, cangkok dan penanaman langsung dari bijinya. Namun saya lebih menyarankan kamu untuk melakukan penanaman dengan menggunakan metode cangkok atau stek batang batang, karena dengan metode tersebut prosesnya bisa dikatakan cukup cepat jika dibandngkan dengan menanamnya langsung dari biji.

Berikut ini cara menanam bunga sepatu dengan stek batang
  1. Lakukan pemotongan pada dahan yang ingin dijadikan bibit.
  2. lalu siapkan pot atau polybag dan media tanam sebagai langkah awal untuk menumbuhkan akar.
  3. Gunakan tanah gembur yang netral untuk media tanam batang yang belum berakar "Stek batang"
  4. Oleskan cairan perangsang akar guna untuk memancing pertumbuhan akar. Jika tidak punya, kamu bisa menggunakan bawang merah sebagai perangsang akarnya.
  5. Setelah itu tancapkan batang tanaman kembang sepatu yang sudah disiapkan sebelumnya.
  6. Jangan lupa untuk melakukan penyiraman, kamu juga bisa menyim media tanam dengan menggunakan cairan perangsang akar
  7. Agar hasilnya lebih optimal, kamu bisa menutupnya dengan menggunakan plastik guna untuk menjaga kelembapan media tanah.
  8. Pantau perkembangannya dan pastikan agar terhindar dari pertumbuhan rumput.
Setelah 2 minggu biasanya batang sudah bisa memunculkan tunas baru untuk pertumbuhan daun dan batang baru.

Jika batangnya sudah emunculkan tunas baru, itu artinya kamu siap memindahkannya ke media tanam permanen seperti halaman rumah dan lain sebagainya.

Berikut ini cara memindahkan bibit tanaman
  1. Lakukan penggalian pada lokasi yang ingin ditanami kembang sepatu
  2. Buat lubang untuk bibit dengan memiliki kedalaman sepanjang akar tanaman
  3. Beri jarak antara tanaman sekitar 6 atau 9 meter
  4. Masukkan setiap tanaman dengan tidak merusak bola akar tanaman kembang sepatu
  5. Kubur kembali bibit tersebut setinggi pangkal batang.
  6. Siramlah kembang sepatu secepatnya apabila proses penanaman telah selesai di lakuakan
  7. Perhatikan selalu kelembaban dari kembang sepatu yang telah ditanam dan pastikan disiram secara teratur
  8. Pastikan selalu tanahnya basah di sepanjang waktu
  9. Perhatikan selalu setiap hari dari adanya hama pengganggu
Untuk melakukan penanaman dengan menggunakan teknik cangking batang, Metodenya sama seperti melakukan penyangkonan pada pohon lain.

Cara merawat bunga sepatu

Gambar bunga sepatu cantik
Gambar bunga sepatu indah
Jika kamu sudah melakukan penanaman, tentunya kamu juga harus melakukan perawatannya guna untuk mempersepat pertumbuhan dan memperbanyak bunga.

Untuk melakukan perawatan tanaman kembang kertas kamu bisa melakukan dua cara ini :

Penyiraman dan pemukukan

lakukan penyiraman secara rutin dengan tetap memperhatikan media tanam, dengan kata lain pastikan supaya meda tanamnya tidak terlalu lembab. Selain itu lakukan juga pemukuna guna untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman, kamu bisa menggunakan pupuk kompos alami.

Pemangkasan

Agar kembang sepatu bisa berbunga dengan lebat, kamu harus melakukan pemangkasan pada ranting dan daun tanaman serta rangting yang sudah mati. Pemangkasan juga dilakukan untuk menjaga keindahan tanaman.

Silahkan lakukan pemangkasan pada ranting dan batang dengan tetap menjaga estetika atau keindahan bentuk tanaman. Dengan melakukan pemangkasan diharapkan dapat memicu pertumbuhan pucuk bunga yang lebih banya.
Lihat juga : Gambar bunga mawar dengan berbagai warna dan maknanya
Demikianlh artikel terkait bunga sepatu kali ini, semoga dengan artikel ini dapat menambah wawasan kamu.
Terimakasih dan semoga bermanfaat

0 Comments

Post a comment