Bunga Aster : Jenis Jenis, Gambar, Cara Menanam dan Perawatannya

Bunga aster adalah salah satu tanaman yang berasal dari daerah tiongkok, yang sangat populer di indonesia dan dunia.

bunga indah ini banyak ditanam sebagai tanaman hias karena memiliki banyak variasi jenis dan warna yang indah.

Dari sekian banyak variasi warna dan jenisnya, yang paling banyak di tanam dan sering dijumpai ilaha bunga aster yang berwarna ungu.

Mengingat bunga aster merupakan tanaman hias bunga dan banyak di disukai oleh masyarakat.

Maka dengan membudidayakan tanaman ini bisa menjadi peluang bisnis yang mejanjikan. Selain itu, bunga aster juga memiliki banyak manfaat yang sangat berguna bagi kehidupan manusia.

Dalam perihal penanaman dan perawatannya, tanaman hias ini sangat mudah di ditanam sehinga tidak membutuhkan tenaga dan waktu extra untuk menanamnya.

Tertarik untuk menanam bunga aster ?

Jika anda tertarik, berikut ini server tanamania akan membagikan rangkuman ulasan lengkap tentang bunga aster mulai dari ciri ciri bunga aster, jenis bunga aster dan gambarnya, hingga cara menanam dan merawat bunga aster.

"Happy reading"

Ciri Ciri Bunga Aster

Gambar bunga aster
Gambar bunga aster
Untuk mengetahui ciri ciri bunga aster tidak cukup hanya mengetahui bentuk bunganya dari gambar bunga aster di atas, ada beberapa ciri cir marfologi bunga aster yang harus kamu ketahui.

Ciri ciri buga aster tersebut adalah sebagai beriku. 

  1. Jika dilihat secara fisik, bunga cantik ini memiliki entuk yang hampir menyerupai bintang, mulai dari bentuk bulat hingga mirip cakram.
  2. Bunga aster memiliki kelopak bunga yang masing masing helaiannya tersusun dan membentuk lingkaran.
  3. Memiliki Tangkai bunga yang beragam, mulai dari yang pendek, hingga yang berukuran panjang.
  4. Ukuran bunganya juga bervariasi, berdiameter antara 4 hingga 7 cm.
  5. Daun tanaman bunga aster umumnya berwarna hijau, berbentuk lanset, serta tidak lebar dan tepi daun agak bergigi.
  6. Sedangkan buntanya memiliki tinggi rata-rata 30 sampai 70 cm.
  7. Bungnya memiliki banyak kelopak dan bukan merupakan bunga tunggal, melainkan bunga majemuk.
  8. Bunga aster juga memiliki banyak varian wana mulai dari warna merah, ungu, kuning, biru, putih dan lain-lain.
Itulah ciri ciri yang mencolok dari bunga aster.

Jenis Jenis Bunga Aster

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa bunga aster memiliki banyak varian jenis danwarna, dengan begitu tentunya menanam bunga aster bukanlah suatu kegiatan yang membosankan.

pasalnya kita dapat memilih jenis bunga aster apa yang akan kita koleksi. Meskipun kita mengkoleksi semua varian jenisnya, tetap saja tidak akan membuat kica cepat merasa bosan lantaran warna bunga aster cenderung berseba berdasarkan jenisnya.

Oleh karena itu, untuk membantu anda mengenal jenis jenis bunga aster, berikut ini saya jabarkan jenis jenis bunga aster dan gambarnya.

Bunga aster Alpinus

 Bunga aster alpinus
Bunga aster alpinus
Bunga aster Alpinus merupakan salah satu jenis dari tanaman hias  Aster yang juga merupakan jeis aster asli dari negara eropa, lebih tepatnya di pegunuhngan Alpen.

Bunga aster jenis ini merupakan salah satu jenis bunga aster dari Subspesies atau "grup taksonomik yang sedikit terpisah dari spesies utama" dari spesies asalnya yang berasal dari Kanada dan Amerika Serikat.

Jenis aster ini memiliki beragam variasi warna seperti warna ungu, merah muda, dan warna biru.

Bunga aster amellus

Gambar Bunga aster amellus
Bunga aster amellus
Bunga Aster amellus atauyang memiliki nama latin European Michaelmas-daisy merupakan tanaman herbal abadi yang berasal dari genus Aster dari famili astreraceae.

Bunga Aster amellus ini memiliki makna atau melambangkan sebuah perpisahan. Selain itu, sama seperti jenis aster lainnya.

Aster jenis ini juga merupakan tanaman hias karena ia dapat menghiasi pegunungan Eropa saat musim kemarau tiba.

Aster amellus dapat tumbuh mencapai ketinggian rata-rata 20 hingga 50 sentimeter. Batang berkarakter tegak dan bercabang serta daunnya berwarna hijau gelap.

Bunga aster tataricus

Gambar  Bunga aster tataricus
Bunga aster tataricus
Aster jenis ini juga merupakan salah satu tanaman hias berbunga dari marga aster yang paling populer di dunia.

Di Korea, aster ini disebut sebagai gaemichwi  dan sering dimanfaatkan sebagai tanaman herbal harum yang sering digunakan dalam masakan korea.

Di Cina, tanaman aster ini disebut zǐwǎn dan digunakan sebagai salah satu herbal dari pengobatan cina tradisional yang berfungsi sebagai antibakteri dan lain-lain.

Sedangkan di jepang, tanaman aster jenis tataricus ini juga dikenal dengan sebutan ahion.

Aromatic Aster

Aromatic aster
Aromatic aster
Bunga Aromatic aster atau yang memiliki nama latin Symphyotrichum oblongifolium merupakan tanaman asli dari Missouri yang biasanya terdapat pada batu kapur, lereng-lereng, padang rumput hingga tanah lapang yang kering.

Tumbuhan ini memiliki karakteristik yang lebat, kaku, serta tumbuh rendah di dataran tanah. Selain itu, bunga aster ini memiliki batang yang cenderung berbulu.

Biasanya ia dapat tumbuh sekitar 1-2 m, tinggi dan fitur kecil. Aster jenis ini memiliki daun yang kaku, berbentuk lonjong, berwarna hijau kebiruan.

Seperti namanya, bunga yang satu ini cenderung harum ketika dihancurkan.

Aster tripolium

 Aster tripolium
Aster tripolium
Aster Tripolium atau yang memiliki nama latin "Tripolium pannonicum" ini merupakan salah satu jenis aster yang juga disebut dengan nama Aster laut atau aster pantai.

Aster jenis ini dapat tumbuh mencapai 50 cm dengan bentuk daun yang lanset serta memiliki bunga yang kuntum bunganya berwarna ungu dan mekar mulai dari bulan juli hingga september.

Calico aster

 Calio aster
Calio aster
Bunga aster jenis ini memiliki nama lain "Symphyotrichum lateriflorum" yang merupakan spesies dari tanaman bunga dari keluarga Asteraceae "Aster" yang juga merupakan tanaman asli Amerika Utara di bagian timur.

Di Kepulauan Inggris bunga banyak direferensikan dengan nama atau sebutan lamanya seperti, Aster lateriflorus syn, difusus, vimineus.

lateriflorum ini adalah tanaman perdu yang memiliki karakteristik batang hingga daun yang sederhana seperti daun yang cenderung kaku, berbulu, dan batangnya yang keunguan.

Aster tongolensis

Aster tongolensis
Aster tongolensis
Aster tongolongsis atau yang memiliki nama latin "Asrer tongolensis franch" ini merupakan tanaman perdu yang tingginya dapat mencapai 3 kaki atau 90 cm dengan batang yang tebal dan hampir tidak berdaun.

Bunganya memiliki berbagai varian warna seperti warna violet, blue ray, floret, oranye hingga warna kucing, dan tidak jarang juga memiliki warna putih.

Bunganya dapat mekar muali dari musim panas hingga musing gugur. Selain itu, bunga aster jenis ini memiliki beberapa sebutan sinonim seperti Aster subcoerulea, aster tongolonsis var, Aster tongolensis f, tongolensis dan masih banyak lagi

Cara menanam bunga ster

Selain memiliki banyak variasi jenis dan warna, bunga aster juga tergolong mudah untuk ditanam dan dirawat.

Jika anda tertarik untuk menanam tanaman ni di rumah, berikut kami sajikan ulasan terkait tahapan cara menanam bunga aster dengan mudah.

Oleh karena itu, mari simak ulasannya berikut ini.
Sebelum melakukan penanaman, tentunya kia harus mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, alat dan bahan tesebut antara lain : bibit atau benih bunga aster, sekop mini, media tanam "disarankan tanah humus", wadah untuk media tanam seperti pot atau polybag, jika ditumbuhkan dari benih, emrat, dan air.
Berikut langkah penanamannya :
  1. Langkah pertama, pilihlah tempat yang nantinya akan digunakan untuk meletakkan bunga aster Anda yang baru di semai dengan catatan bahwa temperatur udaranya tergolong sejuk dengan sirkulasi udara yang lancar, serta intensitas penyinaran matahari yang besar.
  2. Selanjutnya siapkan media tanam dan masukan pada pot atau polybag "jika penanaman dilakukan dari benih" dengna perbandingan : pupuk kompos, pasir dan tanah yakni 1 : 1 : 1, lalu siram secukupnya hingga media agak gembur dan lembab.
  3. Jika anda menanamnya dari benih, selanjutnya tanamkan benih bunga aster pada media tanam dalam pot atau polybag sedalam 2 hingga 3 cm, lalu bungkus dengan pelastik guna untuk menjaga kelembaban suhu dalam media tanam.
  4. Setelah melakukan penyemaian, simpan di ruangan yang telah sejuk selama 4 hingga 6 minggu. "Dalam tahapan ini, anda harus memperhatikannya secara rutin", basahi media tanam jika mulai kering. Setelah tumbuh setidaknya 4 helai daun, barulah bibitan baru dari benih bunga Aster ini boleh dipindahkan ke media tanam yang baru.
  5. Namun jika anda melakukan penanaman dari bibitan, selanjutnya pindahkan saja bibitan tersebut dari media tanam sebelumnya ke media tanam yang baru.
  6. Lakukan penyiraman secara rutin dan berkala. Jika cuaca sedang panas, penyiraman dilakukan sekali sehari atau menyesuaikan kebutuhan media tanam, yang terpenting jangan sampai media tanam kering, dan janan pula terlalu basah.
  7. Jangan lupa untuk menaburkan mulsa "bisa menggunakan mulsa serpihan kayu atau plastik) pada media tanam guna untuk mencegah tumbuhnya rumput liar dan menjaga agar media tanam tetap dingin.
Itulah tahapan untuk menanam bunga aster di dalam pot

Jika Anda sudah mengikuti langkah-langkah diatas lalu berencana untuk menanam beberapa bunga sekaligus dalam satu media tanam yang baru, Anda harus memisahkan setiap tanaman bunga aster yang Anda tanam setidaknya dengan jarak 25 cm/tanaman.

Cara merawat bunga aster

Setelah anda melakukan penanaman tanaman, agar hasilnya optimal, tentunya anda harus melakukan perawatan tanaman.

Proses perawatan tanaman bunga aster cukup mudah, cukup dengan menyiangi gulma atau rumput yang tumbuh disekitar media tanam, melakukan pemupukan dan penyiraman secara rutin dan teratur.

Untuk penyiraman dilakukan secara berkala, yakni 2 kali sehari pada pukul 9 pagi dan 3 sore Jika cuaca sedang panas, jika sedang hujan anda tidak perlu menyiramnya karena media tanam sudah lembab.

Note
Tidak dianjurkan melakukan penyiraman pada siang hari karena dapat mengganggu proses fotosintesis.

Demikianlah ulasan terkait bunga aster mulai dari pengenalan karakteristik tanaman, gambar bunga aster berdasarkan jenisnya serta penanaman dan perawatannya. Semoga dapat mereferensi anda
Lihat juga : 100+ Tanaman hias daun yang paling populer di dunia
terimakasih dan semoga bermanfaat

0 Comments

Post a Comment