Bunga Anyelir : Karakteristik, Cara Menanam Dan Perawatannya {Ulasan Lengkap}

Bunga anyelir merupakan tanaman hias berbunga yang juga dikenal dengan sebutan bunga teluki, dan juga dikenal dengan sebutan Carnation flawer dalam bahasa inggris.

Tanaman hias ini menjadi salah satu tanaman hias berbunga yang banyak digemari oleh para pecinta tanaman diIndonesia dan umumnya sering ditanam dihalaman rumah atau juga ditanam dalam pot dan menjadi salah satu penghias teras rumah.

Selain itu, bunga anyelir menjadi salah satu bunga potong yang memiliki harga jual yang cukup tinggi karena memiliki bunga yang sangat eksotis.

Selain dijadikan sebagai penghias taman, bunga anyelir juga kerap diperjual belikan untuk menjadi penghias ruangan dan kerap menjadi bunga hias dalam vas, buket bunga dan lain sebagainya.

Meski harga jualnya tergolong malah, namun minat pembeli bunga potong yang cantik ini tergolong cukup tinggi hinga saat ini. Maka dari itu, budidaya bunga anyelir dapat menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan terlebih lagi masih sedikit pembudidaya yang membudidayakan tanaman hias ini.

Untuk menanam dan merawat bunga anyelir sebetulnya tidak begitu sulit, namun bagi kamu yang belum pernah menanam bunga ini sama sekali sehingga sering gagal membungakan tanamannya, kamu tidak usah khawatir.

Berikut ini akan saya bagikan ulasan terkait cara menanam dan merawat bunga anyelir dengan cara yang efektif. Tapi sebelum melangkah ke tahap tersebut, sebaiknya kita kenali dulu karakteristik bunga anyelir mulai dari ciri ciri dan klasifikasinya.

Berikut ulasannya kami rangkum spesial untuk kalian.

Karakteristik Bunga Bnyelir

bunga anyelir
Gambar bunga anyelir
Tanaman hias ini memiliki nama latin Dianthus caryphyllus dan sering diangap melambangkan kesederhanaan, cinta yang murni dan kesetiaan serta keberuntungan oleh banyak orang.

Tanaman hias ini sering ditanam dihalaman rumah namun lebih sering lagi ditanam dalam pot untuk dijadikan penghias tanam. Selain itu ada beberapa siri yang paling mencolok dari bunga anyelir ini.

Ciri ciri bunga anyelir

Ciri ciri yang mencolok dari tanaman bunga anyelir antara lain sebagai berikut :
  1. Memiliki banyak vareasi warna mulai dari Putih, Merah, merah muda (Pink), Ungu, jingga dan masih banyak lagi warna lainnya."Sering juga ditemukan dengan campuran gradasi warna tertentu"
  2. Memiliki daun majemuk yang bentuknya cenderung panjang dan tajam
  3. Memiliki kelopak bunga tunggal dan ganda, serta memiliki mahkota bunga yang bergerigi dibagian pinggirnya.
  4. Dapat ditanam didataran tinggi dan rendah dengan karakter tanah yang subur dan intensitas cahaya matahari yang minim.
  5. Umumnya dapat hidup selama 18 hingga 20 bulan.
Tanaman bunga anyelir dapat tumbuh mencapai ketinggian 2 meter. Mengingat bunga anyelir memiliki katakteristik tanaman perdu, maka untuk dapat tumbuh hingga 2 meter, perlu memasa ajir untuk menegakkan tanaman tersebut.

Klasifikasi tanaman bunga anyelir

Kingdom  Plantae
Divisi Magnoliophyta
Kelas Magnoliopsida
Familly Caryophyllales
Genus Caryophyllaceae
Ordo Dianthus
Spesies D. caryophyllus
Itulah karakteristik bunga anyelir mulai dari Ciri-ciri, dan klasifikasinya. Jika kamu sudah mengetahui karakteristik tersebut maka kamu siap untuk melakukan penanamannya.

Cara Menanam Bunga Anyelir

Cara menanam bunga anyelir
Cara menanam bunga anyelir
Meski bunga ini dapat ditanam didataran rendah, namun bunga anyelir lebih cocok untuk dibudidayakan di dataran tinggi.

Itulah mengapa Sentra budidaya bunga anyelir ini berada di daerah dengan dataran yang tinggi seperti "Cibodas, Cianjur dan dataran tiggi lainnya di daerah Bandung".

Terdapat dua jenis bunga anyelir yang dapat dibudidayakan, yakni bunga anyelir dengan satu tangkai dan bunga, serta bunga anyelir dengan tangkai dan bunga yang banyak.

Untuk menanam bung anyelir sebetulnya sama seperti menanam tanaman hias lainnya. Namun untuk budidaya, tanaman hias ini memerlukan perawatan yang intens dan lumaya rumit untuk bisa mendapatkan hasil yang optimal.

Bagi kamu yang berminat membudidayakan tanaman hias ini, Berikut langkah langkah yang harus kamu perhatikan dan lakukan.

Syarat tumbuh tanaman bunga anyelir

Sebelum langsung melakukan penanaman dan perawatan bunga anyelir, ada beberapa hal yang menjadi syarat tumbuh bunga anyelir. Dan kamu harus mengetahui itu.

Meskipun Indonesia merupakan negara yang beriklim tropis, sehingga sangat mendukung untuk melakukan budidaya tanaman karena tanahnya yang cukup subur. Namun syara tersebut tidak cukup untuk membudidayakan tanaman bung anyelir.

Beberapa syrata tumbuh tanaman bunga anyelir ini antara lain sebagai berikut :
  1. Daerah dengan hp Tanah 6-7.
  2. Daerah dengan suhu 25-30 drajat celcius (suhu tersebut merupakan suhu ideal untuk budidaya bunga anyelir).
  3. Lokasi strategis yaitu ditataran tinggi pegunungan seperti halnya di sibodas, cianjur dan daerah dataran tinggi bandung lainnya.
  4. Secara teknis, ketinggian tempat yang deal berkisar antara 1000-1200 mdpl
Note
Jika dipaksakan untuk di tanam tidak pada ketinggian lokasi tersebut, maka tanaman ini tidak akan tumbuh dengan optimal bahkan akan mati.

Persiapan alat dan bahan

Setelah kamu mengetahui syarat tumbuh bunga anyeilir Kamu sudah siap untuk melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu persiapan alat dan bahan.

Untuk tapana ini tergantung pada lapak yang ingin kamu gunakan, entah itu di dalam pot untuk ditanam di halaman rumah, atau membudidayaknnya secara langsung di lahan terbuka.

Jika kamu memiliki lahan yang luas, dengan syarat tumbuh yang pas seperti yang telah dijelaskan diatas, maka kamu bisa menanamnya ditempat tersebut untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan optimal.

Namun jika kamu ingin menanamnya di dalam pot maka kamu bisa memperiapkan beberapa alat dan bahan dibawah ini agar pemeliharaan lebih efektif dan tidak memakan lahan yang luas.

Alat dan bahan tersebut antara lain :
  1. Benih atau bibit bunga anyelir
  2. Pot atau polybag yang berdiameter di atas 35cm.
  3. Cangkul tanaman dan alat pengayak
  4. Media tanam berupa : Pupuk Kompos, Tanah, dan pasir dengan perbandingan 1:1:1 Bisa juga menggunakan "Cocopeat"
Note
Pilih pot sesuai selera dari bahan pelastik atau bahan tanah liat tergantung gayamu dan yang menurutmu lebih praktis

Langkah langkah penanaman bunga anyelir

Setelah alat dan bahan yang telah disbutkan diatas sudah siap maka tahapan selanjutnya ialah melakukan penanaman bibit bunga anyelir.

Secara teknis, untuk melakukan penanaman bunga anyelir ini sama sepert menanam tanaman hias lainnya.

Untuk melakukan penanaman bunga anyelir dengan cara yang efektif, kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Bersihkan pot terlebih dahulu dengan a cara mencuncinya menggunakan air yang bersih, setelah itu keringkan pot tersebut. Jika kamu meggunakan polybag, maka skip saja langkah ini.
  2. Masukan media tanam kedalam pot atau polybag tersebut dengan komposisi media tanaman yang telah jelaskan diatas.
  3. Masukkan benih berupa biji dengan jumlah lebih dari 1. Bisa memasukan 2-6 bibit disetiap potnya.
  4. Hal tersebut bertujuan untuk melkukan penyemaian didalam pot dan mengantisipasi jika terdapat bibit yang tidak tumbuh.
  5. Setelah tanaman tumbuh dan berusia 2-3 minggu, maka tanaman bisa langsung dipindahkan pada pot perindinidu tanaman.
  6. Lakukan penyiraman dua kali sehari yaitu di pagi dan sore hari. Penyiraman dilakukan secara berkala dan hindari penyiraman yang terlalu berlebihan.
  7. Selanjutnya, letakkan pot yang berisi tanaman bunga anyelir ini ditempat yang minim akan intensitas cahaya matahari.

Setelah kamu berhasil menana bunga anyelir hingga berusia cukup dewasa maka kamu bisa melakukan perawatan yang akan saya paparkan dibawah.

Cara Merawat Bunga Anyelir

Cara Merawat bunga anyelir
Merawat bunga anyelir
Meski bunga aster ini memerlukan perawatan yang cukup intensif, namun kamu bisa melakukannya secara santuy dengan mengaplikasikan langkah-langkah perawatan dibawah ini.

Penyiraman tanaman

Bunga anyelir merupakan tanaman yang menyukai media tanam yang lembab dengan pancara sinar matahari yang minim.

Untuk itu, lakukan penyiraman setidaknya 2X sehari diwaktu pagi antara jam 6-7 pagi dan sore hari, lebih tepatnya jam 5 sore.

Lakukan penyiraman hingga air tersebut keluar dari lubang-lubang pot. Pastikan pot memiliki lubang yang cukup sehingga tidak terjadi genangan air didalam pot. Jika terdapat genagan air didalm pot maka akan terjadi pembusukan pada akar.

Pemupukan tanaman

Pwmbwrian pupuk sebaiknya dengan mencampurkan pupuk Urea 2g, ZA2g, KNO31g dan TSP0,1g kedalam 1 liter air. Air tersebut disiramkan ke media tanam. Setiap 1 liter air diberikan pada 5 pot tanaman.

Lakukan pemupukan secara rutin dengan frekuensi penyiraman 2 minggu sekali. Untuk penyiraman pertama dilakukan saat tanaman berusia 2 minggu pasca penanaman.

Penyiangan

Penyiangan dapat dilakukan dengan cara mencabut gulma atau rumput yang tumbuh di sekitaran media tanam.

Tujuan dari penyiangan ini ialah untuk mengantisipasi nutrisi yang dicuri oleh gulma sehingga nutrisi dapat sepenuhnya diserap oleh akar bunga anyelir.

Pemangkasan pertama

Mengingat bunga anyelir merupakan salah satu bunga potong yang memiliki harga jual yang cukup mahal, maka diperlukan pemangkasan disetiap perawatan tanaman guna untuk mendapatkan hasil bunga yang lebih optimal.

Pemangkasan dilakukan dengan cara memangkas tangkai yang tidak diperlukan dan hanya menyisakan 1 tangkai untuk 1 bunga saja.

Hal tersebut bertujuan untuk mengalirkan nutrisi pada daun secara maksimal sehingga mendapatkan bunga dengan ukuran yang besar dan warna yang indah.

Pengendalian Hama Tanaman

Penyakit layu (Fusarium)
Pada dasarnya tanaman anyelir sangat rentan terserang penyakit layu atau fusarium. Untuk itu, jika kita melakukan pennaman bunga anyelir di lahan yang luas, kita dapat mengantisipasi penyakit tersebut dengan cara memberikan basamind pada media tanam sebelum melakukan penanaman.

Hal tersebut setidaknya dilakukan 2 minggu sebelum melakukan penanaman, dan setelah media tanam netsal maka media tanam sudah siap dipakai. Untuk dosis penggunaan basamind sebaiknya gunakan sesai dengan dosis yang dianjurkan.

Hama ulat dan tungau
Selain penyakit fusarium, tanaman ini juga rentan terserang hama seperti ulat dan tungau, jika dibiarkan begitu saja, maka perlahan tanaman akan mati.

Untuk itu, kamu bisa mengendalikan penyerangan hama dengan cara menberikan Furada 3G dan diberikan langsung pada tanaman.

Sedangkan untuk penyerangan hama tungau, kamu bisa mengendalikannya dengan cara menyemprotkan sairan Ripcord 5EC setiap 2 minggu sekali dengan dosis yang dianjurkan.

Masa Panen Bunga Anyelir

Panen bunga anyelir
Gambar bunga anyelir cantik
Setelah tanaman berusia 5 bulan, maka tanaman sudah siap dipanen. Kamu tinggal menunggun hingga bunga tersebut mekar.

Selain itu, kami anjurkan untuk melakukan pemanenan diwaktu sore hari. Hal tersebut bertujuan untuk memperpanjang masa kesegaran bunga.

Lakukan pemanenan dengan cara berikut :

  1. Potong tangkai bunga menggunakan gunting khusus yang berseh dengan ukuran kurang lebih 30cm dibawah bunga.
  2. Letakkan bunga di keranjang ayau wadah bunga yang bersih.
  3. Setelah itu, ikat bunga dengan jimlah bunga 12 tangkai/Ikat.
  4. Untuk menjaganya agar tetap mekar, letakkan tangkai yang tersebut pada cairan Chrysal selama 2jam dengan posisi bunga berdiri. "Semakin lama perendaman akan semakin baik dan menjaga bunga agar tetap segar selama 1 minggu."

Artikel terkait
100+ Gambar bunga berserta penjelasannya
Demikianlah ulasan lengkap terkait budidaya bunga anyelir dan pengenalan karakteristiknya. Semoga artikel ini dapat membantumu untuk melakukan budidaya tanaman.

Terimakasih dan semoga bermanfaat

1 comment

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q.ME
    paling diminati di Indonesia,
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    ~bandar poker
    ~bandar-Q
    ~domino99
    ~poker
    ~bandar66
    ~sakong
    ~aduQ
    ~capsa susun
    ~perang baccarat (new game)
    segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile
    Whatshapp : +85515373217

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon