Bunga Dahlia : Jenis Jenis, Gambar, Cara Menanam dan Perawatannya (Lengkap)

Bunga dahia adalah Salah satu tanaman hias bunga yang termasuk kedalam jenis bunga adaptif atau jenis bunga yang dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan keadaan.

Dengan kata lain, bunga dahlia dapat mudah menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungan sehingga tanaman hias ini mudah ditanam di daerah tropis seperti Indonesia ini.

Selain mudah ditanam, bunga dahlia memiliki keindahan yang sangat menawan. Itulah mengapa jenis bunga ini sangat digandrungi oleh para masyaraat.

Bunga dahlia juga memiliki banyak variasi yang masing masing jenisnya memiliki beragam variasi warna yang indah. Itu sebabnya banyak masyarakat yang suka menanamnya dihalaman rumah mereka terutma para Ibu-ibu.

Namun bagi kamu yang belum mengetahui bagimana cara menanam bunga Dahlia dengan cara yang efektif. kamu tidak usah khawatir, pada kesempatan kali ini Server Tanamania akan membagina ulasan terkait cara efektif menanam bunga dahlia supaya penanaman menjadi lebih optimal.

namun sebelum melangkah ke tahapan penanama, alangkah lebih baik untuk kita mengenal lebih dekat lagi dengan bunga Dahlia muali dari karakteristik tanaman hingga jenis jenisnya.

Berikut Ulasannya kami rangkum untuk anda. 

Karakteristik Bunga Dahlia

Gambar bunga dahlia
Gambar bunga dahlia
Bunga dahlia merupakan salah satu tanaman perdu yang bunganya bersifat tahunan saat berbunga. jenis tanaman hias ini berbunga mulai dari musim panas hingga musim gugur di sepanjang tahun.

Bunga dahlia juga merupakan salah satu tanaman hias bunga yang berasal dari meksiko dan juga merupakan bunga nasional negara meksiko.

Klasifikasi tanaman bunga aster

Kingdom  Plantae ( Tumbuhan )
Super Devisi  Spermatophyta ( Menghasilkan biji ) 
Kelas  Magnoliopsida ( berkeping dua / dikotil ) 
Sub kelas  Asterridae
Ordo  Asterales
Family Asteraceae 

Jenis Bunga Dahlia Dan Gambar

Selain beberapa halmenarik yang telah disebutkan diatas, bunga dahlia juga memiliki banyak variasi jenis dan warna yang beragam. Beberapa jenis bunga dahlia antara lain sebagai berikut :

Dahlia Peony

Gambar bunga dahlia Peony
Gambar bunga dahlia Peony
Bunga Dahlia Peony ini selain memiliki bentuk yang indah disaat mekar, ia memiliki ciri khas yang mencolok pada bagian pusatnya yang cenderung terbuka.Selain itu, Pusat tersebut dikelilingi oleh dua atau lebih barisan kelopak bunga yang besar cukup besar.

kelopak bunga tersebut biasanya tumbuh tidak beraturan pada polanya namun memberikan penampilan yang berkesan lembut dan unik.

Beberapa bunga dahlian Poeny yang pepuler antara lain :
  1. Dahlia 'Fascination'
  2. Dahlia 'Uskup Oxford'
  3. Dahlia 'Bishop of Llandaff'

Dahlia anggrek

Gambar unga dahlia orchid
Gambar unga dahlia orchid
Seperti jenis bunga dahlia yang diatas, bunga dahlia anggrek juga memiliki bunga tunggal dan cenderung memiliki pusat yang terbuka. Meski Begitu, Dahlia anggrek dapat diklasifikasikan sebagai anggrek tunggal ataupun anggrek ganda.

Bunga dahlia jenis ini diberinama Dahlia anggrek atau Dahlias Orchid karena memiliki bentuk bunga yang hampir terlihat serupa.

Beberapa bunga dahlian Anggrek yang pepuler antara lain :
  1. Dahlia 'Rapuh'
  2. Dahlia 'Honka Red'
  3. Kejutan Honka Dahlia '

Dahlia Waterlily

Gambar bunga dahlia waterlily
Gambar bunga dahlia waterlily
Tidak seperti buna dahlia yang diatas " Dahlia angrek ", Bunga dahlia waterlily memiliki kemiripan dengan bunga yang senama dengan jenis ini yaitu bunga teratai air.

Bunga dahlia jenis ini tampak menakjubkan saat ia mekar karena tampak sangat indah dengan bentuk ganda dengan kelopak bunga yang luas. Selain itu, bunga dahlia jenis ini sangat menarik karena memiliki warna yang sangat mencolok.

Beberapa dahlia waterlily populer antara lain :
  1. Dahlia 'Caballero'
  2. Dahlia 'Karma Choc'
  3. Dahlia 'Pearl of Heemstede'

Dahlia Anemone

Gambar bunga dahlia Anemone
Gambar bunga dahlia Anemone
Dahlia Anemone memiliki dua bagian kelopak bunga yang masing masing kelompok kelopak bunganya memiliki ukuran yang berbeda.

Bunga Dahlia jenis Anemone ini memiliki kelopak bunga besar yang mengelilingi bunga kelopak yanb berukuran lebih kesil sehingga tampak seperti cincin.

Ynag membuatnya unik adalah, bunga-bunga ini memiliki warna yang bervariasi serta tanamannya tumbuh muali dari dua hingga empat kaki

Beberapa dahlia Anemone populer antara lain :
  1. Dahlia 'Purpinka'
  2. Dahlia 'Boogie Woogie'
  3. Dahlia 'Totally Tangerine

Dahlia Bola

Gambar bunga dahlia bola
Gambar bunga dahlia bola
Sama alnya seperti nama yang ia bawa, Dahlia Bola ini memiliki bentuk yang bulat dengan garis tepi yang rata sehinga menjadikannya benbentuk lingkaran dan tampak seperti bunga.

Tidak seperti jenis bunga dahlia yang dibawah yaitu "pompon dahlia", bunga dahlia jeis ini akan tumbuh lebih dari dua inci saat bunganya mekar sempurna.

Beberapa dahlia Bola populer antara lain :
  1. Dahlia 'Cornell'
  2. Dahlia 'Jomanda'
  3. Dahlia 'Aurora's Kiss'

Dahlia Pompon

Gambar bunga dahlia pompon
Gambar bunga dahlia pompon
Bunga dahlia pompon umumnya mekar berbunga ganda dengan bunga yang berukuran kecil serta memiliki elopak bunga yang datar dan tersusun dalam bentuk spiral.

Sama seperti bunga dahlia bola, bunga dahlia jenis pompon imi juga memiliki bentuk yang bulat. Namun bedanya bunga dahlia jenis ini memiliki kelopak bunga yang terlihat seperti digulung.

Beberapa dahlia Pompon populer antara lain :
  1. Dahlia 'Moor Place'
  2. Dahlia 'Plum Surprise'
  3. Dahlia 'Franz Kafka'

Dahlia Mignon

Gambar bunga dahlia mignon
Gambar bunga dahlia mignon
Ciri yan paling mencolok dari buga dahlia jenis Mignon ini adalah bentuknya yang cenderung berdiameter dua inci serta memiliki kelopak dengan ujung bundar.

Bunga-bunga yang cenderung berbentuk seperti daisy ini mekar dalam berbagai warna yang cerah dengan dilengkapi dengan gradasi warna yang kontras pada bagian pusatnya.

Beberapa dahlia Mignon populer antara lain :
  1. Dahlia 'Scura'
  2. Dahlia 'Sunshine'
  3. Dahlia 'GF Hemerik'
Itulah beberapa jenis bunga dahlia yang paling populer di dunia dan paling banyak di tanam di Indonesia.

Sebetulnya masih banyak lagi jenis bunga dahlia yang populer dan tersebar di berbagai penjuru dunia, namun hanya itu saja yang dapat saya bagikan.

Cara Menanam Bunga Dahlia

cara menanam bunga dahlia
Gambar bunga dahlia merah mudah
Mengingat bunga dahlia merupakan jenis tanaman hias yang mudah beradaptasi, maka penanaman dan perawatan bunga dahlia tergolong cukup mudah, terlebih lagi jika penanaman dilakukan dengan menggunakan metode stek batang.

Nah. Bagi kamu yang belum begitu faham bagaimana cara menanam buanga dahlia secara efektif agar mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa mengikuti beberapa tahapan penanaman yang akan saya bagikan dibawah ini.

Kali ini saya akan membagikan teknik penanamn kedalam dua bgian yaitu penanaman dengan menggunakan metode stek batang, dan yang kedu merupakan penanaman yang dilakukan langsung dengan menggunakan umbi dari tanaman bunga dahlia itu sendiri. "Berikut cara caranya"

Cara menanam bunga dahlia dengan stek batang

Cara menanam bunga dahlia dengan stek ini dilakukan pada tanaman bunga dahlia dewasa yang dimana and ingin menurunkan warna asli indukan pada bibit bunga dahlia. Namun cara ini cenderung dilakukn pada tanaman bunga dahlia yang cenderung tidak bisa menghasilkan biji.

  1. Pilih bahan stek tanaman dari tunas ketiak yang ukurannya 7 hingga 10 cm.
  2. Gunakan pisau khusus stek batang atau pisau tajam yang bersih "Tak berkarat" untuk memotong tunas (Guna untuk mengngntisipasi adanya penyakit pada bibit).
  3. gunakan polybag transparan yang berukuran 30×20 cm yang berisi campuran sekam padi dan pupuk kandang dengan perbandingan perbandingan 6:1.
  4. Pelihara bibit tanaman hingga setidaknya memiliki 4 helai daun.
  5. Jika sudah cukup usia, kamu siap menjualnya tanpa dipindah tanamkan selama 3 hari (Jika ingin menjual tanamannya).

Cara menanam bunga dahlia langsungdari umbi

Cara menanam bunga dahlia dari umbi ini dilakukan ini dilakukan pada tanaman dahlia semi kaktus dan umbinya diambil dari tanaman bunga dahlia yang berusia 7-8 bulan.

Untuk mendapatkan umbi tanaman, batang tanaman bunga dahlia yang sudah habis masa berbunganya dapat dipotong hingga 10 cm dari permukaan tanah.

Tanah digali dan ubi diangkat bersama dengan batang utamanya, kamu bisa menanambya langsung pada media tanam yang berisi campuran sekam padi dan pupuk kandang dengan perbandingan perbandingan 6:1.

Cara Merawat Bunga Dahlia

Gambar bunga dahlia yang cantik
Gambar bunga dahlia yang cantik
Agar bunga dhlia yang kita tanam dapat tumbuh dengan optimal, maka kita memerlukan beberapa tahapan perawatan yang harus dilakukan pada bibit bunga dahlia yang kita miliki.

Untuk melakukan perawatannya, berikut kami telah meragkum beberapa tahapan yang harus dilakukan dalam merawat bibit bunga dahlia.

  1. Jika bunga dahlia telah tumbuh hingga dewasa, maka Kamu dapat mengurangi intensitas pemupukan.
  2. Kamu hanya perlu melakukan pemangkasan dengan menganti intensitas pemupukan tersebut.
  3. Potonglah daun dan ranting yang berlebihan atau yang telah kering dan membusuk dengan menggunakan gunting tanaman atau pisau yang tajam dan bersih agar tanaman terhindar dari penyakit.
  4. Jaga tanaman bunga dahlia dari berbagai serangan hama dan penyakit seperti ulat dan serangga pemakan daun lainnya.
  5. Namun, jika cuaca berubah menjadi sangat kering dan panas maka Kamu harus lebih sering menyiram tanaman tersebut. Lihat kelembaban dari tanah atau media tanam tempat dahlia ditanam, jangan biarkan udara menggenang dan tanah terlalu lembab dalam jangka waktu lama. Namun, jangan biarkan media tanam terlihat sangat kering.
  6. jangan biarkan bunga dahlia tumbuh terlalu tinggi, pangkaslah dengan rutin.
  7. Selalu pastikan Kamu meletakan bunga dahlia di daerah yang memerlukan sinar matahari langsung.
  8. Buanglah beragam gulma maupun hama yang menyerang tanaman dahlia.
  9. Pisahkan tunas baru agar pertumbuhan mereka tidak terlalu padat jika menggunakan pot.
  10. Berikan penyemprotan anti hama jika tanaman terserang hama tak terkendali.
Note
Jangan memberikan pupuk dengan terlalu berat pada bibit karena bibit tanaman belum siap menerimanya "Gunakan saja pupuk organik". Serta jangan terlalu sering menyiram tanaman karena bisa menyebabkan pembusukan pada akar. 

Lihat Juga

Demikianlah Ulasan lengkap terkait unga dahlia mulai dari pengenalan karakteristik, jenis jenis bunga dahlia dan gambarnya hingga panduan cara menanam dan merawat bunga dahlia yang paling efektif

Terimakasih dan semoga bermanfaat

0 Comments

Post a Comment