15+ Tanaman Hias Gantung Berdasarkan Nama Dan Gambarnya,

Tanaman Hias Gantung Biasanya menjadi aksen tambahan atau peengkap dalam menata rumah agar terkesan lebih hidup dan alami.

Dengan menambahkan tanaman hias gantung didalam ruangan dan diteras-teras rumah bukan hanya dapat mempercantik ruangan dan memberi kesan hidup pada ruangan tersebut saja. Sebagian jenis tanaman hias seperti lidah mertua dapat menetralisir racun dalam udara pada sebuah ruangan.

Selain tanaman hias Indoor yang dapat disimpan pada lantai dalam ruangan, kamu juga membutuhkan tanaman hias yang dapat di gantung untuk mempercatik tampilan balkon dan teras rumah kamu.

Namun memngingat banya sekali bunga yang dapat dijadikan tanaman hias gantung, mungkin kamu akan sedikit kewalahan saat memilih bunga mana yang ingin kamu miliki, terlebih lagi jika kamu tidak mengetahui jenis dan rupa dari tanaman hias gantung tersebut.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan daftar naman tanaman hias yang dapat dijadikan tanaman hias gantung beserta gambarnya.

Mari kita simak ulasannya berikut ini :  

Jenis Tanaman Hias Gantung Dan Gambarnya

 Tanaman hias gantung
Tanaman hias gantung
Memiliki lahan yang tidak begitu luas dapat menyulitkan kita untuk menanam tanaman hias di halaman rumah kita, dan jika tanaman hias dalam pot disimpan pada lantai teras rumah akan membuat rumah menjadi lebih sempit.

Namun kamu tidak usah khawatir jika rumah kamu berukuran tidak terlalu luas. Kamu isa menyiasatinya dengan menggunakan tanaman hias gantung untuk menghiasi rumah kamu agar berkesan lebih hidup.

Berikut beberapa jenis tanaman hias gantung yang dapat kamu pilih :

Bunga peperomia

Bunga peperomia
Bunga peperomia
Peperomia merupakan salah satu tanaman hias yang berasal dari Amerika Selatan dengan karakter tanamannya yang cenderung menjalar kebawah atau “Tanaman perdu merambat” serta memiliki keunikan yang dapat bertahan lama tanpa kelembapan.

Dengan karakter khasnya tersebut, menjadikan tanaman hias ini sangat mudah dipelihara dirumah. Selain itu, tanaman hias peperomia juga memeiliki ktekstur yang cantic dan memiliki warna yang berfariatif.

Untuk menjadikannya tanaman hias gantung, kamu hanya perlu menaruhnya pada pot bunga gantung yang berukuran kecil. Untuk menumbuhkan kesan minimalis dan simple, pilihkah pot kecil yang berwarna putih agar warnanya tidak bertabrakan dengan variasi warna daunnya.

Bunga anggrek

Bunga anggrek
Bunga anggrek
Sama seperti tanaman kadaka, Bunga anggrek juga merupakan tanman epifit yang dapat hidup dan tumbuh dengan cara menumpang pada inangnya.

Selain itu, Bunga anggrek juga merupakan suatu jenis tumbuhan yang berbunga dengan memiliki anggota atau jenis jenis terbanyak dibandingkan tanaman hias lain.
Artikel terkait
Bunga angrek : Jenis jenis dan gambarnya

Bunga kaktus anggur (Sedum Morganianum)

Bunga kaktus anggur
Bunga kaktus anggur
Meski kebanyakan tanaman memiliki tekstur daun yang tipi, namun lain halnya dengan tanaman hias yang satu ini.

Kaktus anggur atau yang juga sering disebut sebagai “Ekot keledai” ini memiliki karakteristik daun yang berbentuk bulat panjang dan tumbub meruntuy pada tangkainya sehingga menjadikan tanaman hias ini terlihat seperti buah anggur.

Selain itu, kaktus anggur juga memiliki daun yang cenderung dipenuhi dengan air. Itu sebabnya tanaman hias gantung ini sangat tahan panas dan tidak membutuhkan air yang banyak karena ia memiliki daun yang mengandung banyak mineral untuk menunjang kelangsungan hidupnya.

“Namun bukan berarti kamu tidak perlu menyiramnya”, siram tanaman tersebut dengan intensitas penyiraman 2-3 kali sehari, atau jika medianya sudah terlihat kering.

Bunga Keladi

Tanaman keladi
Tanaman keladi
Umumnya tanaman hias yang satu ini memiliki karakter dan bentuk yang sama seperti tanaman talas. Meski begitu,bunga keladi memiliki keunikan tersediri yang menjadikannya banyak dikoleksi oleh para Tanamania di Indonesia.

Keunikan tersebut tidak lain dan tidak bukan ialah terletak pada daunya yang memiliki warna yang cantic dan bervareatif. Selain tu, perawatan tanaman keladi juga sangat mudah karena tanaman ini jarang mengundang hama seperti tanaman lain.

Untuk menjadikannya tanmaan hias gantung, pastikan bahwa kamu menaruhnya di tempat yang tepat agar ia bisa mengantung denan cantic di teras rumahmu.

Kadaka uncal (Tanduk rusa)

Kadaka uncal
Kadaka uncal
Sama seperti bunga anggrek, pakis kadaka atau yang memiliki sebutan “bird’s nest fern (Paku Sarang Burung)” ini merupakan tanaman jenis epifit yang menumpang pada tanaman lain untuk hidup dan tumbuh berkembang.

Selain dapat dimanfaatkan sebagai tanaman hias indoor, kamu juga bisa memanfaatkannya sebagai tanaman hias gantung untuk menghiasi teras rumahmu.

Untuk menjadikannya tanaman hias gantung, kamu cukup menaruhnya di pot tanaman gantung yang berbahan dasar kayu atau kramik untuk menambah kesan alami.

Para Tanamania dirumah harus tahu nih bahwa tanaman hias yang satu ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh tanaman epifit atau tanaman hias lainnya. Keunikan tersebut yakni terdapat pada Bentuk kelopak daunnya yang dapat tumbuh tergantung intensitas cahaya matahari di tempat tanaman epifit tersebut singgah.

Semakin banyak matahari yang terpancar, maka daunnya akan menggelombang dan berkarakter. Namun sebaliknya, Jika intensitasnya cahaya matahari minim terpancar, maka bentuk daunnya cenderung datar.

Jadi jika kamu ingin memiliki tanaman kadaka yang daunnya berkarakter, maka taruh saja tanaman tersebut di tempat yang cukup terpancar oleh sinar matahari.

Sirih gading ( Pothos plant )

Sirih gading
Sirih gading
Tanaman hias sirih gading atau yang juga memiliki nama latin “Devil’s ivy” ini memilik warnai daun yang begitu unik, yakni warna hijau sebagai pola warna dasar dengan campuran gradasi warna kuning keemasan yang menjadikannya terlihat sangat elegan.

Selain keunikan tersebut, tanaman hias gantung yang juga sebagai tanaman hias indoor ini memiliki daun yang berbentuk seperti hati.

Mengingat tanaman hias daun ini juga merupakan tanaman hias indoor, kamu dapat meletakannya di tempat yang lembab dengan intensitas cahaya matahari yang mini.

Para tanamania juga harus tahu bahwa tanaman hias ini memiliki khasiat yang sangat bermanfaat bagi kehidupan kita, seperti tanaman lidah mertua tanaman ini juga dapat menetralisir udara di dalam ruangan seperti asap rorok dan polusi udara.

Oleh karena itu, tanaman hias ini sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias indoor, namun kamu juga bisa memanfaatkannya sebagai tanaman hias gantung.

Lili paris (Spider plant)

Lili paris
Lili paris
Tanaman hias lili paris memiliki nama latin “Clorophytum” yang merupakan tanaman hias gantung pling popular di Indonesia dan Dunia karena selain memiliki daun yang berbentuk unik dan berkarakter dengan dihiasi warna yang bervariatif, tanaman hias ini mudah beradaptasi di tempat yang bersuhu panas atau dingin.

Tanaman hias yang berasal dari Afrika ini memiliki daun yang tumbuh memanjang ke bawah dan dihiasi dengan warna hijau sebagai warna pola dan warna putih atau kuning sebagai hiasan tambahan yang menjadikannya terlihat sangat cantik.

Selain itu, tanaman hias yang satu ini memiliki manfaat yang sama seperti tanaman lidah mertua yakni dapat mengurangi polutan pada sebuah ruangan. Dengan manfaat tersebut maka tanaman ini sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias antung.

Tanaman hias Ekor kucing

Tanaman hias ekor kucing
Tanaman hias ekor kucing
Tanaman hias gantung yang memiliki nama latin Acalypha ini memiliki bentung bunga yang cantic dan eksotis, yakni cederung panjnag dan berbulu sehingga tampak seperti ekor kucing. Itulah mengapa tanaman hias ini disebut “tanaman ekor kcuing”.

Selain itu, tanaman ini  memiliki karakteristik “Tanaman perdu merambat” yang jika di tanam dalam pot ia akan merambat panjang kebawah. Untuk menjadiannya tanaman hias gantung, sebaiknya gantungkan tanaman tersebut di tempat yang tinggi.

Dengan begitu kamu dapat menambah kesanalami dan exotis di rumah kamu karena elah menambahkan tanaman ini sebagai aksen tambahan.

Hati ungu (Tradescantia)

Tunga Tradescantia (Hati ungu)
Tunga Tradescantia (Hati ungu)
Tradescantia atau yang biasa dikenal dengan sebutan “hati ungu” merupkan tanaman hias daun  yang memiliki varian warna yang cantic dengan campura gradasi warna yang indah sehingga menjadikannya terlihat eksotis.

Tanaman hias yang satu ini memiliki daun yang berwarna ungu dengan gradasi warna keemasan, selain itu terdapat arian wana lain seperti pink, putih dan biru.

Bunga petunia

Bunga petunia
Bunga petunia
Bunga petunia ini menjadi primadona tanaman hias gantung yang menjadi pavorit para tanamania sejak sudah lama.

Selain Cantik, tanaman hias ini memiliki buna yag dapat mekar di sepanjang tahun dengan menebarkan aroma harum di pagi hari, serta merupakan bunga yang paling harum dibandingkan bunga lainnya.

Bunga lantana

Bunga lantana
Bunga lantana
Lantana adalah salah satu jenis tanaman hias perdu dari sekitar 150 spesies tanaman berbunga abadi dalam keluarga verbena atau Verbenaceae.

Lantana ini merupakan tanaman hias asli dari daerah tropis Amerika dan Afrika, namun tanaman hias yang sejenis dengan tanaman tersebut juga banyak yang dipercaya berasal di banyak daerah, terutama di wilayah Australia-Pasifik serta bagian Selatan dan Timur Laut India.

Bunga geranium

Tanaman hias geranium
Tanaman hias geranium
Geranium merupakan salah satu tanaman berbunga yang memiliki bunga antik dengan warna-warna cerah serta memiliki bau yang khas. Itulah yang menjadikan tanaman geranium ini banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias.

Warna bunga Geranium terdiri dari warna putih, merah muda, merah dan ungu. Sebagian besar spesies dari Geranium yang dibudidayakan adalah hibrida.

Tapi selain dapat dimanfaatkan sebagai tanaman hias, geranium juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

Janda bolong (Monstera Obliqua)

Tanaman hias janda bolong
Tanaman hias janda bolong
Tanaman ini merupakan jenis tanaman hias daun yang berasal dari keluarga Philodendron monster. Monstera sendiri merupakan sebuah nama yang diambil dari Bahasa latin yakni “Monstrous” yang berarti ubnormal.

Selain dapat dijadikan tanaman hias indoor, tanaman hias yang satu ini jugadapat dijadikan tanaman hias gantung karena selain memiliki bentuk dau yang eksotis, tanama hias ini juga memiliki karakter tanaman yang cenderung merambat.

Purple shamrock

Purple shamrock
Purple shamrock
Tanaman purple shamrock ini memiliki nama latin Oxalis triangulari yang merupakan tanaman tanaman tahunan yang daunnya dapat dimakan untuk dijadikan obat.

Tanaman hias ini berasal dari Brazil dan terkenal sebagai tanaman hias gantung yang dapat tumbuh di tempat yang memiliki pancaran sinar matahari yang sedang.

Mengingt tanaman hias ini memiliki umbi yang menjadi titik tumbuhnya daun, maka sebaiknya penyiraman dilakukan sewajarnya saja. Dengan kata lain, jangan sampai intensitas penyiramannya berlebihan dan menjadikan media tanamnya terlalu lembab.


Selain warna ungu tanaman hias ini juga memiliki beragam warian warna lain seperti hitam dan hijau.

Bunga bromelia

Bunga bromelia
Bunga bromelia
Bromelia merupakan salah satu tanaman hias yang berasal dari keluarga Bromeliaceae yang terdiri dari sekitar lebih 3000 spesies yang salah satunya merupakan tanaman nanas.

Tanaman hias perdu ini juga tergoong mudah perawatannya karena tanaman ini juga bisa menyimpan dan menyerap air dari pusat tumbuhnya daun.

Untuk penyiramannya, lakukan saja seperti menyiram tanaman lain yakni dengan cara membasahi media tanamnya, namun jangan terlalu basah. Kamu juga bisa melakukan penyiraman dengan stelan embun pada semprootan yang kalian miliki.
Deminikanlah daftar tanaman hias gantung berdasarkan nama dan gambarnya. Tanaman his berikut sanat cocok untuk dijadikan tanaman hias gantung karena selain indah, mereka memiliki karakter tanaman yang perdu dan merambat yang tentunya akan menambah kesan alami di rumah kamu.

Terimakasih dan semoga bermanfaat

0 Comments

Post a Comment