Bunga Bakung : Karakteristik, Jenis-jenis, Cara Menanam Dan Merawat {Bunga Lili}

Bunga bakung adalah tanaman tahunan yang memiliki bentuk batang dengan tekstur yang kuat serta dapat tumbuh mencapai 60 hingga 180 cm.

Bunga bakung atau yang juga dikena dengan sebutan bunga lili (Lily) ini memiliki nama latin “Crynum asiaticum L.”.

Bunga yang kerap dijadikan tanaman hias ini terdapat sekitar 110 suku dalam silsilah keluarga bakung atau Lilyceae dan tanaman ini termasuk dalam keluarga Amaryllidaceae.

Karakteristik Bunga Bakung

Gambar bunga bakung
Gambar bunga bakung
Bunga bakung merupakan salah satu tanaman yang berasal dari genus lilium. Tanaman yang dapat tumbuh hingga ketinggian 60-180 cm ini memiliki tangkai yang kokoh. Adapun ciri ciri bunga Bakung antara lain sebagai berikut :

Bentuk bunga

Tanaman bunga bakung ini memiliki karakter bunga yang cantik dan memiliki warna yang bervareatif. Bunga bakung ini memiliki kelopak yang bentuknya besar serta berjumlah kurang lebih 3 helai kelopak dalam setiap tangkai bunganya.

Bunga bakung juga memiliki aroma yang harum saat bunganya mekar sempurna. Selain itu, bunga bakung ini memiliki beragam vareasi warna yaitu warna kuning, jingga, merah, ungu, pink dan juga terdapat bunga yang memiliki warna seperti tembaga.

Bunganya memiliki bentuk agak kerucut serta cenderung mencoring dengan biji yang berbentuk bundar, gepeng serta sedikit berlendir. Mahkota bunganya berbentuk lancip serta terdapat warna merah keunguan pada bagian dalamnya.

Bentuk daun

Sama seperti tanaman hias pada umumnya, bunga bakung juga memiliki daun yang berwarna hijau. Namun tidak seperti tanaman lainnya, daun dari bunga bakung ini cenderung panjang.

Bentuk batang

Seperti yang telah disinggung diatas, Bunga bakung merupakan tanaman tahunan yang memiliki ketinggian antara 60-180 cm dan memiliki batang yang kokoh dan kuat.

Umbi tanaman

Sama seperti bunga tulip, tanaman ini memiliki umbi dengan ukuran yang cukup besar dan berdiameter 5 hingga10cm.  Umbi tanaman bakug mengandung racun dan dikenal dengan sebutan Poison bulb.

Klasifikasi Bunga Bakung

Ciri ciri bunga bakung
Ciri ciri bunga bakung
Berikut ini klasifikasi dari tanaman Bunga Bakung :
Kingdom  Plantae (Tumbuhan)
Divisi Magnoliophyta (Tubuhan berbunga)
Kelas Liliopsida (Monokotil)
Ordo Liliale
Famili Liliaceae
Genus Lilium
Spesies/jenis  Crynum asiaticum L
Dengan ciri dan klasifikasi yang telah diuraikan diatas, semoga kamu dapat mengenal lebih dekat lagi dengan bunga cantik yang satu ini.

Cara Menanam Bunga Bakung

Cara Menanam bunga bakung
Menanam bunga bakung
Tertarik untuk menanamnya dipekarangan rumahmu ? 

Jika kamu tertarik untuk menanam bunga Bakung di dihalaman rumah, taman atau menanamnya didalam pot, berikut ini akan kami uraikan pula tahapan-tahapan menanam bunga bakung dan perawatannya yang dapat kamu lakukan dirumah.

Oleh karena itu, mari kita simak ulasannya dibawah ini dan pastikan tidak ada yang terlewat.

Perispan bibit bunga bakung

Sebelum kamu memulai untuk melakukan penanaman pada media tanam, tentunya kamu harus mempersiapkan bibitnya terlebih dahulu.

Seperti yang kita ketahui, bunga bakung dapat diperbanyak dengan menggunakan umbi. oleh karena itu, dibawah ini ada beberapa tips untuk mempersiapkan bibit bunga bakung :
  1. Pilih bibit bunga bakung dari indukan yang sehat, kamu dapat memilih tanaman bunga bakung yang sehat untuk diambil umbinya.
  2. Pastikan pemilihannya dilakukan tepat pasca penanaman, jangan sampai umbinya disimpan terlalu lama karena akan membuat umbi menjadi rusak.
  3. Jika kamu kesulitan untuk mencari tanaman bunga bakung untuk diambil umbinya, kamu bisa menyiasatinya dengan membeli bibitnya di took bunga yang menjual bibit bunga bakung.

Persiapan lahan dan media tanam

Tidak seperti bunga tulip, bunga bakung tergolong tanaman yang mudah sekali beradaptasi, sehingga tidak terlalu menyilitkan kita saat menyiapkan media tanam dan lahan yang akan ditanami.

Namun, bukan berarti kamu tinggal menguburnya ditanah dan meninggalkannya begitusaja, ada beberapa kriteria tanah yang ideal untuk ditanami bunga bakung ini.

Beberapa poin tersebut ialah :
  1. Tanah yang gembur.
  2. Tanah dengan kandungan ph yang normal berkisar antara5 hingga 7,5.
  3. Ditempatkan pada lahan yang terpancari oleh sinarmatahari yang cukup, minimal 4jam dalam satu hari.
  4. Terdapat drainase yang baik sehingga tidak menggenangkan air pada area yang ditanami.
  5. Unsur hara yang cukup serta berada pada lokasi yang jauh dari pantai.
Akan lebih baik jika bunga bakung ditanam pada daerah dataran tinggi dengan ketinggian 300-1200 mdpl. Akan lebih baik jika ditanam diarea pegunungan.

Jika kamu memilih untuk menanamnya dirumah dan rumahmu berada didataran rendah, kamu bisa memanfaatkan tanaman yang cenderung tinggi dan rindang sebagai tempat untuk peletakkan tanaman bunga bakung.

Langkah-langkah penanaman tanaman

Jika bibit, lahan, dan media tanam sudah dipersiapkan, maka kamu sudah siap untuk melakukan penanaman bibit bunga bakung pada media tanam pot maupun ditanah halaman rumah yang kamu ingin ditanami.

Kamu bisa melakukan penanaman dengan mengikuti langkah langkah dibawah ini :
  1. Buat lubang dengan kedalaman 5 cm pada media tanam yang ingin kamu tanami. Jika penanaman dilakukan untuk lebih dari 1 tanaman, beri jarak setidaknya 20-30 Cm/tanaman.
  2. Letakkan umbi atau bibit bunga bakung yang telah kamu persiapkan sebelumnya pada media tanam yang telah kamu beri lumang.
  3. Kubur bibit tersebut dengan media tanam yang juga telah kamu persiapkan sebelumnya, dan jangan lupa untuk menyisakan sedikit tunas yang akan menjadi cikal bakal tumbuhnya tunas. Hal tersebut dilakukan untuk mempermudah bibit saat tunasnya sudah muncul.
  4. Sama seperti menanam tanaman lainnya, setelah melakukan penanaman bibit segeralah untuk menyiram media tanam tersebut guna untuk membantu bibit untuk beradaptasi dan menghindari dehidrasi.
Note
Lakukan penanaman pada pagi atau siang hari. Hindari penanaman ditengah hari bolong karena saat itu, suhu udara sedang tidak optimal untuk melakukan penanaman.

Cara Merawat Bunga Bakung

Cara Merawat bunga bakung
Merawat bunga bakung
Setelah melakukan penanaman, tentunya kamu harus melakukan perawatan pada tanaman tersebut, hal tersebut sangat penting untuk dilakukan karena bertujuan untuk menjaga perkembangan bunga bakung agar lebih optimal.

Langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk merawat bunga bakung ialah :
  1. Lakukan penyuraman setiap hari. Karena tanaman ini menyukai suhu udara yang memadai, maka jangan biarkan media tanamnya kering terlalu lama. Maka lakukan penyiraman dengan volume penyiraman 1-2 kali sehari yaitu pada pagi dan siang hari.
  2. Jangan biarkan pula media tanamnya tergenangi oleh air karena akan menyebabkan kebusukan pada umbi tanaman yang nantinya akan menyembabkan kematian pada tanaman.
  3. Jangan biasrkan tanamn gulma tumbuh dengan bebas pada area media tanam karena tanman tersebut akan mencuri unsur hara dan nutrisi pada tanaman. Oleh karena itu, lakukan penyiangan gulma secara rutin agar gulmanya benar benar tersingkirkan.
  4. Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, maka kamu harus memberikan pupuk susulan pada tanaman guna untuk memberikan sulay nutrisi yang lebih baik. Berikan Pupuk NPK dengan takaran kurang lebih 50 hingga 100ml/tanaman.
  5. Agar tanaman terhindar dari penyakit dan hama yang menjengkelkan, kamu bisa menyemprotkan insektisida atau fungisida pada tanaman tersebut. Pastikan pemberiannya dengan takaran yang dianjurkan.
Note
Jangan memberikan pupuk terlalu sering, pemberian pupuk dilakukan 10-14 hari atau 2-3 minggu sekali.
Lihat juga
20+ Jenis tanaman hias daun {lengkap dengan gambar}
Demikianlah ulasan lenkap terkait bunga bakung muali dari pengenalak karakteristik seperti ciri ciri dan klasifikasi hingga panduan untuk melakukan penanaman bunga bakung yang dapat kamu lakukan diruah.

Semoga artikel ini dapat mambatumu untuk mngnal lebih dekat dengan bunga bakung sehingga dapat mempermudah kamu untuk menanam dan merawatnya.

Terimakasih dan semoga bermanfaat.

1 comment


  1. IONQQ**COM
    agen terbesar dan terpercaya di indonesia
    segera daftar dan bergabung bersama kami.
    Whatshapp : +85515373217

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon