Bunga Edelweiss : Mengenal Lebih Dekat Dengan Bunga Abadi (Edelweis)

Bunga edelweis Merupakan bunga yang umunya tumbuh di dataran tinggi dengan ketinggian berkisar antara 1700-2700 mdpl yang umnya berlokasi di gunung.

Nama Ndelweiss sendiri terdiri dari dua suku kata yaitu "Edel" yang berarti Mulia atau Agung dan "Weiss" yang berarti putih.

Bunga edelweis yang umumnya terdapat diIndonesia memiliki nama latin Anaphalis Javanica atau yang juga dikenal dengan sebutan Edelweiss jawa.

Bunga edelweiss sendiri biasanya dapat mekar pada bulan april dan agustus disetiap tahun dan umumnya sangat disukai oleh serangga seperti halnya Kutu, kupu-kupu, lalat, dan serangga lainnya

Selain hanya dapat tumbuh dengan optial pada ketinggian tertentu, bunga edelweiss juga memiliki bentuk bunga yang indah sehingga banyak masyarakat yang menyukai bunga cantik yang satu ini.

Terlebih lagi saat bunga edelweis ini mekar diketinggian tertentu pada sebuah gunung serta dihiasi dengan suasana sunrise dipagi hari. Moment inilah yang kerap menjadi penghapus letihnya para pendaki gunung.  

Selain itu, bunga edelweis ini memiliki beberapa fakta unik yang mungkin belum kita ketahui, oleh karena itu, Server tanamania akan mengulas sedikit tentang fakta unik bunga indah yang satu ini.

Namun sebelum itu. Bagi kamu yang belum mengenal bunga edelweiss secara spesifik, berikut ini akan kami bagikan pula ulasan mengenai karakteristik bunga edelweiss ini mulai dari ciri ciri, klasifikasi hingga Jenis jenis bunga edelweiss yang terdapat Didunia.

Oleh sebab itu, mari kita simak ulasannya dibawah ini. 

Karakteristik Bunga Edelweis

 Gambar bunga edelweis
Gambar bunga edelweis
Bunga Edelweiss atau yang memiliki nama latin Leontopodium alpinum ini adalah tanaman endemik zona Alpina atau montana "Pengunungan".

Bunga edelweis juga disebut-sebut sebagai bunga abadi, hal tersebut dikarenakan bunga ini bisa tumbuh hingga 10 tahun lamanya. Hal ini karena edelweis memiliki hormon yang bisa mencegah kerontokan pada kelopak bunganya.

Sama halnya seperti Bunga anyelir, tanaman bunga yang satu ini juga tumbuh diketinggian tertentu yang umumnya hanya terdapat digunung. Bunga Edelweiss ini kerap tubuh dan dijumpai pada daerah-daerah seperti Pegunungan Alpen, dan Pegunungan Carpathia, Pegunungan Pirenia.

Bunga edelweiss ini berasal dari Mongolia dan kerap tumbuh di stepa atau padang rumput luas di daerah tersebut. Setelah zaman es terakhir beribu ribu tahun lalu berakhir, barulah edelweiss ini dapat tumbuh di Alpen (Pegunungan besar di Eropa).

Terdapat beberapa ciri yang mencolok pada bunga edelwis dan mudah untuk dikenali, Beberapa ciri tersebut terdiri dari bentuk bunga, bentuk daun, bentuk batang, dan bentuk akar. Berikut penjelasannya :

Ciri pada bunga tanaman edelwis

Berbeda dari bentuk bunga lainnya, bunga edelweis memilii bntuk yang tersusun dari kelopak bunga yang umumnya berwarna putih dengan tekstur yang lembut.

Kepala bunganya memiliki ukuran yang berdiameter hanya 5 meter saja, sedangkan warnanya cenderung berwarna kuning. Bunga edelweis memiliki kelopak bunga yang berjumlah 5 hingga 6 helai kelopak bunga

Ciri pada daun tanaman edelweis

Daun tanaman bunga edelweis venderung diselimuti oleh bulu-bulu halus yang berukuran kecil sama seperti benang wol. Selain itu, bentuknya berbeda dari tanaan laiinya, yakni berbentuk panjang dan sangat kecil serta memiliki ujung yang menyerupai ujung tombak.

Selain itu, bunganya tidak terlalu banyak, dan kan dipenuhi dengan bunga jika musim bunga telah tiba. Selain itu, tanaman ini tidak emiliki duri dan racun yang elindungi tanaman edelweiss ini. jadi kamu dapat dengan aan mendekatinya.

Ciri pada batang tanaman edelweis

Bunga edelweiss ini termasuk tanaman epifit sehingga batangnya tidak dapat membesar, itulah mengapa tanaan ini jarang ditemukan dengan bentuk batang yang besar.

Selain tidak meiliki bentuk batang yang besar, bunga edelweiss juga meiliki tangkai atau batang bunga yang ukurannya tidak lebih dari 40cm.

Ciri pada akar tanaman edelweis

Bunga edelweiss memiliki akar yang bisa dikatakan kuat karena tanaman bunga edelweis ini termasuk tanaman yang tubuh dengan baik di tanah fulkanik serta memiliki karakter yang berserabut. Selain itu, bunga edelweis juga dapat tumbuh di tanah yang tandus.

Klasifikasi bunga edelweis

 Ciri ciri bunga edelweis
Ciri ciri bunga edelweis
Adapun Klasifikasi tanaman edelweiss antara lain sebagai berikut :
Kingdom  Plantae
Ordo Asterales
Familly Asteraceae
Genus Anaphalis
Spesies A. javanica

Jenis Jenis Bunga Edelweis

Jenis jenis bunga edelweis
Jenis jenis bunga edelweis
Seperti yang kita ketahui, bung abadi meiliki kecantikan yang menjadi daya tarik utama dan menjadi magnet para pendaki sebagai objek foto selfi. Namun tahukan kamu bahwa bunga edelweis juga memilii banyak varian jenis ?.

Meski bunga edelweis DiIndonesia masih satu Rumpun dengan Leontopodium Alpinum, ternyata bunga edelweiss yang ditemui dibeberapa pegunungan indonesia berbeda dari bunga edelweis yang ada di luar negri.

Berikut jenis-jenis bunga edelweiss yang terdapat di berbagai penjuru dunia :

Anaphalis javanica (Edelweis Jawa)

Gambar bunga edelweis jawa
Gambar bunga edelweis jawa
Bunga Edelweis jenis Anaphalis Javanica atau edelweiss jawa ini merupakan salah satu jenis bunga edelweis yang paling banyak dijupai dipegunungan Indonesia. Diberbagai wisata daratan tinggi seperti gunung bromo, bunga edelweiss kerap dibudidayakan oleh petani untuk diperjual belikan.

Bunga edelweis ini memiliki mahkota bunga yang terbentuk dari ratusan kuncup bunga berukuran kecil bulat dan cenderung tidak runcing serta berwarna putih. Namun dibagian tengahnya terdapat Kepala bunga yang berwarna putih.

Sedangkan Spesies bunga edelweis yang terdapat dipegunungan Indonesia yaitu Anaphalis viscida, Anaphalis longifolia dan Anaphalis javanica.

Leontopodium alpinum (Edelweis Eropa)

Gambar bunga edelweis eropa
Gambar bunga edelweis eropa
Bunga edelweis jenis Leontopodium alpinum atau jug dikenal dengan sebutan Edelweiss eropa ini mayoritas tubuh dipegunungan Alpen. Tanaman ini tersebar diberbagai negara yang mengenlilingi gunung alpen seperti jeran, prancis, swiss, australia.

Bunga abadi jenis Leontopodium alpinum ini juga memiliki bentuk yang jauh berbeda dari Edelweis jawa. Dala satu rupun bunga, edelweis jenis ini terdapat 500 bahkan hingga ribuah kuncup bunga dengan 2 hingga 10 kepala bunga.

Berbeda dengan bunga edelweiss di pegunungan Indonesia yang umumnya mekar pada sekitaran bulan April, bunga edelweiss yang umumnya terdapat di eropa dapat mekar pada bulan juni hingga septeber.

Leucogenes grandiceps (New Zealand Edelweiss)

 Gambar bunga edelweis new zealand
Gambar bunga edelweis new zealand
Bunga edelweis yang terdapat di New Zealand memiliki nama latin Leucogenes grandiceps ini memiliki bunga yang dikelilingi oleh kuncup bunga bluduru berwarna putih serta memiliki kepala bunga yang berwarna  kuning, sekilas saa seperti bunga edelweis yang ada di Indonesia.

Namun bedanya bunga edelweis ini dengan yang ada diindonesia yaitu terletak pada bentuknya yang oval dan cenderung tidak runcing.

Fakta Unik Bunga Edelweiss

 Fakta unik bunga edelweis
Fakta unik bunga edelweis
Bunga edelweis ini tergolng tanaman yang kuat, karena tanaman ini dapat tumbuh di tanah vulkanikdan dataran tinggi lainnya. Dan hebatnya lagi, bunga edeweis juga dapat tumbuh pada tanah yang berkarakter Tandus. Hal tersebut dikarenkan tanman ini dapat membentuk Mikoriza yang secara efktif dapat eningkatkan efisiensi dala mencari zat hara.

Bunga edelweis juga memiliki banyak sekali keunikan yang mungkin tidak banyak diketahui oleh kita. Namun ada satu hal yang banyak diketahui oleh masyarakat yaitu "memiliki julukan bunga abadi" Hal terseut dikarenakan hormon etilen yang terkadung didalam tanaman tersebut sehingga tanaman bunga edelweis ini dapat mencegah kerontokan pada bunga.

Beberapa keunikan sekaligus fakta bunga edelweiss ini antara lain sebagai berikut :

  1. Bunga edelweis dapat tubuh hingga 10 tahun laanya, lagi-lagi hal tersebut disebabkan oleh hormon etilen yang terkandung didalamnya.
  2. Karena jangka mekarnya yang tergolong lama, bunga edelweis juga sering dibawa oleh para pendaki untuk dijadikan oleh-oleh dari gunung yang telah ereka daki.
  3. Memiliki undang-undang sendiri yaitu Undang undang no 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Hayati Ekosistem sesuai pasal 33 ayat 1. Intinya peraturan tersebut dibuat untuk melindungi populasi bunga edelweis ini.
  4. Bunga edelweiss dapat tumbuh dengan subur pada ktinggian 2.000 mdpl. Namun tergantung suhu dan kelebaban udara pada dataran tersebut
  5. Mekar pada bulan April-September, kau dapat melihatnya mekar dipegunungan diakhir usi hujan saat intensitas cahaya matahari mulai intensif.
  6. Beberapa pegunungan yang terdapat padang edelweiss ialah gunung-gunung yang terdapat di pulau  jawa seperti Gunung gede, Gunung pangrango, dan gunung papandayan.
  7. Lokasi budidaya bunga edelweiss telah tersebar diberbagai wilayah seperti Pegunungan Dieng, Lereng Gunung bromo, dan wilayah pengunungan lainnya.
  8. Bunga edelweis yang terdapat dipegunungan INdonesia, berbeda dari bunga edelweis yang ada di Luar negri.
  9. Bunga edelweiss yang tumbuh di Indonesia merupakan jeni Anaphalis javanica, sedangkan di luar negri ialah Leontopodiu alpinum.
  10. Bunga edelweis jenis Leontopodiu alpinum menjadi bunga nasional negara Australia.
  11. Pohon edelweis umumnya tumbuh tidak lebih dari satu meter. Namun pada kondisi tertentu, bunga edelweis dapat tubuh hingga 8 meter dengan batang pohon yang cukup besar.

Deikianlah ulasan lengkap seputar bunga edeleis mulai dari pengenalan karakteristik, seperti klasifikasi, ciri-ciri, jenis jenis hingga fakta unik seputar bunga edelweis. Semoga artikel ini dapat mebantumu mengenal bunga edelweis ini secara spesifik.
artikel terkait
100+ Koleksi Gambar bunga dan penjelasannya
Teriakasih dan semoga bermanfaat

0 Comments

Post a Comment